Kontestasi Start-up Ojek Online di Indonesia: Strategi Promosi Digital Gojek, Grab, Indriver, dan Maxim

Authors

  • Ghany Aulia Pratiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia
  • Raisa Majid Almakhsum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia
  • Ratna Dwi Setiyawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia
  • Andira Putri Farahdila Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Zaki Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v5i1.955

Keywords:

Kontestasi, Ojek Online, Strategi Promosi Digital

Abstract

Di era digital saat ini yang mana segalanya diinginkan secara cepat dan efektif. Adanya digitalisasi membuat bisnis jasa saat ini semakin berinovasi dan beragam. Tentunya telah berpengaruh pada meningkatnya permintaan dalam bidang transportasi. Gojek, Grab, InDriver dan Maxim merupakan bentuk pembaharuan transportasi yang hadir sebagai solusi hingga saat ini. Dengan adanya berbagai aplikasi ojek online yang semakin beragam menjadikan kontestasi aplikasi ojek online dalam melakukan strategi promosi digital kian meningkat. Gojek sebagai puncak klasemen dengan pengguna aplikasi tertinggi menjadi acuan dalam melakukan strategi promosi. Berbagai promosi dan iklan pada media digital yang ditawarkan dapat menjadikan daya tarik baik pada Gojek, Grab, InDriver, dan Maxim. Penelitian ini membahas tentang kontestasi antar aplikasi ojek online dalam melakukan strategi promosi digitalnya. Jurnal ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis yang dikenalkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

​​Amira, N. A., & Nio, S. R. (2021). Perbedaan Kepuasan Pelanggan Angkutan Kota dan Ojek Online di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 221–227.

​Amiruddin, M. (2019). Pola Komunikasi Driver Ojek Online Grabbike pada Pelayanan Customer di Kota Malang. In Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj (Vol. 03, Issue 02).

​Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember . Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesa , 137–156.

​Anggriana, R., Qomariah, N., Santoso, D. B., Uiversitas, F. E., & Jember, M. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER EFFECT OF PRICE, PROMOTION, QUALITY OF SERVICE ON CUSTOMER SATISFACTION SERVICE OJEK ONLINE “OM-JEK” JEMBER (Vol. 7, Issue 2). Desember Hal.

​Annur, C. (2023, June 14). Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Startup Terbanyak Dunia, Berapa Jumlahnya? Databoks Katadata .

​Ari, P. (2021, October 3). Pentingnya Digital Marketing Gojek di Masa Pandemi . Https://Kumparan.Com/Putri-Ari/Pentingnya-Digital-Marketing-Gojek-Di-Masa-Pandemi-1weEU4DSvMh.

​Artrisdyanti, R. O. (2023, May 12). Sampel Penelitian: Pengertian, Tujuan, dan Cara Menentukannya.

​Astuti, D. Y., Emi, S. H., Sunaini, Rahmawati, U., & Winarni. (2019). Analysis of the Effect of Maxim Application Service Quality on Customer Satisfaction. Research In Accounting Journal, 1(3), 412–419. http://journal.yrpipku.com/index.php/raj

​Berita terkini. (2022, October 5). Contoh Definisi Operasional dalam Penelitian dan Bedannya dengan Definisi Konsep. Kumparan.Com.

​Dzakiyyah, G., Amalia, I., Prodi, W. R., Ekonomi, I., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). Prosiding Ilmu Ekonomi Faktor-faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Indonesia dalam Memilih Moda Transportasi Online Kendaraan Roda Dua (Gojek dan Grab). 6(1).

​Fadhil. (2023, August 6). Membongkar Strategi Marketing Grab untuk Bersaing dengan Gojek.

​Faradilla A. (2023, September 27). Apa Itu Digital Marketing? Definisi, Manfaat, dan Strateginya. 7menit Dibaca.

​Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis , 1, 31–40.

​Gojek. (2023). Sebuah Perjalanan; Kenalan Lebih Dekat sama Sejarah Gojek dan Orang-Orang Dibaliknya. Https://Www.Gojek.Com/Id-Id/About/.

​Gojek Newsroom. (2023, February 28). Gojek Outlook 2023: Penegasan Strategi Gojek Perkuat Bisnis Berkelanjutan dan Dorong Capaian Grup GoTo . Https://Newsroom.Gojek.Com/Id-Id/News/Gojek-Outlook-2023-Penegasan-Strategi-Gojek-Perkuat-Bisnis-Berkelanjutan-Dan-Dorong-Capaian-Grup-Goto/.

