PENERAPAN TEORI BELAJAR THORNDIKE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD N MENDUNGAN 2 UMBULHARJO YOGYAKARTA

Authors

  • Indah Anggita Nadya Anggraeni STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Nikmatul Ulya STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Dina Ayu Muti'ah STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • M. Rofi Fauzi STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.630

Keywords:

Teori Belajar Thorndike, Pembelajaran Matematika, SD/MI, Trial and Error

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teori belajar Thorndike di terapkan dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD N Mendungan 2 dan apakah teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5. Penelitian ini dilakukan menggunakan penerapan kualitatif. Instrumen penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan dan pengamatan secara langsung pada saat pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama toeri belajar Thorndike sudah di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2 teori belajar Thorndike cocok di terapkan di kelas 5 SD N Mendungan 2. Ketiga mempersiapkan (Law of Readiness) siswa sebelum pembelajaran sangat berpengaruh terhadap apa yang didapat siswa dalam proses pembelajaran. Keempat pelatihan dan pengulangan (Law of Excercise) yang terus menerus dan selalu digunakan (Law of Use) akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami setiap materi yang diajarkan. Kelima pemberian hadiah atau reward (Law of Effect) bisa membuat siswa lebih giat dan termotivasi dalam setiap pembelajaran. Dan pemberian hadiah juga bisa memberikan rasa dihargai dalam proses pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amsari, Dina. “IMPLIKASI TEORI BELAJAR E.THORNDIKE (BEHAVIORISTIK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA” 2, no. 2 (2018).

Hermanto, dan Mita Akbar Sukmarini. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 2 (2022): 52–58. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.28.

Hidayat, Wildan Nur, dan Noor Malihah. “IMPLEMENTASI BEBERAPA TEORI BELAJAR DALAM APLIKASI SHOLAT FARDHU (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori” 18 (2022).

Ibad, Nur, Nauval Dh, Iik Nurhikmayati, dan Firliani. “TEORI THRONDIKE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” 2019.

Indrawan, Deni. “Implikasi Aliran Behavioristik dan Kognitif Terhadap Perkembangan Belajar dan Tingkah Laku dalam Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (18 Oktober 2021): 5151–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1581.

Ismail, Rafki Nasuha. “MEMBANGUN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECAKAPAN ABAD 2,” 2019.

Khotimah, Husnul. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI BELAJAR MATEMATIKA.” De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (27 Januari 2020): 116–23. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56.

Makki, Ali. “MENGENAL SOSOK EDWARD LEE THORNDIKE ALIRAN FUNGSIONALISME DALAM TEORI BELAJAR,” 2019.

Nasution, Mariam. “KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MENURUT TEORI GAGNE.” Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains 6, no. 02 (30 Desember 2018): 112. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1280.

Novalia, Y, DJ Panjaitan, dan ... “Analisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah.” MAJU: Jurnal Ilmiah …, 2021. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/812.

Rila, Rila Septia Pratama Putri, dan Tian Abdul Aziz. “Kajian Reflektif Teori Thorndike Dalam Konteks Representasi Matematis Berdasarkan Ideologi Utilitarian.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 2, no. 1 (30 Maret 2022): 80–95. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.129.

Rohman, Nur. “BEHAVIORISM THEORY ANALYSIS (THORNDIKE) IN MATHEMATICS AND INDONESIAN LANGUAGE SDN UPT XVII MUKTI JAYA ACEH SINGKIL.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (31 Desember 2021): 223–36. https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.210.

Sa’diyah, Maemunah, Santi Lisnawati, Abas Mansur Tamam, dan Imas Kurnia Rahman. “PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN SHALAT” 7 (2023).

Santoso, Erik, dan Megita Dwi Pamungkas. “Teori Behaviour (E. Throndike) dalam Pembelajaran Matematika” 4 (2021).

Taufik, Akbar, dan Suryanti Suryanti. “EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.” HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2018): 183–183. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.206.

Tayibu, Nur Qalbi, dan Andi Nurul Faizah. “Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2021): 117–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Anggraeni, I. A. N. ., Ulya, N. ., Muti’ah, D. A. ., & Fauzi, M. R. . (2023). PENERAPAN TEORI BELAJAR THORNDIKE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD N MENDUNGAN 2 UMBULHARJO YOGYAKARTA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(1), 73-86. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.630