PERAN STAKEHOLDER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KELUARGA DENGAN TUNAGRAHITA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.670Kata Kunci:
Stakeholder, Pendidikan Karakter, Tunagrahita, Pendidikan IslamAbstrak
Orang tua yang hidup dengan tunagrahita secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku menyimpang pada anak-anak mereka. Hal ini disebabkan oleh pengasuhan yang tidak sempurna. Tujuan dari studi ini adalah dalam rangka: : (1) menginvestigasi peran stakeholder dalam membina karakter anak dari keluarga dengan tunagrahita di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo, Jawa Timur; (2) meninvestarisir perkembangan karakter agama pada anak dari keluarga dengan tunagrahita di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo. Studi ini memanfaatkan metode kualitatif yaitu studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil studi ini adalah perubahan peran stakeholder dikenali melalui perkembangan psikologis anak yang berasal dari keluarga dengan tunagrahita. Tandanya adalah mereka berlaku sopan terhadap sesama, terutama yang senior. Penyediaan sarana telah difasilitasi oleh kepala desa, sehingga ada perubahan positive pada anak tunagrahita, seperti disiplin, mandiri, jujur, hormat, dan santun berbicara serta berperilaku, kasih sayang, peduli, percaya diri, baik dan rendah hati, serta toleransi. Perubahan yang diperoleh oleh anak-anak dari keluarga dengan tunagrahita dalam kategori tinggi adalah sekitar delapan anak dan sekitar empat anak dalam kategori sedang.
Unduhan
Referensi
Abdusshomad, A. “Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran”. Jurnal Asy-Syukriyyah 19, no. 1 (2018), 31-49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22
Anam, H., & Zulkipli Lessy, “Konsep Pemikiran Ibnu Miskuwaihi tentang Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Islam di Masa Modern”. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar 6, no 4 (2022), 955-971. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2327
Anam, S. M., & W. D. Dwiyogo. Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Malang, 2, 2019.
Apriliyanti, F., F. Hanurawan, F., & A.Y. Sobri. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021), 1-8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Awaliah, Fuji, Muhammad Fuadzy Al Khadziq, & Zulkipli Lessy. “Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Surah Ali-Imran 159-160”. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman 8, no. 2 (2023), 55-66.
Creswell, John W. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. Los Angeles, CA: Sage, 2015.
Daulay, H. P. M. Pendidikan Islam di Indonesia: Historis dan Eksistensinya. Jakarta: Kencana, 2019.
Isnaeni. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak di Kehidupan Sehari-Hari”. Jurnal Inspirasi 1, no. 1 (2017).
Karlina, L. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja”. Edukasi Nonformal 1, no. 2 (2020), 147-158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Mantiri, V. V. “Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja”. Sosiologi 3, no. 1 (2014), 1-13.
Muqowim, M., & Zulkipli Lessy. “Augmenting Science in the Islamic Contemporary World: A Strategic Attempt at Reconstructing the Future”. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 75, no. 1 (2019), 197-230. https://doi.org/10.14421/ajis.2019.571.197-230
Novitasari, A., Hakiki, N., dan Lessy, Z. (2021). Pengaruh Bimbingan Keagamaan Terhadap Perubahan Perilaku Anak. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(2), 33-46. http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v4i2.14855
Nur, Haerani. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional”. Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 1 (2013), 87-94.
Rohman, M. A. A. “Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi, dan Implementasi”. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 11, no. 2 (2019), 125-146. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290
Rosnaeni, R., Deni Indrawan, M. Miftahurrazikin, & Zulkipli Lessy. “Materi Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis”. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 18, no. 2 (2021), 71-86. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.2043
Pahrudin, A. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Bandarlampung: Pustaka Media, 2017.
Prasetya, R. G. Faktor-Faktor Penyebab Hilangnya Perilaku Santun Dalam Bingkai Budaya Jawa. Thesis Repository, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017.
Prasetya, R. G. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tunagrahita Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Rumah Harapan. Repository, Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.
Qorib, M. dan M. Zaini. Integrasi Etika dan Moral Spirit dan Kedudukannya Dalam Pendidikan Islam. Unpublished Paper, 2020.
Ririn, S. D., H. Fitria, Nuraina, & V. Sasmita. “Pendidikan Karakter Berbasis It: Technology-Based Character Education”. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan no. 2 (2018), 604-609.
Salsabila, Fairus & Zulkipli Lessy. “Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan dari Pendidikan Anak Usia Dini”. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 1 (2022), 30-39. https://doi.org/10.25078/pw.v7i.267
Saputri, Alfiah Nursangadah Kritia, Zulkipli Lessy, Eni Siskowati, & Rahmat Illahi. “The Urgency of Islamic Moral Education During Early Childhood in the Perspective of Hadith”. Jurnal Holistic Al-Hadis 8, no. (2022), 1-14.
Saripaini, Saripaini, Muhammad Hanif, & Zulkipli Lessy. “Spiritualitas Dalam Narasi dan Pantang Larang Permainan Tradisional di Kalangan Anak-Anak Desa Punggur Kecil, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial 7, no. 2 (2022), 133-144. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i2.13726
Siregar, S. L., dan Zulkipli Lessy. “Pendidikan Karakter Perspektif Hadits”. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021), 102-109. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2057
Subianto, J. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013), 331-354. https://doi.org/10.21043/edukasi.v8i2.757
Yati, R. Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan, no. 2504, (2015). https://www.academia.edu/35692180/Guru_efektif_dalam_perspektif_psikologi_pendidikan
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Prenada Media, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Istifadatul Ghoziyah, Zulkipli Lessy, Fathiyaturrahmah Fathiyaturrahmah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .