PENGGUNAAN KARTU PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN INPRES PERUMNAS 1 WAENA KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v1i1.20Kata Kunci:
fraction cards, addition, ordinary fractionsAbstrak
Matematika perlu diajarkan sejak sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Siswa
membutuhkan kemampuan tersebut dengan tujuan untuk dapat memperoleh, mengelola, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar matematika di sekolah dasar adalah materi tentang penjumlahan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam penjumlahan pecahan rasional dengan menggunakan kartu pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan; (2) akting; (3) mengamati; dan (4) mencerminkan. Hasilnya menunjukkan
bahwa data awal sebanyak 38,4% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus I mencapai
83,2%, siklus II mencapai 100% dengan indikator yang berbeda. Dengan demikian, hasil penelitian ini membuktikan bahwa
penggunaan kartu pecahan mampu: (1) meningkatkan penguasaan soal penjumlahan pecahan biasa,
(2) meningkatkan keaktifan siswa, dan (3) meningkatkan siswa. keterampilan dan kerja sama dalam pembelajaran.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Didik Efendi, Riska Yulianti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .