Analisis Implementasi Akad Salam Pada Perusahaan Hope Apparel Clothing Di Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.53491/oikonomika.v2i2.143Keywords:
Akad salam, e-bisnis, perusahaan lokalAbstract
Akad salam pada zaman modern telah diimplementasikan dengan cara yang berbeda, yakni menggunakan sistem online atau berbasis dalam jaringan. Banyak perusahaan yang menerapkan akad ini, namun masih belum diketahui apakah akad salam tersebut telah dijalankan sesuai syariat Islam atau tidak. Salah satunya adalah perusahaan lokal yang bergerak di bidang pakaian dan mode yang bernama Hope Apparel&Clothing di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah perusahaan Hope Apparel&Clothing telah mengimplementasikan akad salam sesuai syariat Islam dengan benar meskipun hanya berbasis online. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengambilan informasi dengan studi pustaka dan wawancara narasumber yang bersangkutan. Dari penelitian ini diperoleh hasil yakni perusahaan Hope Apparel Clothing telah mengimplementasikan akad salam sesuai syariat dan rukunnya meskipun pelaksanaannya berbasis teknologi.
Downloads
References
Akbar, A., & Sucipto, M. C. (2018). Analisis Transaksi Akad Salam dalam Jual Beli Online. EKSISBANK, 2(2), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.37726/ee.v2i2.47
Al Zaabi, O. S. (2010). Salam Contract in Islamic Law: A Survey. Review of Islamic Economics, 14(2), 91–122. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1040.5771&rep=rep1&type=pdf
Djamil, F. (2012). Penerapan Hukum Perjanjian dalam Transaksi di Lembaga Keuangan Syariah. Sinar Grafika. https://onesearch.id/Record/IOS3504.libra-063402116000128
Fadhli, A. (2016). Tinjauan Hukum Islam terhadap Penerapan Akad As-Salam dalam Transaksi E-Commerce. Mazahib, 15(1), 1–19. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.21093/mj.v15i1.589
Falesta, D. G. (2021, October 2). Pemilik Usaha Hope Apparel&Clothing. Interview.
Haroen, N. (2007). Fiqih Muamalah. Gaya Media Pertama. https://onesearch.id/Record/IOS3354.slims-15345
Perwataatmadja, K., & Tanjung, H. (2007). Bank Syariah : Teori, Praktek dan Perannya. Transmedia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=434411
Ramunė, Č., & Giedrė, S. (2015). Theoretical Framework of E-Business Competitiveness. Procedia: Social and Behavioral Science, 213(1), 734–739. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.528
Widiana, & Annisa, A. A. (2017). Menilik Urgensi Penerapan Pembiayaan Akad Salam pada Bidang Pertanian di Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 88–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/muqtasid.v8i2.88-101
Zuhaily, W. (2011). Al-fiqh al-Islami wa Adillatuhu (5th ed.). Gema Insani. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=118843
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yassindya Salwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.