POLA PEMBIASAAN KARAKTER SISWA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.445Kata Kunci:
Karakter, Siswa, KebersihanAbstrak
Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, apalagi dalam hal kemandirian. Hal ini disebabkan oleh pola asuh orang tua yang berbeda-beda. Pada zaman yang sudah maju ini banyak ditemukan masalah seputar kemandirian salah satunya dalam menjaga kebersihan. Banyak anak zaman sekarang malas untuk menjaga kebersihan dikarenakan sibuk bermain smartphone. Padahal menjaga kebersihan itu sangat penting karena berhubungan dengan kesehatan. Lingkungan yang kotor terdapat banyak penyakit di dalamnya sedangkan lingkungan yang bersih sebaliknya. Untuk itu sangat penting agar kita menerapkan pembiasaan karakter dalam menjaga kebersihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pembiasaan karakter siswa dalam menjaga kebersihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Pontianak dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pola pembiasaan karakter pada siswa dalam menjaga kebersihan sudah cukup baik. Akan tetapi, masih ada beberapa siswa yang belum terbiasa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
Unduhan
Referensi
Al-Fatih, Muhammad, Puspita Dewi, Indah Wahyuni, Dea Anisha, and Chandra Winata. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat.” Journal Analytica Islamica, Vol. 11, No. 1 (2022).
Alfin, Jauharoti. Prosiding Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendididak Islam, Vol. 1. Surabaya, 2014.
Amrullah, Fairuzzabadi, and Mohamad Joko Susilo. “Identifikasi Sarana dan Prasarana Pendukung Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri Kota Yogyakarta.” In Symposium of Biology Education (Symbion) Vol. 2, 2019.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metode Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Astuti, Septika Dwi. “Untuk Memenuhi Tuntutan Tersebut, Guru Perlu Memahami Karaketeristik Siswanya.” Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Sebagai Dasar Pengembangan Strategi Pembelajaran oleh Guru (2017).
Budiatman, Ino, and Dadang Kurnia. “Pola Manajemen Dalam Membangun Sekolah Ramah Lingkungan.” Jurnal Basicedu Vol. 5, no. 3 (May 3, 2021).
Chamidah, Nur. “Implementasi Konsep Madrasah Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus Di MAN Purworejo).” Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial Vol. 4, no. 1 (2020).
Febriani, Novisa, Ermina Istiqomah, and Meydisa Utami Tanau. “Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Perilaku Pro-lingkungan pada Karyawan QHSE PT. Adaro Indonesia.” Jurnal Kognisia Vol. 3, no. 1 (2020).
Ismail, Ismail, Anna Permanasari, and Wawan Setiawan.“Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Dengan Perbedaan Gender.”Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol. 2, no. 2 (2016).
Karim, Abdul. Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan: Pendekatan Manajemen Partisipatif. Arti Bumi Intaran, 2020.
Khalifatul Ulya, “Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota,” ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1, no. 1 (30 Januari 2020).
Mansur, Ali, and Ridwan Ridwan. “Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling.” Educatio 17, no. 1 (2022).
Maryati, Indang. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Remaja di Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.” JPMIS, 2013.
Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan Vol. 3, no. 01 (2018).
Nugraha, Fiqri, Anna Permanasari, and Indarini Dwi Pursitasari. “Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor.”Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 5, no. 1 (2021).
Reindrawati, D. Y. “Pembiasaan Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini (Pengabdian Pada Murid TK Bintang Kecil Surabaya).” Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2, no. 1 (2020).
Rusdina, A. “Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan Yang Bertanggung Jawab.” Jurnal Istek. Vol. 9, no. 2 (2015).
Saefatu, Meyrlin, and Yusuf Tanaem. “Pendidikan Kristiani Tentang Lingkungan Hidup Yang Berorientasi Pada Transformasi Sosial Bagi Anak dI GMIT Imanuel Noebesa.”Discreet: Journal Didache of Christian Education Vol. 1, no. 1 (2021).
Sigit, Diana Vivanti, Ernawati Ernawati, and Mariatul Qibtiah. “Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan Pada Siswa SMAN 6 Tangerang.” Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi 10, no. 2 (2017).
Ulya, Khalifatul, “Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota,” ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1, no. 1 (30 Januari 2020).
Wiranata, I Gusti Lanang Agung. “Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, no. 1 (2020).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Zulkipli Lessy, Siti Aisyah, Wulandari Wulandari, Farhil Husaini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .