IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONPES DARUL HIJRAH AL-AZIZIYYAH ACEH TENGGARA

Authors

  • Muhammad Idris Maas zaid idris STIT-BA

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.404

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, Ponpes Darul Hijrah

Abstract

Bangsa Indonesia sedang mengalami cobaan berat dengan semakin merosotnya moral bangsa. Korupsi, narkoba, seks, tawuran dan berbagai perilaku menyimpang lainnya yang setiap hari menghiasi media lokal dan nasional. Lembaga pendidikan formal yang digadang-gadang sebagai generasi penerus bangsa belum sepenuhnya mampu menjalankan amanat tujuan pendidikan nasional dalam mencetak moralitas generasi. Dari situlah Pesantren Miftahul Huda muncul sebagai salah satu alternatif dalam upaya meredam dampak destruktif yang ditimbulkan oleh laju perubahan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ponpes Darul Hijrah Al-Aziziyyah memiliki konsep yang baik dalam pembinaan akhlak mulia siswa. Pelaksanaan pendidikan akhlak mulia di sekolah dilakukan secara integral melalui dua hal pokok, yaitu pengajaran dan pembiasaan. Mengajarkan siswa untuk memahami aspek kognitif sekaligus pembiasaan dengan cara langsung menerapkan pemahaman yang telah diperoleh dalam kegiatan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Jawa Barat: Jejak, 2018

Asep Kurniawan, Pendidikan Karakter diPondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial”

Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta : Raja Grasfindo PErsada, 1998.

Djusmalinar, Mukti, F.D., “The Urgency Of Technology-Based Education For Primary School In Indonesia”, dalam Jurnal Waniambey: Journal of Islamic Education, Vol. 3. No.1, Juni 2022.

Fadhillah, Wawancara, Jakarta Timur: UNJ PRESS, 2021

Heri Gunawan, Pendidikan Krakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.

Mukti, F.D., “Literasi sains dan pendidikan karakter di era globalisasi”, dalam Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1. No.1, Juni 2018.

Rahman, A.F.A., Mukti, F.D., “Increasing The Creativity Of Natural Sciences In The Water Cycle Materials Through A Contextual Approach In Grade 5 Mi Yaa Bunayya”, dalam Jurnal Waniambey: Journal of Islamic Education, Vol. 3. No.1, Juni 2022.

Sholina, A., Mukti, F.D., “Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo”, dalam Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2. No.1, Juni 2019.

Syeikh Al-Zarnuji, Ta’lim al-Muta’alimin, Surabaya : Al-Hidayah, t.th. Sa’id bin Muhammad Daib Hawwa, “Al-Mustakhlash fi Tazkiyatul Anfus”, Penj. Annur Rafiq Shaleh Tamhid, Mensucikan Jiwa; Konsep Tazkiyatun Nafs Terpadu, Jakarta:Robbani Press, 2000.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet, 2013.

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aplikasi, Jakarta: Misaka Galiza, 1999.

Soenarjo, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta : Departemen Agama RI, 1999.

Tamyiz Burhanuddin, Akhlak di Pesantren Solusi bagi Kerusuhan Akhlak, Yogyakarta: ITTAQA Press, 2001.

Zainul Miftah, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

idris, M. I. M. zaid. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONPES DARUL HIJRAH AL-AZIZIYYAH ACEH TENGGARA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2), 93-104. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.404