KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.188Keywords:
Kesulitan Belajar, Kesulitan Membaca, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kesulitan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021, dan untuk mendeksripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia di kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kualitattif dengan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat faktor internal dan eksternal siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, khususnya pada materi belajar membaca siswa. Adapun faktor internalnya ialah kurangnya motivasi dan minat membaca dari diri siswa itu sendiri, siswa masih belum termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa indonesia dan minat siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia masih kurang. Adapun faktor eksternalnya ialah pertama: kurangnya kreativitas guru wali kelasnya dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga membuat siswa jenuh dan kurang menyenangkan dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia, kemudian metode yang digunakan guru juga tidak bervariasi dan kurang menarik bagi siswa. Kedua: kurangnya perhatian dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar seorang anak, terutama pada proses belajar membaca. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dikelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 siswa dari 13 siswa yang masih mengalami kesulitan dalam proses belajar membaca.
Downloads
References
Ahmadi, Rulam. “METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.” Jakarta: ar-ruzzmedia, 2016.
Febri Anzar, Safni, dan Mardhatillah. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 20 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016,” 2017. https://jurnalriset.com/2017/06/07/analisis-kesulitan-belajar-siswa-pada.html.
Hermansyah, H. “Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/547.
Jumriani, J, S Syaharuddin, NTFW Hadi, M Mutiani, dan ... “Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013.” Jurnal Basicedu, 2021. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1111.
Khairunnisa, Khairunnisa, dan Ilham Syahrul Jiwandono. “Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 4, no. 1 (2020): 9–9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970.
Lubis, Maulana Arafat, dan Nasran Azizan. Pembelajaran Tematik SD/MI: Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Yogyakarta: Samudra Biru, 2019.
Makmun, Abin Syamsuddin. Psikologi kependidikan: perangkat sistem pengajaran modul. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005., t.t.
Mardhatillah, Mardhatillah; STKIP Bina Bangsa Meulaboh. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) PADA MATERI TEKS NARASI DI KELAS IV SD/MI.” STKIP BINA BANGSA MEULABOH, 2016.
Mustika, D, A Ambiyar, dan I Aziz. “Proses penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 2021. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1819.
Nanang, Alex. “Urgensi Kompetensi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Integratif.” AT TA’DIB 11, no. 1 (10 Juni 2016). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.646.
Nani, Nani, dan Evinna Cinda Hendriana. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 SINGKAWANG.” Journal of Educational Review and Research 2, no. 1 (31 Juli 2019): 55–62. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853.
Pohan, SA, dan F Dafit. “Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, 2021. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/898.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet.3 Rev. Rineka Cipta, 1995.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2009.
Wijayanti, Nurjanah. “Analisis metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi kerja keras dan mandiri.” Journal of Islamic Education and Innovation 1, no. 2 (2020): 50–50. https://doi.org/10.26555/jiei.v1i2.3403.
Winiari, I. Gusti Ayu, M. Pd Dr. I Gede Meter, dan S. Pd M. Ke Drs. I Gusti Agung Oka Negara. “ANALISIS KESULITAN-KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD PILOTING SE-KABUPATEN GIANYAR.” MIMBAR PGSD Undiksha 3, no. 1 (10 Juli 2015). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5166.
Yeni, Ety Mukhlesi. “KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR.” JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar) 2, no. 2 (2015). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .