PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SDN ANGSANAH 1 PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.335Kata Kunci:
Kemampuan Menulis, Media Gambar, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keresahan bahwa selama ini, Bahasa Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang mudah akan tetapi, peserta didik masih sulit untuk memahaminya. dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran, berupa media pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Untuk mencari solusi permasalahan ini perlu adanya terobosan baru, salah satunya menggunakan media pembelajaran berupa media gambar. Penelitian ini dilakukan di SDN Angsanah 1 Palengaan Pamekasan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media pembelajaran yaitu Media Gambar. persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 16,67% sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61,1% meningkat lagi ketentusan siswa pada siklus II sebesar 88,89%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata siswa yaitu pada pra-siklus sebesar 48,33 meningkat 63,3 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 74,72. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan telah memenuhi indikator kaberhasilan.
Unduhan
Referensi
Afifah Alawia. “Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School 2, no. 2 (2019): 147–58.
Alfarisi, Muhammad. “ANALISIS PERSEPSI MAHASISWATERHADAP PENGUNAAN GOOGLE CLASSROOM METODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCED ANALYSIS (IPA).” JINTECH: Journal Of Information Technology 2, no. 1 (2022): 25–33. https://doi.org/10.22373/jintech.v2i1.1478.
Ardhianti, Fernandita. “Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.” Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1, no. 1 (2022): 5–8. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i1.95.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Deifan Permana, Dian Indihadi. “Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 1 (2018): 193–205.
Haddar, G Al, dan MA Juliano. “Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1512.
Hermanto, dan Mita Akbar Sukmarini. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 2 (2022): 52–58. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.28.
Hudri Achmad. “Penggunaan Media Gambar Pada Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram.” Jurnal Pendidikan Bahasa 1, no. 4 (2017): 41–47.
Inayatul Ummah, Muhamad Riyad Ariwibowo. “Augmented Reality Sebagai Media Pendukukung Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Augmented Reality as Learning Support Media for Covid-19 Pandemic.” Human Relations 3, no. 1 (2020): 1–8.
Kahfi, M, Y Ratnawati, dan W Setiawati. “Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu.” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2021. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1636.
Karjak. “Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Berita Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Konvergensi 5, no. 2 (2017): 37–54.
Satrianawati. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Setyawan, Bintoro, NFn Rufii, dan Ach. Noor Fatirul. “Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7, no. 1 (2019): 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.
Sri Satata, Devi Suswandari. Bahasa Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suhailah, F, M Muttaqin, dan I Suhada. “Articulate storyline: Sebuah pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi sel.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2021. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/3208.
Tatik Ariyati. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 8, no. 1 (2014): 50–59.
Tri Sutrisno. “Kesantunan Berbahasa di Pelabuhan Talango Kab. Sumenep: Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik.” Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4, no. 2 (2023): 290–308. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6746.
———. Konsep Dasar Bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatra Barat: Azka Pustaka, 2022.
Wina Sanjaya. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Medi Group, 2011.
Yunus Abidin, Tita Mulyati dan Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sain, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Tri Sutrisno, Ayu Rahmawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .