IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONPES DARUL HIJRAH AL-AZIZIYYAH ACEH TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.404Kata Kunci:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Ponpes Darul HijrahAbstrak
Bangsa Indonesia sedang mengalami cobaan berat dengan semakin merosotnya moral bangsa. Korupsi, narkoba, seks, tawuran dan berbagai perilaku menyimpang lainnya yang setiap hari menghiasi media lokal dan nasional. Lembaga pendidikan formal yang digadang-gadang sebagai generasi penerus bangsa belum sepenuhnya mampu menjalankan amanat tujuan pendidikan nasional dalam mencetak moralitas generasi. Dari situlah Pesantren Miftahul Huda muncul sebagai salah satu alternatif dalam upaya meredam dampak destruktif yang ditimbulkan oleh laju perubahan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ponpes Darul Hijrah Al-Aziziyyah memiliki konsep yang baik dalam pembinaan akhlak mulia siswa. Pelaksanaan pendidikan akhlak mulia di sekolah dilakukan secara integral melalui dua hal pokok, yaitu pengajaran dan pembiasaan. Mengajarkan siswa untuk memahami aspek kognitif sekaligus pembiasaan dengan cara langsung menerapkan pemahaman yang telah diperoleh dalam kegiatan sehari-hari.
Unduhan
Referensi
Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Jawa Barat: Jejak, 2018
Asep Kurniawan, Pendidikan Karakter diPondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial”
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta : Raja Grasfindo PErsada, 1998.
Djusmalinar, Mukti, F.D., “The Urgency Of Technology-Based Education For Primary School In Indonesia”, dalam Jurnal Waniambey: Journal of Islamic Education, Vol. 3. No.1, Juni 2022.
Fadhillah, Wawancara, Jakarta Timur: UNJ PRESS, 2021
Heri Gunawan, Pendidikan Krakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993.
Mukti, F.D., “Literasi sains dan pendidikan karakter di era globalisasi”, dalam Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1. No.1, Juni 2018.
Rahman, A.F.A., Mukti, F.D., “Increasing The Creativity Of Natural Sciences In The Water Cycle Materials Through A Contextual Approach In Grade 5 Mi Yaa Bunayya”, dalam Jurnal Waniambey: Journal of Islamic Education, Vol. 3. No.1, Juni 2022.
Sholina, A., Mukti, F.D., “Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo”, dalam Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2. No.1, Juni 2019.
Syeikh Al-Zarnuji, Ta’lim al-Muta’alimin, Surabaya : Al-Hidayah, t.th. Sa’id bin Muhammad Daib Hawwa, “Al-Mustakhlash fi Tazkiyatul Anfus”, Penj. Annur Rafiq Shaleh Tamhid, Mensucikan Jiwa; Konsep Tazkiyatun Nafs Terpadu, Jakarta:Robbani Press, 2000.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet, 2013.
Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aplikasi, Jakarta: Misaka Galiza, 1999.
Soenarjo, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta : Departemen Agama RI, 1999.
Tamyiz Burhanuddin, Akhlak di Pesantren Solusi bagi Kerusuhan Akhlak, Yogyakarta: ITTAQA Press, 2001.
Zainul Miftah, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Idris Maas zaid idris
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .