PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA

Authors

  • Nanda Septiana

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.56

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Small Group Work, Hasil Belajar Tematik

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada: ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasi dengan teknik pengempulan data melalui angket, observasi, interview (wawancara), dan dokomentasi serta analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil tidak memiliki pengaruh bahwa sebelum dilakukan strategi pembelajaran small group work, siswa kelas V 30% hasil belajar tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan setelah penerapan strategi pembelajaran small group work 32% yang tidak mencapai KKM. Sebagaimana hasil dari analisis data yang diperoleh bahwa pertama, tidak ada pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja (yakni 0,26) lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N=28 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh sebesar 0,374 dan di dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,478, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan penulis menyatakan tidak ada pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil “tidak diterima”. Kedua, besar pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil adalah rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,26 berada pada interval koefisien 0,20 – 0,399

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid. “Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017. https://batupusaka.bantenprov.go.id/.

Alkhuzaefi, Lutfi. “Efektivitas Pembelajaran Bagi Siswa SDN 02 Cibarusah Kota Melalui Metode Online.” Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah 4, no. 1 (2020): 57–57. https://doi.org/10.32832/komunika.v4i1.4896.

ARIKUNTO, Suharsini. “Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik.” Jakarta: Rineka cipta, 2006.

Boy, La. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Penilaian Kinerja Berbasis Rubrik terhadap Hasil Belajar Siswa.” Al-TA’DIB 12, no. 2 (2020): 191–191. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1163.

HAMZAH B. UNO. MODEL PEMBELAJARAN; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: BUMI AKSARA, 2015.

Majid, Abdul. “Pembelajaran tematik terpadu.” Bandung : Remaja Rosdakarya, 2014, t.t. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=873280.

Mayanto, Akis, Zulfikar Zulfikar, dan Ahmad Faisal. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 2, no. 1 (2020): 69–78. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251.

MULIAH, SRI. “Penerapan Metode Pembelajaran Modeling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa V Sekolah Dasar.” Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak 5, no. 3 (2020): 374–80. https://doi.org/10.37530/edu.v5i3.122.

Naim, Zulfa Ainun, dan Moh. Djazari. “PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 17, no. 1 (2019): 127–44. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26517.

PUTRA, ALPIDSYAH. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD.” Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2359.

Quran.com. “Surah An-Nahl - 1-128,” t.t. https://quran.com/an-nahl.

Rahmawati, Ratih, dan Edi Suryadi. “Kreativitas Mengajar Guru dan Komunikasi Interaksional Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 2 (2019): 190–190. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18014.

Rohmawati, Lutfi. “PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.” SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora 6, no. 2 (2020): 19–31. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i2.13.

Supriani, Yani. “Pengaruh Experiential Learning dan Kreativitas Siswa SDN Pelamunan Kabupaten Serang Terhadap Hasil Belajar Matematika.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2018): 74–74. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.638.

W., Sri Anitah. Strategi Pembelajaran di SD. 1 ed. Universitas Terbuka, 2009.

Yuwanita, Ika, Happy Indira Dewi, dan Dirgantara Wicaksono. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA.” Instruksional 1, no. 2 (2020): 152–152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Septiana, N. . . (2021). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(1), 51-71. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.56