IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISM DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.473Kata Kunci:
Konstruktivisme, Pendidikan Agama Islam, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami implementasi pembelajaran konstruktivistik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Dasar. Dalam mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif. Fokus utama pembahasan melibatkan konsep konstruktivisme, tujuan pendidikan agama Islam, dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan aktivitas siswa, memfasilitasi pembangunan pemahaman baru, dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar-mengajar. Pendekatan konstruktivistik di tingkat sekolah dasar menekankan peran siswa dalam pembelajaran, di mana mereka tidak hanya sebagai penerima pasif informasi, tetapi juga sebagai konstruktor aktif pengetahuan. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan konstruktivisme pada mata pelajaran PAI dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, memotivasi mereka untuk berpikir kritis, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap ajaran agama Islam. Meskipun penelitian ini menemukan faktor pendukung seperti kesesuaian materi dan dukungan guru, terdapat pula hambatan, seperti keterbatasan alokasi waktu yang dapat menghambat proses pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan PAI dengan pendekatan konstruktivistik memerlukan upaya terpadu, termasuk pelatihan guru dan perbaikan infrastruktur pendidikan. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan agama Islam di tingkat dasar.
Unduhan
Referensi
Alfiani, Dwi Anita. “Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini.” AWLADY 2, no. 1 (2016): 1–15.
Alfiyah, Hanik Yuni. “Aplikasi Paradigma Konstrutivistik Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Kelas IV SD Taruna Surabaya.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2, no. 2 (2014).
Asniah, Asniah. “Pelaksanaan Pembelajaran Konstrutivistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pekan Arba Kecamatan Tembilahan.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2020).
Azizah, Dinda Dwi, dan Fuan Sa’adah. “Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021).
Faiz, Aiman, dan Faridah Faridah. “Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar.” Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 14, no. 1 (2022): 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876.
Hartati, H, F Fahruddin, dan N Azmin. “Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5, no. 4 (2021). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2574.
Kaunang, Santje. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4, no. 1 (2020): 69–69. https://doi.org/10.37905/aksara.4.1.69-78.2018.
Kusumawati, IT, J Soebagyo, dan ... “Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme.” JURNAL MathEdu 5, no. 1 (2022).
Lathifah, Deni Nur. “Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan- Kembang – Jepara.” Jurnal Edukasi NonFormal 2, no. 2 (2021).
Marta, H, Y Fitria, H Hadiyanto, dan A Zikri. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 1 (2020). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/334.
Masgumelar, NK, dan PS Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran.” GHAITSA: Islamic Education Journal 2, no. 1 (2021).
Mustafa, PS, dan R Roesdiyanto. “Penerapan teori belajar konstruktivisme melalui model PAKEM dalam permainan bolavoli pada sekolah menengah pertama.” Jendela Olahraga 4, no. 1 (2021).
Muzfirah, Suci. “The Importance of the Role of Teacher Professionalism in the 21st Century Education Process at SD Segoroyoso Bantul Yogyakarta.” JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptial 5, no. 2 (2021): 187–96.
Prihatini, Indah Sih. “Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Babatagung Deket Lamongan.” Jurnal Akademika 10, no. 1 (2016).
Rahman, Rahman. Manajemen Pembelajaran : Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2009.
Ramayulis, Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
Setiyawan, Andi, Wulan Fitriani, Zubaedah Nasucha, dan Suci Muzfirah. “Cognitive Learning Gestalt Theory And Implications On Learning Process In Elementary School.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (27 Desember 2021): 149–59. https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.157.
Sujarwo, Sujarwo. Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press, 2011.
Suwandayani, BI, K Kuncahyono, dan ... “Pola Implementasi Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah.” JURNAL TAMAN CENDEKIA 5, no. 2 (2021).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suci Muzfirah, Umi Habibah, Nuni Qurotun Ainy
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .