DINAMIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH: ANALISIS HOLISTIK TERHADAP PROSES, PROBLEMATIK, DAN SOLUSINYA

Authors

  • Nur Atikoh IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.747

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, mengidentifikasi problematika yang timbul selama pelaksanaannya, dan menyajikan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian menggunakan kajian literatur yang membahas implementasi Kurikulum Merdeka dan masalah yang dihadapi di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar memiliki tujuan mengembangkan kreativitas, kemandirian, kecerdasan sosial, dan keterampilan siswa, serta meningkatkan nilai-nilai patriotisme dan kebangsaan. Namun, implementasinya dihadapi oleh sejumlah tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kesulitan penyesuaian dengan lingkungan lokal, peran dan keterampilan guru, dan evaluasi yang kompleks. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut mencakup penekanan pada inovasi pembelajaran, peningkatan keterampilan teknologi bagi guru, pelatihan mandiri dengan sumber belajar online, pengembangan komunitas belajar, dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Diperlukan juga dukungan dan kerjasama antar stakeholder pendidikan, peningkatan fasilitas dan sarana prasarana, serta peningkatan pengawasan dan monitoring. Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah memerlukan solusi holistik dengan fokus pada inovasi, pengembangan keterampilan, dukungan stakeholder, dan peningkatan fasilitas agar mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afida, Febrian Nafisa Nurul. “Analisis Kesiapan Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Mi Islamiyah Banin Senori.” Madrasah Ibtidaiyah Education Journal 1, no. 1 (2023).

Aisyah, Siti, Kustiana Arisanti, dan Firdaus Ainul Yaqin. “Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 1 (2023): 386–93. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583.

Alimuddin, Johar. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4, no. 02 (2023): 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995.

Alwan, Muhammad. “Kebijakan Implmentasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal AL-Muta`aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 03, no. 02 (2023): 63–69. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.536.

Ana, Ana Nurul Falah, Safrizal, dan Sunarti. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 4, no. 2 (2023): 96–110. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8043.

Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam Anam, dan Fitri Hariwahyuni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022).” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1, no. 1 (2023): 99–116.

Angyanur, Doni, Nurhidayati Nurhidayati, Siti Lutfiah Azzahra, dan Anjani Putri Belawati Pandiangan. “Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Gaya Belajar Siswa di MI/SD.” JIPDAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2022): 41–51.

Aris Nurkhamidi. “Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SD/ MI Aris.” Prosiding SEMAI 2, no. 0574 (2024): 306–14.

Asbari, Muhamad damiati; Nurasikin Junaedi; Masduki. “Prinsip Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka.” JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT 03, no. 02 (2022): 11–17.

Azzahra, Irfanaeka, Aan Nurhasanah, dan Eli Hermawati. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 6230–38. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270.

Bahri, Moh. Syaiful. “Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 4 (2023): 2871–80. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954.

Fajri, Karima Nabila. “Proses Pengembangan Kurikulum.” Islamika 1, no. 2 (2019): 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193.

Fathiha, Nuril, dan Muh Wasith Achadi. “Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo.” Journal Islamic Pedagogia 3, no. 1 (2023): 54–63.

Fitriyah, Chumi Zahroul, dan Rizki Putri Wardani. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 12, no. 3 (2022): 236–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Gandasari, Adriana, Nurapni Sopia, dan Benediktus Ege. “Penyuluhan Pendidikan Tentang Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 2 (2022): 67–76. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.2055.

Gumilar, Eko Bayu, dan Kristina Gita Permatasari. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada MI / SD” 8 (2023): 169–83. https://doi.org/10.32505/azkiya.v.

Halimah, N. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (2023).

Hidayati, Zuhriyyah. “Kebijakan Pokok Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah.” Prosiding SEMAI 2, 2023, 294–305.

Huda, N. “Pendekatan–pendekatan Pengembangan Kurikulum” II, no. September (2019): 175–97.

Huda, Nurul. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017): 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113.

Imelda Pratiwi, Elza, Septie Putri Ismanti, Risma Fitriya Zulfa, Khofiyatul Jannah, dan Imron Fauzi. “Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI.” Al-Ibanah 8, no. 1 (2023): 1–12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Jannah, F., T. Irtifa, dan P.F.A. Zahra. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022.” Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pendidikan 4, no. 2 (2022): 55–65. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193.

Maulinda, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 130–38.

Melisa Yusrina, Agus Syakroni, Irma Nur Af’idah, & M. Sofyan Alnashr. “Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka.” RESEARCH JOURNAL ON TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT 1, no. 2 (2023): 135–47.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran,” 2022, 112.

Moh. Masnun. “Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Cahaya Mandalika, 2023, 235–46.

Muhammad Abdul Mu’iz; Muh Irvan Maulana; Maulana Zunan Firmannur; Heny Kusmawati. “MERDEKA BELAJAR DI MI TERPADU AL-MADANI MARGOREJO PATI.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 2, no. 7 (2023): 1329–33.

Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, dan Lalu Parhanuddin. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 1 (2023): 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.

Muzakki, Muhammad, Budi Santoso, dan Hijrah Nur Alim. “Potret Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Islami di Sekolah Penggerak.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2023): 167–78. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4063.

Naldi, Anri Anri, Neng Nurcahyati Sinulingga, dan Putri Handayani Lubis. “Analisis Perkembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Di MIS Elsusi Medina.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 14, no. 3 (2023): 292–300.

Nasution, Suri Wahyuni. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2021): 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Nurcahyono, Novi Andri. “Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education ( JCIEE ) 1, no. 1 (2023): 1–10.

Prihatini, Arti, dan Sugiarti. “Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2022, 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447.

Putri, VFH, M Asbari, dan SAK Khanza. “Revolusi Pendidikan: Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar?” Journal Of Information Systems And Management 2, no. 6 (2023). https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/613.

Qurota, A, Ning Kamila, Masduki Asbari, dan Eulis Darmayanti. “Merdeka Belajar : Memahami Konsep Pembelajaran Masa Kini” 03, no. 02 (2024): 104–10.

Rahmadani, Prada Destina, Masduki Asbari, Dinny Honggo Jati, dan Elia Ayu Pratama. “Implementasi Kurikulum Merdeka : Meningkatkan Sistem Pendidikan Indonesia ?” 03, no. 02 (2024): 1–4.

Rahmadayanti, D, dan A Hartoyo. “Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7174–87.

Ramadina, E. “Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka belajar.” Mozaic: Islam Nusantara 7, no. 2 (2021): 131–42.

Sasmita, Eli, dan Darmansyah. “Analisis faktor-faktor penyebab kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka (studi kasus: SDn 21 Kuto Tuo, Kec. Baso).” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 6 (2022): 5545–49.

Siti Zulaiha; Tika Meldina; Meisin. “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 9, no. 2 (2020): 163–77.

Snyder, Hannah. “Literature review as a research methodology: An overview and guidelines.” Journal of Business Research 104, no. August (2019): 333–39. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Sobri, Muhamad, Alfi Liani, Alifia Zuwiranti, Tisa Myati, dan Retno Nur Widiyati. “Penerapan kurikulum merdeka sd/mi di indonesia.” Journal of Development and Reseacrh in Education 3, no. 2 (2023): 26–34.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, Puji Rahayu. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Educational and Language Research 10, no. 1 (2022): 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Wijayanti, Inggit, dan Intan Nur Ngazizah. “Kesıapan Madrasah Mengımplementasıkan Kurıkulum Merdeka di MIN 2 Bantul.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (2023): 384–97. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5403.

Yoga Adi Pratama, Laksmi Dew. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru.” Jurnal Pendidikan Dasar 7 (2018): 10–27.

Yunandra. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah | Diversifikasi Madrasah.” Februari 16 11, no. 1 (2022): 33–44.

Zainul Anwar, Sukiman Sukiman. “Literatur Review: Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 7, no. 2 (2021): 121–27.

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Atikoh, N. . (2023). DINAMIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH: ANALISIS HOLISTIK TERHADAP PROSES, PROBLEMATIK, DAN SOLUSINYA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), 136-152. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.747