ANALISIS KEMUNCULAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD 77 REJANG LEBONG DALAM MENGGUNAKAN KTSP DAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Deni Setiawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.187

Keywords:

Sikap Spiritual, Sikap Sosial, KTSP, Kurikulum 2013

Abstract

Dewasa ini, dekadensi moral merupakan hal yang memerlukan penanganan serius mengingat pembentukan watak dan martabat bangsa bergantung pada pembentukan pribadi dari manusia itu sendiri. Upaya yang dapat dilakukan dalam lingkungan pendidikan yaitu membina karakter peserta didik dengan mengembangkan sikap spiritual dan sosial yang dijadikan komponen dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemunculan sikap spiritual dan sosial pada kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SDIT Khoiru Ummah yang menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi kegiatan pembelajaran untuk menganalisis kemunculan sikap spiritual dan sosial menggunakan videograph. Berdasarkan hasil perhitungan total rata-rata kemunculan sikap spiritual dan sosial diperoleh SD yang menggunakan Kurikulum 2013 mendapatkan hasil yang lebih besar. Diharapkan dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar bagi penelitian selanjutnya dan sebagai motivasi bagi guru untuk dapat memunculkan sikap spiritual dan sikap sosial, khususnya dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dolong, Jufri. “KARAKTERISTIK MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS SEKOLAH.” Inspiratif Pendidikan 7, no. 1 (2018): 1–1. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4928.

Fathurrohman, Pupuh. Pengembangan pendidikan karakter. Cetakan kesatu. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Harefa, D. “Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 2020. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/304.

Hunaida, Wiwin Luqna. “Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi Dalam Pembelajaran Tematik.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 1 (31 Maret 2020): 71–85. https://doi.org/10.36835/modeling.v7i1.641.

Irvan, Mochamad, dan Muhammad Nurrohman Jauhari. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF SEBAGAI PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 14, no. 26 (2018): 175–87. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1683.

Julianto, Alfin. “Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 3, no. 1 (2019): 14–22. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24644.

Kemendikbud. BSNP Panduan Penyusunan Kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. https://repositori.kemdikbud.go.id/9206/.

Maulidina, Linda, Tria Mardiana, dan Ari Supriyatna. “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SAAT WABAH COVID-19 DI SEKOLAH DASAR.” Khazanah Pendidikan 15, no. 1 (2021): 42–42. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.9838.

Pangestu, Moh Aji, dan Arda Arda. “PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN TOMINI.” Koordinat Jurnal MIPA 1, no. 2 (2020): 11–16. https://doi.org/10.24239/koordinat.v1i2.14.

Sari, M, dan A Asmendri. “Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA.” … Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 2020. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555.

Septa, Frandika, Anton Yudhana, dan Abdul Fadlil. “Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Layanan E-Government Menggunakan Metode WebQual Modifikasi.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 7, no. 5 (2020): 951–951. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752294.

Suharno. “MENGAPRESIASIKAN HASIL PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA MELALUI DISVERSITY OF STUDENT STRATEGY LEARNING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMPN 1 SEKARAN.” Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan 2, no. 1 (2020): 32–41. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.43.

Yani, Ahmad. Mindset kurikulum 2013. Alfatbeta, 2014.

Zannah, Fathul. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2020): 1–8. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1233.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Setiawan, D. ., & Prastowo, A. . (2021). ANALISIS KEMUNCULAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD 77 REJANG LEBONG DALAM MENGGUNAKAN KTSP DAN KURIKULUM 2013. Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(2), 136-151. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.187