PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI YAPPI PLALAR: MENUJU PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN RELEVANSI PEMBELAJARAN

Penulis

  • Muhamad Mahali Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.765

Kata Kunci:

Problematika Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) YAPPI PLALAR, dengan tujuan mendapatkan wawasan mendalam tentang problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala, seperti perbedaan kemampuan dan pemahaman peserta didik, alokasi waktu yang terbatas, dan kurangnya fasilitas dan sarana prasarana, khususnya proyektor. Dalam pembelajaran, guru menggunakan metode klasik seperti ceramah dan menekankan diskusi. Meskipun guru menciptakan kesan positif dengan cerita sejarah, perbedaan kemampuan peserta didik tetap menjadi tantangan. Alokasi waktu yang terbatas dan fasilitas yang kurang memadai juga memengaruhi efektivitas pembelajaran. Solusi untuk meningkatkan pembelajaran SKI mencakup pengembangan metode yang lebih diversifikasi, optimalisasi waktu pembelajaran, peningkatan fasilitas, pengembangan materi yang menarik, dan pelibatan orang tua. Dengan menerapkan solusi ini, diharapkan pembelajaran SKI di MI YAPPI PLALAR dapat menjadi lebih efektif, relevan, dan mendukung perkembangan peserta didik dalam memahami sejarah kebudayaan Islam

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustyaningrum, N, dan P Pradanti. “Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?” Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 5, no. 1 (2022). https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/1440.

Ahmad, F, dan D Mustika. “Problematika guru dalam menerapkan media pada pembelajaran kelas rendah di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1056.

Al-Ihwanah, Al-Ihwanah. “Implementasi E-Learning Dalam Kegiatan Pembelajaran Pgmi Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam XI, no. 1 (27 Juni 2016): 76–91. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.102.

Basar, AM. “Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19:(Studi kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi).” Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021). https://edunesia.org/index.php/edu/article/view/112.

Citra, CA, dan B Rosy. “Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 2 (2020). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242.

Fadilla, AN, AS Relawati, dan ... “Problematika pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19.” Jurnal Jendela Pendidikan 1, no. 2 (2021). http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6.

Fitri, SFN. “Problematika kualitas pendidikan di indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148.

Hakim, L, dan A Haif. “Historiografi Indonesia: Melacak pengaruh Islam sebelum masa kolonial.” Majalah Ilmiah Tabuah Ta’limat, Budaya, Agama dan Humaniora, 2019. https://www.rjfahuinib.org/index.php/tabuah/article/view/243.

Hasmar, AH. “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.” Jurnal MUDARRISUNA 10, no. 1 (2020). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/6789.

Istiqomah, N, dan L Lisdawati. “Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah.” IQRO: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2023): 85–106.

Mansir, F, H Purnomo, dan T Tumin. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sains Budaya Lokal Di Sekolah Dan Madrasah.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 7, no. 1 (2020). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2448425&val=23380&title=PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20BERBASIS%20SAINS%20BUDAYA%20LOKAL%20DI%20SEKOLAH%20DAN%20MADRASAH.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar dan Pembelajaran.” FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 03, no. 2 (2017).

Prihatin, Y, dan RH Sari. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2254210&val=13365&title=Problematika%20Pembelajaran%20Bahasa%20Indonesia%20di%20Era%20Pandemi%20Covid-19.

Putri, RDP, dan S Suyadi. “Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1442.

Rasyid, Abdul. “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi.” Scolae: Journal of Pedagogy 1, no. 1 (6 Agustus 2018): 13–25. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.8.

Rifriyanti, E. “Variasi Metode Pembelaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 1–10.

Salirawati, D. “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 4, no. 1 (2021). https://ejournal.uksw.edu/juses/article/view/4384.

Sari, N. “Problematika pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan.” Journal of Education and Teaching Learning (JETL) 2, no. 3 (2020). https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jetl/article/view/67.

Syurgawi, A., dan M. Yusuf. “Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Maharot: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2020). https://www.ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/433.

Zaid, Muhammad Idris Maas, dan Fajar Dwi Mukti. “Implementasi Konsep Kepemimpinan Demokratis di MI Muhammadiyah Lemahdadi.” ABDAU : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (2019): 231.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-07

Cara Mengutip

Mahali, M. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI YAPPI PLALAR: MENUJU PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN RELEVANSI PEMBELAJARAN. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), 103-115. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.765