Implementasi Penguatan Pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD negeri 26 Dompu dan MI As –Salam Dompu
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.185Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya SekolahAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di dua sekolah yaitu SD Negeri 30
Dompu dan MI AS- Salam Dompu yang terkait “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri 26 Dompu Dan MI As – Salam Dompu”. mendapatkan tujuan penelitiannya adalah Mendeskripsikan percenanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri 26 Dompu dan MI As - Salam Dompu. Metodelogi penelitian Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian studi multi kasus (multycase studies) merupakan studi yang berusaha untuk mengambil data yang mendalam dan terperinci dari narasumber. Teknik pengumpulan data wawancara , observasi dan Dokumentasi. Permasalahan yang terjadi di lapangan, penelitian ini memfokuskan pada tiga nilai karakter utama yaitu religius, nasionalis dan mandiri. Ketiga nilai karakter tersebut dipilih karena nilai karakter tersebut masih kurang nampak pada proses pendidikan yang berlangsung. Untuk pemaparan di atas sangat penting implementasi pendidikan karakter diterapkan di sekolah-sekolah sebagai upaya untuk menyadarkan peserta didik akan pentingnya mematuhi aturan yang berlaku serta memiliki komitmen untuk terus melaksanakan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupannya
Downloads
References
Diputra, Komang Sujendra, Ni Ketut Desia Tristiantari, dan I. Nyoman Laba Jayanta. “GERAKAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR.” JCES (Journal of Character Education Society) 3, no. 1 (6 Januari 2020): 118–28. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1483.
Elihami, Elihami, dan Abdullah Syahid. “PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (28 Februari 2018): 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.
Fatoni, Ahmad. “The Strategy Of Character Education In Globalization Era” 6, no. 04 (2017).
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta, 2012.
Hakam, Kama Abdul. “Tradition of Value Education Implementation in Indonesian Primary Schools.” Journal of Social Studies Education Research 9, no. 4 (8 Desember 2018): 295–318.
Hamid Darmadi. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep Dan Implementasi. Alfabeta, 2010.
Hayati, Fitri Nur, Suyatno, dan Edhy Susatya. “Strengthening of Religious Character Education Based on School Culture in the Indonesian Secondary School.” European Educational Researcher 3, no. 3 (2020): 87–100.
Indarwati, Eni. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah.” Teacher in Educational Research 2, no. 1 (30 Maret 2020): 1–11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60.
Kanematsu, Hideyuki, dan Dana M. Barry. “STEM and ICT Education in Intelligent Environments.” springerprofessional.de, 2016. https://www.springerprofessional.de/stem-and-ict-education-in-intelligent-environments/2453784.
kemendikbud. “Pusat Penguatan Karakter,” t.t. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/.
Lestari, Dewi Yuni, Ishak Kusnandar, dan Didin Muhafidin. “PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP TRANSPARANSI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH SECARA ELEKTRONIK DI KABUPATEN PANGANDARAN.” Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 7, no. 1 (30 April 2020): 180–93. https://doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3426.
Maryamah, Eva. “Pengembangan Budaya Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 2, no. 02 (Desember 2016): 86–96.
Muchtar, Dahlan, dan Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (5 Oktober 2019): 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
“Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal,” t.t. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138192/permendikbud-no-20-tahun-2018.
Peterson, Kent D., Terrence E. Deal, dan Terrence E. Deal. The Shaping School Culture Fieldbook. 1st ed. The Jossey-Bass Education Series. San Francisco: Jossey-Bass, 2002.
Sudaryanti, Sudaryanti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 1 (2012). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2009.
Syafrianto, Eka. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKANA GAMA ISLAM BERWAWASAN REKONTRUKSI SOSIAL.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (19 November 2015): 217–29. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1515.
Syarif, Irman, dan Rahmat Rahmat. “PENERAPAN MODEL BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (31 Oktober 2018): 87–90. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.13.
Wiyani, Novan Ardy. Membumikan pendidikan karakter di SD : konsep praktik dan strategi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2013., t.t.
Zulfiati, Muharini, dan Sri Hartiningsih. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SDN Bandungrejosari 1 Malang.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan 6, no. 1 (29 Januari 2018): 22–33. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i1.11524.
Zurqoni, Zurqoni, Heri Retnawati, Janu Arlinwibowo, dan Ezi Apino. “Strategy and Implementation of Character Education in Senior High Schools and Vocational High Schools.” Journal of Social Studies Education Research 9, no. 3 (18 Agustus 2018): 370–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .