FULL DAY SCHOOL DAN HAK BERMAIN PADA ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.406Kata Kunci:
Full Day School, Hak Bermain Anak, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan fenomena full day school dan hak bermain pada anak yang berada pada madrasah ibtidaiyah. Metode pada penelitian ini yaitu telaah review atau narrative review. Metode ini merupakan metode kepustakaan yang bertujuan untuk membuat suatu kesimpulan serta evaluasi terhadap suatu topik tertentu dengan menggunakan buku serta artikel terkait sebagai bahan penelitian. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui pengidentifikasian artikel maupun penelitian lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini yaitu, bahwasannya adanya penerapan program full day school menjadi pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat, meski demikian adanya penerapan lembaga pendidikan full day school telah menyiapkan kurikulum serta jadwal kegiatan anak yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Dimana anak-anak juga diberikan waktu untuk bermain dan juga belajar yang sesuai dengan porsinya. Kebanyakan dari lembaga full day school ini pun memberikan ekstrakulikuler yang disesuaikan dengan bakat dan minat anak, sehingga anak tidak perlu lagi untuk mencari les ataupun tambahan ketrampilan yang lainnya di luar sekolah
Unduhan
Referensi
Arif Rahman. “Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan,” Yogyakarta : LaksBang Mediatama. 2009.
Agus Eko Sujianto, Penerapan Full Day School Dalam Lembaga Pendidikan Islam Jurnal Pendidikan. 2016.
Fitria Rosmi, ” Penerapan Pendidikan Karakter Pada Full Day School di Sekolah Dasar,” Ilmiah PGSD IV, no 1, 2020.
Hasan Baharun, “Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Telaah Epistemologis,” Pedagogik Vol. 3, No. 2, Juni 2016.
Hasan Baharun, “Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren,” Uluman 21, no. 1, Juni 2017.
Hasan Bahrun, “Pendidikan Full Day School dalam Perspektif Epistemologi Muhammad ‘Abid Al- Jabiri,” Kependidikan Islam 4, no. 1 Juni 2018.
H. Akmal Hawi, “Sistem Full Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus Izzudin Palembang,” Istinbath IV, no 16, 2015.
Ida Nurhayati Setiarini, Sutarno Joyoatmojo, Sunardi, “Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun dan Full Day School‟ untuk Meningkatkan Regiliusitas Peserta Didik di SDIT AL ISLAM Kudus,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (2014).
Jurnalis, “Ini Kelebihan dan Kekurangan Full Day School.” diakses pada tanggal 20 November 2020.
Karo-Karo, A. A. P., Sinulingga, A., & Dewi, R. “Character Building in Full Day School, Extracurricular and Student Athletes,” 3nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, (2018).
Lis Yulianti Syafrida Siregar, “Full Day School sebagai Penguatan Pendidikan Karakter,” Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 5, no. 2 (2017). http://www.antaranews.com/berita/586367/500-sekolah-dipilih-terapkan-full-day-school, diakses tgl 20 November 2022
Maryanto, A., Kurikulum Lintas Bidang Study, Jakarta: Grasindo, (1994).
Muhammad Usman Nadjati, 2005 Al-Qur’an Dan Psikologi, Jakarta: Arus Pustaka (2005).
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terpadu, Bandung: Rosdakarya. 2004
Muhadjir Efendy, “Full Day School,” http://news.detik.com (19 Agustus 2016), diakses pada 20 November 2022.
Momy A. Hunowu, “Problema Implementasi Kebijakan Program Full Day School pada Sekolah-Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan,” IAIN Gorontalo 13, no 1, 2017
Negoro, R Ady, “Persepsi Siswa Kelas XI tentang Program Full Day School di SMA Negeri 2 Sawahlunto,” Skripsi, 2014.
Rahman, A.F.A., Mukti, F.D., “Increasing The Creativity Of Natural Sciences In The Water Cycle Materials Through A Contextual Approach In Grade 5 Mi Yaa Bunayya”, dalam Jurnal Waniambey: Journal of Islamic Education, Vol. 3. No.1, Juni 2022.
Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyono, K. “Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang,” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar 6, no 1 (2018).
Zaitur Rahem, ”Dampak Sosial Pemberlakuan Full Day School (Menimbang Mafsadat-Maslahat Permendikbud 23/2017 Dan Perpres 87/2017)” Pendidikan Agama Islam 3, no 1, 2017.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Wiwik Mulyani, Casmini Casmini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .