INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI MI INTEGRAL HIDAYATULLAH

Penulis

  • Indarti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua
  • Didik Efendi IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1016

Kata Kunci:

Internalisasi, Nilai-nilai Islam, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam nilai-nilai Islam yang diinternalisasikan dalam pembelajaran dan proses internaliasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di MI Integral Hidayatullah Jayapura. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di MI Integral Hidayatullah Koya Barat Kota Jayapura. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik MI Integral Hidayatullah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga nilai-nilai Islam yang diinternalisasikan dalam pembelajaran di MI Integral Hidadyatullah, yakni tauhid, aqidah dan akhlak. Dalam proses internalisasinya melalui pendekatan pembelajaran PAKEMI dengan langkah-langkah (1) menganalisis capaian pembelajaran, menentukan model dan metode pembelajaran, menentukan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran, dan menyusun evaluasi pembelajaran. Selain melalui pembelajaran, internalisasi juga dilakukan dengan pembiasaan dan keteladan guru MI Integral Hidayatullah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alim, Muhammad. “Perananan Pendidikan Agama Dalam Pembangunan Moral. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim.” Bandung, 2006.

Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dan Teknologi, 2022.

Efendi, Didik. “Proses Pembentukan Aqidah Dan Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Jayapura.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 1 (2019): 9. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.2814.

———. “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER PASCA PANDEMIC COVID 19,” no. September (2022): 101–10.

Fajrussalam, Hisny, Alifia Nur Azizah HA, Firra Dwi Nur’ani, Hilma Innayah Putri, and Ranisa Devi. “Peran Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 3 (2023): 123–30.

Fithroh, Maulidy Sholihatul. “Implementasi Adab Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Kota Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.

Hasanah, Elis Nur, and Hunainah Hunainah. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kisah Nabi Yusuf As Dan Implikasinya Pada Pendidikan Akhlak Di Sekolah.” Qathruna 6, no. 2 (2019): 71–90.

Hidayat, Nur. Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak, 2015.

Mulyono. Strategi Pembelajaran: Menuju Efektifitas Pembelajaran Di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press, 2012.

Munawir, Munawir, Melinda Putri, and Ulfa Shafira Putri Diasti. “Urgensi Pendidikan Akidah Akhlak Di Era Globalisasi.” Jurnal Basicedu 8, no. 2 (2024): 1402–10.

Munthe, Khairul Bariah, Achyar Zein, and Mohammad Al Farabi. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Bagi Anak Usia Dasar (SD/MI) Dalam QS. Yusuf.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 128–38.

Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.

Prasetya, Poppy Pritasari, Marwan Sileuw, and Didik Efendi. “Strategi Internalisasi Karakter Religius Peserta Didik Di Sdit Qurrota A’yun Abepura Kota Jayapura Melalui Islamic Culture.” Waniambey: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2021): 122–35.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Sapriya Sapriya, and Dasim Budimansyah. “Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Yang Kondusif Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 2 (2014).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-06

Cara Mengutip

Indarti, & Efendi, D. (2024). INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI MI INTEGRAL HIDAYATULLAH. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 1-18. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1016