MANAJEMEN SUMBER DAYA MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN BANDAR MATARAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.653

Keywords:

Kualitas Pendidikan, Madrasah Ibtida’iyah, Manajemen, Sumber Daya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Manajemen Sumber Daya Madrasah dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Bandar Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Terbanggi Ilir, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada enam bidang tata kelola madrasah yang telah dilakukan. Sebagai madrasah dalam upaya peningkatkan potensi siswa, yakni madrasah telah menginisiasi program Program "Apel Pagi" dan Ngaji Pagi. Layanan perpustakaan dan informasi madrasah telah dikemas dalam digitalisasi perpustakaan dan penggunaan website madrasah. Untuk meningkatkan kualitas madrasah, perlu dilakukan upaya penggalangan dana dari yayasan agar program-program strategis kesiswaan dan upaya peningkatan kompetensi guru dapat berjalan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Rasma, Ujang Nurjaman, dan Faiz Karim Fatkhulloh. “Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi Di Lembaga Pendidikan Islam.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16, no. 3 (27 Maret 2022): 936–50. https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.973.

Alim, Nur, Syamsuddin Syamsuddin, dan Sitti Nurhalimah. “Role Model Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Prestasi di Madrasah Aliyah.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13, no. 3 (12 Desember 2021): 2011–20. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1081.

Aprianto, Aprianto, Mahyudin Ritonga, Yoni Marlius, dan Raihan Nusyur. “The Influence of Using Audio-lingual Method on Students’ Speaking Skill in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyyah.” Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 3, no. 2 (31 Agustus 2020): 147–60. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i2.12514.

Arifa, Bella Nur. “PELAKSANAAN MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MUKHLISIN.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5, no. 2 (31 Desember 2020): 167–76. https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5740.

Delanda, Puja Dwi, Sermal Sermal, dan Usdarisman Usdarisman. “MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIK.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (10 Desember 2021). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v3i1.3773.

Fauzi, Ahmad, Hefniy, Hasan Baharun, Akmal Mundiri, Umar Manshur, dan Musolli. “E-Learning in Pesantren: Learning Transformation based on the Value of Pesantren.” Journal of Physics: Conference Series 1114 (November 2018): 012062. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012062.

Firdaus, Kamal, Setiyo Hartoto, Agus Hariyanto, Irmantara Subagya, Nikmatullaili Nikmatullaili, Deby Tri Mario, dan Zulbahri Zulbahri. “Evaluation of Several Factors That Affect the Learning Outcomes of Physical Education.” International Journal of Human Movement and Sports Sciences 11, no. 1 (Februari 2023): 27–36. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110104.

Fiteriani, Ida, Happy Komikesari, Yulia Sabita, Baharudin, Henita Rahmayanti, Ilmi Zajuli Ichsan, dan Maricar H. Sison. “E-Modules with flip builder based on natural science process skills for Islamic elementary school students (Madrasah Ibtidaiyah),” 040013. Antofagasta, Chile, 2023. https://doi.org/10.1063/5.0141398.

Hasnadi, Hasnadi. “MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN.” BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN, 2021, 153–64. https://doi.org/10.47498/bidayah.v12i2.728.

Kamilati, Nurul, Sutrisno Sutrisno, dan Yosaphat Sumardi. “Developing the Character of Learning Community at Madrasah Tsanawiyah in Bantul Yogyakarta: Islamic Education in Nusantara Perspective.” ADDIN 13, no. 1 (1 Februari 2019): 1–34. https://doi.org/10.21043/addin.v13i1.5414.

Kurniawan, Muhammad Nur, dan Syahrani Syahrani. “PENGADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN.” ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION 1, no. 1 (2021): 69–78.

Mahsusi, Mahsusi, Syihaabul Hudaa, Nuryani Nuryani, Ahmad Bahtiar, dan Makyun Subuki. “Integrated Application-Based Digital Learning Technology in Successful Learning Activities During the Pandemic.” Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS) 4, no. 2 (5 Juni 2023): 633–43. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i2.1449.

Mansur, Budi. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Menengah.” Al-Amin Journal: Educational and Social Studies 5, no. 1 (11 Juni 2020): 14–37.

Mogra, Imran. “Religious Education at Crossroads in the United Kingdom: Muslim Responses to Registration, Regulation and Inspection.” Journal of Muslim Minority Affairs 38, no. 2 (3 April 2018): 198–217. https://doi.org/10.1080/13602004.2018.1475623.

Mukti, Fajar Dwi. “Development of Educational Game-Based Learning Media in Natural Science Subjects at Madrasah Ibtidaiyah Jayapura.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2022): 81–94. https://doi.org/10.21093/sajie.v5i1.5512.

Mulyasa, Enco. “REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN UNTUK MEREVITALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DAN MENUMBUHKEMBANGKAN WAWASAN KEBANGSAAN.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 7 Desember 2017. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1330.

Munawaroh, Diah Ambarumi, Ali Imrona, Muhammad Noor Ahsin, Moh Fauziddin, Noor Miyono, Nanda Saputra, dan Ridayani. “The Environment as a Medium of Original Ideas for Young Researchers in Self-Determined Learning.” International Journal of Innovative Research and Scientific Studies 5, no. 4 (15 November 2022): 400–408. https://doi.org/10.53894/ijirss.v5i4.960.

Muzaini, M Choirul, dan Nurul Fadhilah. “Strategi Contekstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum.” Attractive : Innovative Education Journal 4, no. 3 (25 Oktober 2022): 265–76. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i3.498.

Muzaini, M. Choirul, dan Ichsan Ichsan. “Implementasi Nilai Humanisme dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 2 (26 Januari 2023): 329–38. https://doi.org/10.5281/zenodo.7572953.

Muzaini, M. Choirul, dan Anis Mahmudah. “PENDEKATAN KETAULADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.” WANIAMBEY: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (30 Juni 2023): 14–36. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.492.

Muzaini, M. Choirul, Muhammad Najib, Anis Mahmudah, dan Ani Khoirotun Nisa. “Implemantasi Metode Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Pionir: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (7 April 2023). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17573.

Muzaini, M. Choirul, Rizky Rahayu, Vega Bintang Rizky, Muhammad Najib, Muhamad Supriadi, dan Andi Prastowo. “Organisasi Integrated Curriculum Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill Di Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy 10, no. 2 (7 April 2023): 598–612. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7369.

Muzaini, M. Choirul, dan Umi Salamah. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 9, no. 1 (18 Juni 2023): 82–99. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.574.

Muzaini, M. Choirul, Maya Sarita, dan Sedya Santosa. “Integrasi Keilmuan Islam Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Akhlak Generasi Emas.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 12 (25 Juni 2023): 279–91. https://doi.org/10.5281/zenodo.8078786.

Nasution, M. Rafiquddin. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SDN 135564 Kota Tanjungbalai.” ALACRITY : Journal of Education, 13 Februari 2021, 26–32.

Putri, Amalia Islamiati, M. Choirul Muzaini, Muhamad Supriadi, dan Sabarudin. “Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Perspektif Kepemimpinan Transformatif Terhadap Kinerja Guru Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (5 Juni 2023): 2066–84. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7918.

Raihani, Raihani, dan Della Nurindah Sari. “The Narratives of Citizenship Education Teachers in Indonesian Islamic Schools.” Citizenship Teaching & Learning 18, no. 1 (1 Maret 2023): 101–18. https://doi.org/10.1386/ctl_00112_1.

Sandela, Maivia. “MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DI SDIT SA’ADIAH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK.” al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 2 (22 Oktober 2019): 155–66. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1674.

Setyaningsih, Wahyu, Ika Yudianti, dan Herawati Mansur. “Perceived susceptibility, barriers, and cues to action as determinant factors of reproductive health behavior.” International Journal of Public Health Science (IJPHS) 11, no. 3 (1 September 2022): 884. https://doi.org/10.11591/ijphs.v11i3.21576.

Shobri, Muwafiqus, Farahiyatin Nisa’, dan Jamaliyah Firdaus. “Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru Di Madrasah Idtidaiyah.” Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 4, no. 2 (14 Oktober 2022): 12–22. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.30.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sumarno, Sumarno, Gimin Gimin, Universitas Riau, Indonesia, gimin@lecturer.unri.ac.id, Eddy Noviana, dan Universitas Riau, Indonesia, eddy.noviana@lecturer.unri.ac.id. “The Comparison Analysis of Teacher’s Learning Effectiveness in Realizing Entrepreneurship Skills of Students.” International Journal of Instruction 16, no. 2 (1 April 2023): 679–702. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16236a.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusmedia, 2003.

Waruwu, Nurdelima, Mohammad Sofwan Effendi, Sukro Muhab, dan Aan Komariah. “Authentic Leadership and Human Resource Practice for Competitive Advantage in Private Madrasas in Indonesian Context.” Journal of Educational and Social Research 12, no. 4 (5 Juli 2022): 267. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0112.

Wati, Fatma, Siti Kabariah, dan Adiyono Adiyono. “PENERAPAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH.” ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION 2, no. 4 (16 Desember 2022): 627–35.

Widyadara, Mega. “MODEL GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN HUBUNGAN REKAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA SDM.” Masters, Universitas Islam Sultan Agung, 2019. https://doi.org/10/Bab%204.pdf.

Yanti, Destriyanti. “Sosialisasi Persepsi Orang Tua dalam Upaya Pengembangan Keperibadian Anak Usia Dini.” Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal Of Islamic Studies 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.55171/jad.v6i1.300.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Muzaini, M. C. ., & Fadhilah, N. . (2023). MANAJEMEN SUMBER DAYA MADRASAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN BANDAR MATARAM. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), 116-135. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.653