​Hardiansyah, R., & Tricahyono, D. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Kesuksesan Start Up Digital di Kota Bandung. http://je.ejournal.unri.ac.id/

​Idris, M. (2022). Digital Marketing: Definisi, Jenis, Kelebihan, dan Contohnya.

​Irawansyah, A. K. (2023, August 4). Deretan Aplikasi Ojek Online Selain Grab dan Gojek, Apa Saja? Https://Economy.Okezone.Com/Read/2023/08/03/320/2857173/Deretan-Aplikasi-Ojek-Online-Selain-Grab-Dan-Gojek-Apa-Saja .

​Khumairoh, A. N., Andayani, S., & Novaria, R. (2018). Analisis Kelengkapan Aplikasi dan Pelayanan Terhadap Keunggulan Bersaing Go-jek (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 4(2).

​Miles, M. B. , H. A. M. , & S. J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE.

​Mufida, A., Wulandari, P., & Silvia, P. J. (2023). Jurnal Politikom Indonesiana: Persaingan Ojek Online Dengan Ojek Konvensional Terhadap Kepuasan Pelanggan Asyifa Mufida Pitaloka Wulandari Putri Jasmin Silvia. Ilmu Politik Dan Ilmu Komunikasi, 8(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana

​Navida, S. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR TAWAR PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE indriver TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KALANGAN MAHASISWA FISIP USU SKRIPSI (1).

​Rahmadani, D. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FITUR TAWARAN HARGA TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN TRANSPORTASI ONLINE INDRIRIVER DI KOTA PADANG.

​Ramadhayanti, Ana. (2020). Strategi Taktik Value dan Kode Promosi Terhadap Motivasi Pembelian Makanan Secara Online Melalui Grab. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(1), 8–17.

​Ria, D., Tb, Y., Aulia, N., & Kesehatan, I. (2021). START UP DIGITAL BUSINESS: MENGENAL PELUANG DAN TIPS BISNIS BAGI PARA PEMULA. In Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI (Vol. 3, Issue 2).

​Rizal, M. (2018). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GO-JEK INDONESIA PASCA KELUARNYA UBER DARI PASAR TRANSPORTASI DARING INDONESIA. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis

​Rozak, A. (2019, July 30). Survei Transportasi Online, KKI: Gojek Ungguli Grab. Gatra.Com.

​Sadya, Sarnita. (2022, December 8). Survei Indef: Gojek Pimpin Pasar Ojek Online di Indonesia. Https://Dataindonesia.Id/Varia/Detail/Survei-Indef-Gojek-Pimpin-Pasar-Ojek-Online-Di-Indonesia.

​Siagian, H. (2023, March 30). Mengenal Revolusi Industri 5.0. DJKN Kemenkeu.

​Simangunsong, J., Aprianingsih, A., & Magdalena, I. (2017). Understanding the Rejection Phenomena of Technology-Based Transportation New Entrant: A Case Study of go-Jek in Bandung. Journal of Engineering and Applied Science , 4367–4373.

​Sitorus, & Andreas, R. (2021). PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN inDRIVER.

​Sumargono, I., & Hidayattuloh, M. (2022). Strategi Iklan Grab Versi “Pilihan Aman.” Jurnal Desain, 9(2), 199–211.

​Tresnawati, . dan Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57.

​Vidyastuti, H. (2016). Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Transportasi Roda Dua dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing serta Pengaruhnya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Dharma Negara , I.

​Wardhana, A., & Harish, A. G. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PREFERENSI KONSUMEN GO-JEK DI KOTA JAKARTA. https://www.researchgate.net/publication/328677219

​Yolanda, I. N., Bakti, D. K., & Nugraha, P. (2023). STRATEGI MAXIM MENGEMBANGKAN TRANSPORTASI UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN DAN KENYAMANAN DI BANDAR LAMPUNG.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Pratiwi, G. A., Almakhsum, R. M., Setiyawati, R. D., Farahdila, A. P., & Zaki, A. (2024). Kontestasi Start-up Ojek Online di Indonesia: Strategi Promosi Digital Gojek, Grab, Indriver, dan Maxim . OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 5(1), 64-80. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v5i1.955