FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR
Keywords:
pemahaman siswa konsep, suhu, kalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman Siswa pada konsep
suhu dan kalor. Penelitian mengunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan penekanan pada
kajian-kajian kritis dan interpretatif tanpa mengabaikan telaah unsur-unsur empiriknya. Penelitian ini
dilakukan pada bulan April sampai Mei tahun 2012 secara berkesinambungan. Pengumpulan data dengan
menggunakan tes soal pilihan ganda beragumem yang diberikan kepada 30 siswa kelas X di SMA
Pembangunan V Yapis Waena dan wawancara 1 orang guru dan 3 orang siswa yang terpilih secara
purposive sesuai tingkatan prestasi tinggi,sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemahaman Siswa pada konsep suhu dan kalor masih lemah. Pemahaman konsep siswa kelas X untuk
siswa tingkatan kelas tinggi pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (50%). Sedangkan untuk
konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor
siswa paham hanya (33.33%). Kemudian untuk siswa tingkatan kelas sedang pada konsep suhu dan
pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham
hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor siswa paham hanya (16.67%). Kemudian untuk
siswa tingkatan kelas rendah pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan
untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Untuk konsep perpindahan kalor
siswa paham hanya (0%)
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hotangi, Br, L dkk. 2010. Pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa oleh
Prosiding Seminar Nasional Fisika. Jurnal pembelajaran berbasis fenomena.
Liliasari. (1996). Beberapa pola berpikir dalam pembentukan pengetahuan kimia oleh siswa SMA.
Disertasi PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.
Loblar,IP. 2011. Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Skripsi Pendidikan
Fisika. Jayapura: Uncen
Marthen Kanginan. 2007. Fisika Untuk SMA Kelas X Semester 2. Jakarta: Erlangga
Marimin. 2009. Pengaruh Faktor Interen dan Faktor Eksteren Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 4. Halaman 267
Nugroho, Setiawan, Liliasari. 2010. Struktur Konsep Mahasiswa Calon Guru Tentang Medan
Elekrostatik berdasarkan Analisa Framing. Jurnal Pendidikan Vol.6 halaman 18
Risamasu.P.2011. Model Belajar Kontruktivisme Pada Pengajaran Fisika Dasar II Untuk
Mengubah Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal pandidikan
dan pengajaran, Volume 9 No.1 Jayapura: Uncen
Ridwan, E.2010. Kemampuan Fisika Indonesia Dalam TIMSS.Prosiding Seminar Nasional Fisika
Slavin,R. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kedelapan, Jilid 1. Jakarta:
PT.indeks
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Alfabeta
Sumatera U, U. 2010. Persepsi terhadap iklim kelas dengan motivasi belajar mata pelajaran fisika
pada siswa SMA Negeri 1 Berastagi. Jurnal Hubungan.
Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo
Wijayanti, Mosik, Hindarto. 2010. Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan
Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6, Halaman 48
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .