ANALISIS METODE PERKULIAHAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF MELALUI SISTEM PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Zetty Arifah STAI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.51

Keywords:

Pembelajaran Efektif, Daring, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode perkuliahan bahasa Arab yang efektif melalui sistem perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dalam konteks pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, penting untuk mengembangkan metode perkuliahan yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Sistem perkuliahan daring telah menjadi alternatif yang populer dalam menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswa. Penelitian ini melakukan analisis terhadap metode perkuliahan yang efektif dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti desain pembelajaran, penggunaan teknologi pendidikan, interaksi dosen-mahasiswa, dan penilaian. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi penggunaan strategi pengajaran inovatif melalui sistem perkuliahan daring, seperti penggunaan multimedia, simulasi, permainan edukatif, dan diskusi online. Evaluasi berkala terhadap metode perkuliahan juga dilakukan untuk memastikan efektivitasnya. Dalam penelitian ini, peran aktif dosen dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada mahasiswa diakui sebagai faktor penting dalam meningkatkan efektivitas metode perkuliahan bahasa Arab melalui sistem perkuliahan daring. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan pendidikan bahasa Arab di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas metode perkuliahan melalui sistem perkuliahan daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaini, S. “Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2021. https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/4242.

Arsyad, MH. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 2019. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/8269.

Azhari, JF, dan M Ishbir. “Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab berbasis daring di ma al-falah tlanakan.” Jurnal Subulana, 2020. https://www.journal.stitmu.ac.id/index.php/Subulana/article/view/33.

Azhari, JF, dan M Ishbir. “Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab berbasis daring di ma al-falah tlanakan.” Jurnal Subulana, 2020. https://www.journal.stitmu.ac.id/index.php/Subulana/article/view/33.

Baroroh, RU, dan FN Rahmawati. “Metode-metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab reseptif.” … Wutsqo: Jurnal Studi …, 2020. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/181.

Choiroh, M. “Evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis media e-learning.” … : Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2021. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/554.

Corinna, DF, I Rembulan, dan F Hendra. “Problematika pembelajaran Bahasa Arab secara daring studi kasus: mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia.” … Nasional Bahasa Arab VI, 2020. https://eprints.uai.ac.id/1658/.

Hasyim, M, dan I Rosadi. “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Metode Markerless Tracking.” Explore IT!: Jurnal Keilmuan dan …, 2021. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/article/view/2684.

Hasyim, M, dan I Rosadi. “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Metode Markerless Tracking.” Explore IT!: Jurnal Keilmuan dan …, 2021. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/article/view/2684.

Hikmawati, SA. “Efektifitas Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.” … : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2020. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/152.

Jundi, M. “Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan naḥwu dengan sistem daring.” Al-Ma ’Rifah, 2020. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/16215.

Jundi, M, dan M Dalle. “Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab Berdasarkan Kma 183 Tahun 2019.” … : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2020. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/187.

Kosim, N, I Turmudi, N Maryani, dan A Hadi. “Pembelajaran bahasa Arab melalui daring: Problematika, solusi dan harapan.” Work From Home, 2020. https://core.ac.uk/download/pdf/327164537.pdf.

Mahmudah, S. “Media Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh, 2018. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1131.

Manan, A. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Daring Dimasa Pandemi.” Academia. Edu, 2020. https://www.academia.edu/download/64878089/PERAN_GURU_DALAM_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB_DARING_DIMASA_PANDEMI.pdf.

Nalole, D. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1027.

Nasrulloh, MF, AK Nasoih, WS Satiti, dan ... “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab.” Jumat Pendidikan …, 2020. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040.

Nugrawiyati, J. “Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 2018. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/download/3420/2542.

Rachmayanti, I, dan MA Alatas. “Implementasi Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Kadera Bahasa, 2020. https://scholar.archive.org/work/od3fgcvvo5fo7gbsdmkf7dbe6y/access/wayback/https://kaderabahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/kaderabahasa/article/download/133/pdf.

Radliyah, Zaenuddin. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Pustaka Rihlah Group, 2005. //lib.ipmafa.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2214&keywords=.

Rahmah, GK. “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Kemahiran Berbicara Bahasa Arab di Universitas Alazhar Indonesia.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial …, 2021. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/769.

Ridwan, R, dan AF Awaluddin. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.” Didaktika: Jurnal Kependidikan, 2019. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/252.

Uliyah, A, dan Z Isnawati. “Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 2019. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/9375.

Zulaini, NN, N MUfidah, N Kholis, dan ... “Learning Arabic for Elementary Schools During the Covid-19 Outbreak/Pembelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Pada Masa Wabah Covid-19.” Al-Mudarris …, 2020. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/384.

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Arifah, Z. . (2021). ANALISIS METODE PERKULIAHAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF MELALUI SISTEM PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH . Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.51