IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ ABABIL SENTANI KABUPATEN JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i1.324Keywords:
Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode TilawatiAbstract
Metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an telah berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya metode-metode baru dengan keunggulannya masing-masing. Salah satu metode yang berkembang ini adalah metode Tilawati. Metode Tilawati ini telah diimplementasikan pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di seluruh Indonesia dan salah satu TPQ yang menerapkannya adalah TPQ Ababil Sentani. TPQ Ababil Sentani telah menerapkan metode Tilawati sesuai dengan petunjuk dan berhasil mengantarkan santri-santrinya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid.
Downloads
References
Albar, Abdul Waris. “IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BACA AL-QUR’AN SANTRI RA. AL-MUJTAMA’ PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN.” Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 6, no. 1 (10 Juni 2022). http://dx.doi.org/10.30651/sr.v6i1.13177.
Anwar, Rosyida Nurul. “Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3, no. 1 (2 Februari 2021): 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1342.
Ardiansah, Suud Budi. “YAYASAN NURUL FALAH SURABAYA TAHUN 1993-2017” 6, no. 1 (2018).
Arikunto, S. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan&ots=6uBIIbrN-K&sig=fCSvvR7qO0rq_OJs2adXUxxnuHc.
Djalal, Fauza. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran,” 2017.
Elihami, Elihami, dan Abdullah Syahid. “PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI,” 2018.
FAHRUDDIN, LUTHFI. “METODE TILAWATI DALAM MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI KELAS 2 MADRASAH DINIYAH ULA SALAFIYAH MATHOLI’UL HUDA GADING MALANG TAHUN 2014/2015,” 2015.
Fauziah, Nisma Syifa. “METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SDI AL-HIDAYAH PAMULANG.” INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA, 2019.
Harisnur, Fadhlina. “PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR” 3, no. 1 (2022).
harto, Hartono. “PENERAPAN METODE TILAWATI PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDIT MUKHLISIIN KABUPTEN GOWA.” Inspiratif Pendidikan 7, no. 2 (1 Desember 2018): 263. https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7904.
Khon, Abdul Majid. Praktikum Qira’at: keanehan bacaan al-Quran periwayatan ashim dan hafash. Amzah, t.t.
Mahmudi, Mahmudi. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM TINJAUAN EPISTEMOLOGI, ISI, DAN MATERI.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 89–89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.
Moh Yasin. Wawancara kepada Moh Yasin kepala TPQ Ababil Sentani, 20 Oktober 2019.
Mukti, Fajar Dwi, dan Ayu Sholina. “Ontologi Pendidikan Islam.” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (16 September 2019): 58–69. https://doi.org/10.54396/alfahim.v1i2.58.
Nurochmah, Alivia Dewi, Ghiast Nabila, dan Matnur Ritonga. “PERAN TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI TPA AR-RAHMAH.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 1, no. 9 (25 Juli 2022): 1841–48.
Patoni, Achmad. “Metode Pembelajaran PAI,” 2015.
Rosyidin, Dedeng. “METODIK KHUSUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” t.t.
Sadzili;, Hasan. Tilawati Jilid 1 s.d 6 Metode Praktis Cepat Lancar Membaca Al-Qur’an. Pesantren Alq. Nrul Falah, 2004. //perpustakaan.mtsn1boalemo.sch.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D172.
Syarifuddin, Ahmad, dan Abu Hanifah. “Mendidik Anak : Membaca, Menulis dan Mencintai Al Qur’an,” 2004. https://inlislite.kalselprov.go.id/opac/detail-opac?id=24320.
Wahyudi. Wawancara kepada Wahyudi wakil kepala TPQ Ababil Sentani, 20 Oktober 2019.
Willy, Andri, dan Esty Puri Utami. “Penerapan Metode Tilawati pada Pembelajaran Membaca Al-Quran,” 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .