PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA PRODI PGSD UNIVERSITAS YAPIS PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i1.321Kata Kunci:
Google Classroom, Motivation, StudyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar 18 mahasiswa jurusan PGSD Universitas Yapis Papua. Jenis penelitian ini adalah expo-facto dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase akhir kuesioner sebesar 83,27%. Selanjutnya motivasi belajar siswa juga menunjukkan kategori tinggi dengan persentase akhir angket sebesar 82,26%. Sedangkan perolehan tcount 6,479 > ttable 1,746 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, R, SM Amin, M Ibrahim, dan S Hartatik. “Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik melalui E-LKPD dengan bantuan aplikasi Google Meet.” Jurnal Basicedu, 2021. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1339.
Cao, X. “COVID-19: immunopathology and its implications for therapy.” Nature reviews immunology, 2020. https://www.nature.com/articles/s41577-020-0308-3.
Daniel, SJ. “Education and the COVID-19 pandemic.” Prospects, 2020. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3.
Denilasari, N. “Pengaruh Penggunaan Google Classrom terhadap Respon Siswa sebagai Media Pembelajaran,” 2018.
Fauci, AS, HC Lane, dan RR Redfield. “Covid-19—navigating the uncharted.” New England Journal of …, 2020. https://doi.org/10.1056/nejme2002387.
Hanifah, Wanda, dan K.Y.S. Putri. “Efektivitas Komunikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018.” Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2 (2020).
Iba, T, JH Levy, JM Connors, TE Warkentin, dan ... “The unique characteristics of COVID-19 coagulopathy.” Critical Care, 2020. https://doi.org/10.1186/s13054-020-03077-0.
Karwati, Euis, dan Donni Juni Priansa. “Manajemen kelas (Classroom management) : Guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi / Euis Karwati, Donni Juni Priansa ; editor: H. Rismi Somad, Ai Kasmanah | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.” Diakses 5 Maret 2023. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22760.
Koesmawardhani, Nograhany Widhi. “Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020.” Diakses 5 Maret 2023. https://news.detik.com/berita/d-4942327/pemerintah-tetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020.
Le, TT, Z Andreadakis, A Kumar, RG Román, dan ... “The COVID-19 vaccine development landscape.” Nature Reviews Drug Discovery, 2020. https://www.nature.com/articles/d41573-020-00073-5.
Mulawarman, Widyatmike Gede. “Persoalan Dosen Dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1 (30 Mei 2020): 37–46.
Rigianti, Henry Aditia. “KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7, no. 2 (1 Juli 2020). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Riyana, C. “Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online – Perpustakaan UT,” 2019. https://pustaka.ut.ac.id/lib/tpen4401-produksi-bahan-pembelajaran-berbasis-online-2/.
Sari, Dhian Marita. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 144–69. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2009.
Sutrisna, Deden. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM.” FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 13, no. 2 (28 Oktober 2018). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544.
Velavan, TP, dan CG Meyer. “The COVID‐19 epidemic.” Tropical medicine & international health, 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7169770/.
Wahyuillahi, Nurul Izzah, Imam Nawawi, dan Putri Mahanani. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar pada Muatan PKn Kelas V SD.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 1, no. 7 (2021): 597–604. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p597-604.
Yang, L, S Liu, J Liu, Z Zhang, X Wan, dan ... “COVID-19: immunopathogenesis and Immunotherapeutics.” Signal transduction and …, 2020. https://www.nature.com/articles/s41392-020-00243-2.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Luluk Wahyu Nengsih, Tri Kurniah Lestari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .