IMPLEMENTASI KARATER DISIPLIN MELALUI KULTUR SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • fadyatus zahra UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i1.424

Kata Kunci:

IMPLEMENTASI, DISIPLIN, KULTUR SEKOLAH

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana implementasi disiplin, Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. metode penelitian ini analisis kajian pustaka (literature research) melalui akumulasi data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya ditelaah dan digali melalui berbagai informasi kepustakaan melalui (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah diterapkan melalui pembiasaan nilai-nilai karakter yang ada, Implementasi karkter disiplin melaluai kultur sekolah dapat dilakukan melalui peraturan atau tata tertib sekolah, dan penerapan disiplin melalui budaya sekolah dilakukan melalui kultur keagamaan, kultur kerja, kultur kesopanan dan kultur bersih.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anom, I Putu Gede. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATERI METODE ILMIAH.” Journal of Education Action Research 5, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062.

Atnawi, Atnawi. “PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN MURTAJIH PAMEKASAN.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 6, no. 2 (2019): 1–10. https://doi.org/10.31102/alulum.6.2.2019.1-10.

Awaliah, Putri, Damanhuri Damanhuri, dan Ikman Nurahman. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD NEGERI KALIASIN III.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 3 (2021): 634–634. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8101.

Dasar, D I Sekolah. “Key Words” 2, no. 2 (2021): 41–46.

Digital, Era. “ Peran Pendidikan Berkebudayaan dalam Meningkatkan Karakter Anak, 2019.

Imroatul Ajizah. “Urgensi teknologi pendidikan: analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0.” … : Jurnal Pendidikan Dan …, 2021. https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/93.

Irwani, Teuku. “PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH.” Jurnal Sosial Humaniora Sigli 3, no. 2 (2020): 171–79. https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.317.

Istiqlalia, N. “Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series 3, no. 4 (2021): 463–463. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53386.

Kurniawan, Khoiruzzaim. “Pengaruh Kedisiplinan Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MI se-Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 52–65. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i2.26.

Mawardi, Dalmeri, dan Individual Social. “PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER ( Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character ),” no. January (2016).

Nurcahyo, Lintang, Martadi Martadi, dan I Nyoman Lodra. “Visual Characteristics of Drawings from Students in Lower Grades of Elementary School.” JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran) 29, no. 1 (2022): 14–21. https://doi.org/10.17977/um047v29i12022p014.

Pasaribu, Risnawati. “PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.66.

Pendidikan, Jurnal, Abstrak Penelitian, S D N Gayamsari, S D N Gayamsari, S D N Gayamsari, dan Kata Kunci. “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEDISIPLINAN SISWA Septi Wahyu Utami Universitas PGRI Semarang” 04 (2019): 63–66.

Rif, Dian, Fakultas Tarbiyah, Iain Pekalongan, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, dan Iain Pekalongan. “Al-Mafahim : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah” 4 (2020): 1–10.

Sarjo, Sarjo. “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SEPONTI.” Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan 4, no. 2 (2020): 116–116. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43112.

Sobri, Muhammad, Arif Widodo, dan Deni Sutisna. “Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah” 6, no. 1 (2019): 61–71.

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sukmawati. “Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Sikap Disiplin Siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar,” 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/rqkcn.

Sunarsih, Sunarsih, Desvira Zain, dan Sulaiman Sulaiman. “Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.” Eksos 17, no. 1 (2021): 29–48. https://doi.org/10.31573/eksos.v17i1.270.

wahyuni, Sri. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar,” 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/c9gfb.

Yusuf, Munir. “Pengantar Ilmu Pendidikan.” Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018, 126.

Zefanya, Farel. “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 3, no. 2 (2018): 135–135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2772.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

zahra, fadyatus. (2022). IMPLEMENTASI KARATER DISIPLIN MELALUI KULTUR SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(1), 43-51. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i1.424