ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN SEBAGAI DASAR KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174Keywords:
Teori Perkembangan Kognitif Piaget; Usia Operasional Konkret; Media PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang teori yang dikembangkan oleh Jean Piaget tahap operasional konkret terhadap kebutuhan media pembelajaran sesuai tingkat berfikir anak pada tahap usia operaional konkret (7-12 tahun). Alat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak pada tahap usia operasional konkret (7-12 tahun) dalam kebutuhan media pembelajaran ini berbeda-beda hampir pada setiap tahap usianya. Selain tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda, model dan metode serta penanganan yang digunakan juga sangat bervariatif sesuai dengan fase usianya. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. Terlebih dapat mendorong tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Downloads
References
Anidar, Jum. “Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami 3, no. 2 (2017): 8–16.
Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Fahrudin, Fahrudin, Ansari Ansari, and Ahmad Shofiyuddin Ichsan. “Pembelajaran Konvensional Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Hikmah 18, no. 1 (2021): 64–80.
Jarvis, Matt. Teori-Teori Psikologi. Bandung: Nusa Media, 2011.
Kurniawan, Muhammad Rafiq, and Yudi Ardian Rahman. “TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget.” TSAQOFAH: JurnalPendidikan 3, no. 2 (2019): 1–10.
Maghfiroh, Lailatul. “Maghfiroh, Lailatul. ‘Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.’ 2.2 (2019): 21-36.” MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 2 (2019): 21–36.
Mudlofir, Ali. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada, 2021.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.” Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 2 (2017): 333–52.
Rahma, Fatikh Inayahtur. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar).” Pancawahana: Jurnal Studi Islam 14, no. 2 (2019): 87–99.
Retnawati, Pratama, Widiartin, Karyanto, and Adisusilo. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan Di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. ,.” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK) 5, no. 1 (2021): 35–44.
Santrock, John W. Educational Pshykology. Jakarta: Salemba Humanika, 2017.
Siberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia, 2018.
Suda, Ketut I. “Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Sekolah Dasar.” Universitas Hindu Indonesia, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Supriyono. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd.” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2018): 43–48.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rela Imanulhaq, Ichsan Ichsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .