PERAN STAKEHOLDER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KELUARGA DENGAN TUNAGRAHITA

Authors

  • Istifadatul Ghoziyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulkipli Lessy UIN Sunan Kalijaga
  • Fathiyaturrahmah Fathiyaturrahmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.670

Keywords:

Stakeholder, Pendidikan Karakter, Tunagrahita, Pendidikan Islam

Abstract

Orang tua yang hidup dengan tunagrahita secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku menyimpang pada anak-anak mereka. Hal ini disebabkan oleh pengasuhan yang tidak sempurna. Tujuan dari studi ini adalah dalam rangka: : (1) menginvestigasi peran stakeholder dalam membina karakter anak dari keluarga dengan tunagrahita di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo, Jawa Timur; (2) meninvestarisir perkembangan karakter agama pada anak dari keluarga dengan tunagrahita di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo. Studi ini memanfaatkan metode kualitatif yaitu studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil studi ini adalah perubahan peran stakeholder dikenali melalui perkembangan psikologis anak yang berasal dari keluarga dengan tunagrahita. Tandanya adalah mereka berlaku sopan terhadap sesama, terutama yang senior. Penyediaan sarana telah difasilitasi oleh kepala desa, sehingga ada perubahan positive pada anak tunagrahita, seperti disiplin, mandiri, jujur, hormat, dan santun berbicara serta berperilaku, kasih sayang, peduli, percaya diri, baik dan rendah hati, serta toleransi. Perubahan yang diperoleh oleh anak-anak dari keluarga dengan tunagrahita dalam kategori tinggi adalah sekitar delapan anak dan sekitar empat anak dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Istifadatul Ghoziyah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Istifadatul Ghoziyah was a student at UIN Sunan Kalijaga Graduate Studies

Fathiyaturrahmah Fathiyaturrahmah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Fathiyaturrahmah is a faculty at FITK UIN KHAS Jember, East Java

References

Abdusshomad, A. “Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran”. Jurnal Asy-Syukriyyah 19, no. 1 (2018), 31-49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22

Anam, H., & Zulkipli Lessy, “Konsep Pemikiran Ibnu Miskuwaihi tentang Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Islam di Masa Modern”. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar 6, no 4 (2022), 955-971. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2327

Anam, S. M., & W. D. Dwiyogo. Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Malang, 2, 2019.

Apriliyanti, F., F. Hanurawan, F., & A.Y. Sobri. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021), 1-8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Awaliah, Fuji, Muhammad Fuadzy Al Khadziq, & Zulkipli Lessy. “Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Surah Ali-Imran 159-160”. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman 8, no. 2 (2023), 55-66.

Creswell, John W. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. Los Angeles, CA: Sage, 2015.

Daulay, H. P. M. Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan Eksistensinya. Jakarta: Kencana, 2019.

Isnaeni. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak di Kehidupan Sehari-Hari”. Jurnal Inspirasi 1, no. 1 (2017).

Karlina, L. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja”. Edukasi Nonformal 1, no. 2 (2020), 147-158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Mantiri, V. V. “Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja”. Sosiologi 3, no. 1 (2014), 1-13.

Muqowim, M., & Zulkipli Lessy. “Augmenting Science in the Islamic Contemporary World: A Strategic Attempt at Reconstructing the Future”. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 75, no. 1 (2019), 197-230. https://doi.org/10.14421/ajis.2019.571.197-230

Novitasari, A., Hakiki, N., dan Lessy, Z. (2021). Pengaruh Bimbingan Keagamaan Terhadap Perubahan Perilaku Anak. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(2), 33-46. http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v4i2.14855

Nur, Haerani. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional”. Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 1 (2013), 87-94.

Rohman, M. A. A. “Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi, dan Implementasi”. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019), 125-146. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290

Rosnaeni, R., Deni Indrawan, M. Miftahurrazikin, & Zulkipli Lessy. “Materi Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis”. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 18, no. 2 (2021), 71-86. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.2043

Pahrudin, A. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Bandarlampung: Pustaka Media, 2017.

Prasetya, R. G. Faktor-Faktor Penyebab Hilangnya Perilaku Santun Dalam Bingkai Budaya Jawa. Thesis Repository, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017.

Prasetya, R. G. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tunagrahita Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Rumah Harapan. Repository, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Qorib, M. dan M. Zaini. Integrasi Etika dan Moral Spirit dan Kedudukannya Dalam Pendidikan Islam. Unpublished Paper, 2020.

Ririn, S. D., H. Fitria, Nuraina, & V. Sasmita. “Pendidikan Karakter Berbasis It: Technology-Based Character Education”. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan no. 2 (2018), 604-609.

Salsabila, Fairus & Zulkipli Lessy. “Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan dari Pendidikan Anak Usia Dini”. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 1 (2022), 30-39. https://doi.org/10.25078/pw.v7i.267

Saputri, Alfiah Nursangadah Kritia, Zulkipli Lessy, Eni Siskowati, & Rahmat Illahi. “The Urgency of Islamic Moral Education During Early Childhood in the Perspective of Hadith”. Jurnal Holistic Al-Hadis 8, no. (2022), 1-14.

Saripaini, Saripaini, Muhammad Hanif, & Zulkipli Lessy. “Spiritualitas Dalam Narasi dan Pantang Larang Permainan Tradisional di Kalangan Anak-Anak Desa Punggur Kecil, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial 7, no. 2 (2022), 133-144. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i2.13726

Siregar, S. L., dan Zulkipli Lessy. “Pendidikan Karakter Perspektif Hadits”. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021), 102-109. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2057

Subianto, J. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013), 331-354. https://doi.org/10.21043/edukasi.v8i2.757

Yati, R. Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan, no. 2504, (2015). https://www.academia.edu/35692180/Guru_efektif_dalam_perspektif_psikologi_pendidikan

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Prenada Media, 2011.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Ghoziyah, I. ., Lessy, Z., & Fathiyaturrahmah, F. (2023). PERAN STAKEHOLDER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KELUARGA DENGAN TUNAGRAHITA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), 153-168. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.670