PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 28 KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1180Kata Kunci:
Peran orangtua, P5, Kurikulum merdekaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan kegiatan proyek pemantapan profil siswa Pancasila di SDN 28 Kota Bima. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kontribusi orang tua dalam pembentukan karakter siswa terkait nilai-nilai Pancasila. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap beberapa orang tua yang terlibat aktif dalam proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan efektivitas pelaksanaan proyek pemantapan profil siswa Pancasila. Secara umum, orang tua berfungsi sebagai pendukung utama dalam pemantapan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada anak-anaknya. Dukungan moral, motivasi, dan pengawasan yang diberikan orang tua memiliki dampak positif yang signifikan dalam pembentukan karakter anak. Dalam konteks pembelajaran nilai-nilai Pancasila, orang tua juga berperan sebagai mitra edukatif yang turut mengawasi dan mendukung kegiatan anak di rumah. Dengan menyediakan lingkungan yang kondusif, orang tua dapat mendorong anak untuk lebih aktif dan bersemangat dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari dukungan orang tua terhadap kegiatan ekstrakurikuler, memanfaatkan waktu luang untuk berdiskusi dan membaca buku-buku yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila. Namun demikian, tantangan juga muncul dalam peran orang tua, seperti kesibukan bekerja sehingga terbatasnya waktu untuk terlibat aktif dalam kegiatan proyek, keterbatasan ekonomi, dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya pembentukan karakter Pancasila.
Unduhan
Referensi
Asiati, Seni, and Uswatun Hasanah. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 19, no. 2 (2022): 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78.
Azzahra, A L, A Kholwa, H Al Fikri, and ... “Analisis Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Dari KTSP 2006 Menjadi Kurikulum Merdeka.” … Studi Pendidikan Islam 19, no. 2 (2022): 119–30.
Ekawati, Diyan, Bukman Lian, and Mahasir. “Peran Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada SD Negeri 4 Koba Kabupaten Bangka.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, no. November (2022): 65–73.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Halimah Stephany Putrie, Moh. Aniq Khairul Basyar, and Mei Fita Asri Untari. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran P5 Peserta Didik Kelas Iv Sdn Bandungrejo 2 Kabupaten Demak.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 2472–86. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.933.
Hastiani, Hastiani, Hendra Sulistiawan, and Mudafiatun Isriyah. “Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).” Jurnal Pengabdian Multidisiplin 3, no. 1 (2023): 31–35. https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592.
Ilham, Hermansyah. “Pendidikan Moral Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Perspektif Al-Gazali Dan Implikasinya Pada Pembentukan Karakter Siswa.” KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 21, no. 2 (2023): 260–71.
Ilham, Ilham, Syahru Ramadhan, and Agus Salam. “Problem Pendidikan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Upaya Mengatasinya.” eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2022): 164–79. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1218.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Maharani, Annisa Intan, Isharoh, and Pramasheila Arinda Putri. “Program P5 Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat Dan Upayanya.” Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora 1, no. 2 (2023): 176–87.
Mukti, Fajar Dwi. “Development of Educational Game-Based Learning Media in Natural Science Subjects at Madrasah Ibtidaiyah Jayapura.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2022): 81–94. https://doi.org/10.21093/sajie.v5i1.5512.
———. “Development of Educational Game-Based Learning Media in Natural Science Subjects at Madrasah Ibtidaiyah Jayapura.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2022): 81–94. https://doi.org/10.21093/sajie.v5i1.5512.
———. “Transformation Of Education In Elementary Schools: Utilization Of Artificial Intelligence-Based Learning Media In The Digital Era.” DIRASATUL IBTIDAIYAH 3, no. 2 (December 24, 2023): 229–40. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i2.10200.
Pribadi, Reksa Adya, Nursyifa Fadilla Adieza Putri, and Tasya Putri Ramadhanti. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa (JIKMA) 1, no. 3 (2023): 54–68.
Rahmadayanti, Dewi, and Hartoyo Agung. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2022): 2247–55.
Ramadhan, Syahru, Fuaduddin Fuaduddin, Nurlidah Nurlidah, and Marhamatul Khairiyah. “Penerapan Teknik Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kolaborasi Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii Mis Sambi Nae Kota Bima.” AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2023): 61–76. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v3i1.520.
Santoso, R, and W Utami. “Peran Komite Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 10 (2023): 502–15.
Sekali, Pelista Karo, Jainab, and Srie Faizah Lisnasari. “Peran Orang Tua Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital (JUPED) 2, no. 2 (2023): 10–21.
Sri Jamilah, Meli Muliati, Ade S.Anhar, Masita. “Penanaman Karakter Positif Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita, Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini.” 5, no. July (2020): 1–23.
Yanti, Evi, Munawar. “Pelibatan Orang Tua Dalam Kurikulum Merdeka.” Prosiding Seminar Nasional Bangkitkan Pendidikan, Teknologi, Dan Kesehatan Lebih Cepat, Untuk Indonesia Lebih Kuat, 2022, 50–66.
Yuzianah, Dita, Prasetiyo Budi Darmono, Supriyono Supriyono, and Heru Kurniawan. “Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd.” Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2023): 10–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1069.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mar’atun Sholihah, Abdussahid Abdussahid, Ade S. Anhar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .