PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i1.426Kata Kunci:
Media Pembelajaran, flipbook, motivasi belajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah guna menganalisis pengaruh penggunaan flipbook dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Exsperimen Design dengan menggunakan bentuk penelitian One Group Pre-test and Post-test Design yang menggunakan sampel sebanyak 25 siswa dengan menggunakan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket respon siswa yang berisikan mengenai parameter perasaan siswa dalam menggunakan media pembelajaran flipbook. Parameter tersebut berupa tanggung jawab, kemandirian, kepedulian, dan perasaan senang siswa, adanya timbal balik, penguatan, dan dorongan untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata pretest dengan posttest memiliki peningkatan motivasi belajar sebesar 42%. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran flipbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Unduhan
Referensi
Acesta, Arrofa. “PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 2 (2020): 581–86. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766.
Ahmad Zaki, Diyan Yusri,. “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2020): 809–20. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
Baihaki, Ahmad. “MEMOTIVASI SISWA UNTUK BELAJAR DENGAN VARIASI METODE DAN PENERAPAN PAIKEM.” Edupedia 4, no. 2 (2020): 49–57. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i2.665.
Laka, Beatus Mendelson, Jemmi Burdam, dan Elizabet Kafiar. “Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 2 (2020): 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51.
Mts, Maryam Muhammad, Negeri Tungkob, Darussalam Kabupaten, dan Aceh Besar. “PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN.” Lantanida Journal 4, no. 2 (2016).
Nugraheni, Irma Lusi. “Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.” Lectura : Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (2018): 52–64. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.923.
Ristiani, SM, R Triwoelandari, dan Y Yono. “Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa.” Jurnal Basicedu, no. Query date: 2023-02-19 08:24:00 (2021). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/613.
Rofi’ah, Rofi’ah. “Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2021): 33–40. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.109.
Safinah, Safinah Azmir. “Strategi, Metode dan Pendekatan Pembelajaran Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh.” Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian 1, no. 1 (2020): 131–48. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i1.173.
Santoso, Berliana Putri, dan Fitria Eka Wulandari. “PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DIPADU DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA.” Journal of Banua Science Education 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.3.
SOPAKUA, SAMEL, WILHELMUS LABOBAR, dan FEBY LATUIHAMALLO. “HUBUNGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DAYA SERAP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAK DAN BUDI PEKERTI.” STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran 1, no. 2 (2021): 130–47. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.566.
Sulfemi, W B. “Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.” … Pancasila dan Kewarganegaraan, 2019. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dheandra Tsabitha Ylsan, Rahmat Kamal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .