FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR

Authors

  • Ika Putra Viratama IAIN Fattahul Muluk Papua

Keywords:

pemahaman siswa konsep, suhu, kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman Siswa pada konsep
suhu dan kalor. Penelitian mengunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan penekanan pada
kajian-kajian kritis dan interpretatif tanpa mengabaikan telaah unsur-unsur empiriknya. Penelitian ini
dilakukan pada bulan April sampai Mei tahun 2012 secara berkesinambungan. Pengumpulan data dengan
menggunakan tes soal pilihan ganda beragumem yang diberikan kepada 30 siswa kelas X di SMA
Pembangunan V Yapis Waena dan wawancara 1 orang guru dan 3 orang siswa yang terpilih secara
purposive sesuai tingkatan prestasi tinggi,sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemahaman Siswa pada konsep suhu dan kalor masih lemah. Pemahaman konsep siswa kelas X untuk
siswa tingkatan kelas tinggi pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (50%). Sedangkan untuk
konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor
siswa paham hanya (33.33%). Kemudian untuk siswa tingkatan kelas sedang pada konsep suhu dan
pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham
hanya (16.67%). Selajutnya untuk konsep perpindahan kalor siswa paham hanya (16.67%). Kemudian untuk
siswa tingkatan kelas rendah pada konsep suhu dan pemuaian siswa paham hanya (33.33%). Sedangkan
untuk konsep kalor dan perubahannya siswa paham hanya (16.67%). Untuk konsep perpindahan kalor
siswa paham hanya (0%)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hotangi, Br, L dkk. 2010. Pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa oleh

Prosiding Seminar Nasional Fisika. Jurnal pembelajaran berbasis fenomena.

Liliasari. (1996). Beberapa pola berpikir dalam pembentukan pengetahuan kimia oleh siswa SMA.

Disertasi PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.

Loblar,IP. 2011. Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Skripsi Pendidikan

Fisika. Jayapura: Uncen

Marthen Kanginan. 2007. Fisika Untuk SMA Kelas X Semester 2. Jakarta: Erlangga

Marimin. 2009. Pengaruh Faktor Interen dan Faktor Eksteren Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 4. Halaman 267

Nugroho, Setiawan, Liliasari. 2010. Struktur Konsep Mahasiswa Calon Guru Tentang Medan

Elekrostatik berdasarkan Analisa Framing. Jurnal Pendidikan Vol.6 halaman 18

Risamasu.P.2011. Model Belajar Kontruktivisme Pada Pengajaran Fisika Dasar II Untuk

Mengubah Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal pandidikan

dan pengajaran, Volume 9 No.1 Jayapura: Uncen

Ridwan, E.2010. Kemampuan Fisika Indonesia Dalam TIMSS.Prosiding Seminar Nasional Fisika

Slavin,R. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kedelapan, Jilid 1. Jakarta:

PT.indeks

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Alfabeta

Sumatera U, U. 2010. Persepsi terhadap iklim kelas dengan motivasi belajar mata pelajaran fisika

pada siswa SMA Negeri 1 Berastagi. Jurnal Hubungan.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Wijayanti, Mosik, Hindarto. 2010. Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan

Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6, Halaman 48

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Viratama, I. P. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR. WANIAMBEY : Journal of Islamic Education, 1(1), 13-20. Retrieved from http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/waniambey/article/view/243