PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.182Kata Kunci:
Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memberikan pengaruh yang jelas terhadap proses belajar anak yang dilihat berdasarkan prestasi belajar mereka di sekolah. Dengan tingkat keyakinan tersebut maka akan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan akademis anak-anak. Melalui tulisan ini agar dapat menjadi renungan dan bahan instropeksi bagi para orang tua, jangan hanya orang tua menuntut anak untuk bisa dan meraih prestasi belajar yang baik, akan tetapi para orang tua juga memiliki tanggung jawab untuk terus belajar, karena semakin tinggi tingkat pendidikan atau ilmu yang dimiliki oleh orang tua, akan mendorong prestasi belajar yang baik bagi seorang anak
Unduhan
Referensi
Ansor, Shokibul. “Study Meta Analysis of Strategies and Utilization of Electronic Journals ( e - journals ) For Graduate Student University of Malang in Efforts Produce Internationally Reputed Scientific Publications.” Record and Library Journal 3, no. 1 (9 Januari 2018): 63. https://doi.org/10.20473/rlj.V3-I1.2017.63-73.
Ermawati, Ermawati. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI.” Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan 18, no. 1 (2020): 50–50. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3645.
Eryanto, Henry, dan Darma Rika Swaramarinda. “PENGARUH MODAL BUDAYA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB) 1, no. 1 (29 Maret 2013): 39–61. https://doi.org/10.21009/JPEB.001.1.3.
Faridah, Faridah, Arismunandar Arismunandar, dan Syamsurijal Basri. “PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN, SEBUAH REFLEKSI.” Jurnal Administrasi Pendidikan 25, no. 2 (2018): 229–42. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15638.
Giwangsa, Sendi Fauzi. “PENTINGNYA PENDIDIKAN MORAL DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2018): 26–40. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i1.16.
Munandar, Aris. “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam.” NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 6, no. 2 (2020): 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132.
Parnayathi, I Gusti Agung Sri. “Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA.” Journal of Education Action Research 4, no. 4 (2020): 473–473. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642.
Pratiwi, Noor Komari. “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG.” Pujangga : Jurnal Bahasa Dan Sastra 1, no. 2 (29 November 2017): 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320.
Purnawinadi, I Gede. “ANALISIS HASIL BELAJAR BIOSTATISTIKA BERDASARKAN METODE PEMBELAJARAN LURING DAN DARING.” Seminar Nasional Official Statistics 2020, no. 1 (2021): 1209–13. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.652.
Pusparini, Ni Nyoman. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.” Journal of Education Action Research 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25018.
Putri, Desak Putu. “Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn.” Journal of Education Action Research 4, no. 4 (2020): 452–452. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640.
Repelita, Tridays. “EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN DRILL (LATIHAN).” Jurnal Wahana Pendidikan 7, no. 1 (2020): 71–71. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3240.
Reskia, Sri, Herlina Herlina, dan Zulnuraini Zulnuraini. “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN INPRES 1 BIROBULI.” Jurnal Dikdas 2, no. 2 (6 Juli 2014). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/view/2830.
Sappaile, Baso Intang. “Konsep Penelitian Ex-Post Facto” 1 (2010).
Saputri, Maulida Anggraina. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (11 April 2020): 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta, 2013.
Wiyadnyana, I Made Wirata. “Penggunaan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn.” Mimbar Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30201.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .