Etika Bisnis dalam Islam: Dampak dan Analisis Jual Beli Thrifting
Etika Bisnis dalam Islam: Dampak dan Analisis Jual Beli Thrifting
DOI:
https://doi.org/10.53491/oikonomika.v5i1.1176Keywords:
Islamic business ethics, buying and selling, impor thriftAbstract
Thrifting merupakan suatu aktivitas penghematan konsumsi suatu barang yang disematkan kepada barang-barang bekas impor. Praktik jual beli barang thrifting semakin menjamur di Indonesia akibat konsumsi masyarakat yang lebih mementingkan gaya hidup tanpa melihat berbagai dampak negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini berfokus mengkaji dampak dan analisis jual beli thrifting menurut etika bisnis dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui melalui metode studi pustaka dan dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari praktik jual beli thrifting di Indonesia adalah adanya kerugian yang dialami negara pengimpor, adanya kandungan thrifting yang berbahaya bagi kesehatan dan timbulnya kerusakan lingkungan. Jual beli thrifting impor dalam kajian ekonomi Islam juga dilarang akibat cideranya syarat sah jual beli dan melanggar etika bisnis islami. Barang thrifting merupakan barang ilegal sehingga tidak memenuhi ijab dan qabul, thrifting juga dapat membahayakan diri sendiri dan menimbulkan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa jual beli barang thrifting impor hanya dapat mendatangkan kemudharatan. Adapun solusi yang dapat diberikan pada praktek jual-beli thrifting adalah meningkatkan rasa cinta pada produk dalam negeri, pengadaan sosialisasi mengenai bahaya mengkonsumsi barang bekas, pemberian subsidi ekspor kepada industri tekstil dan produk tekstil, pemberian sanksi bagi penjual maupun pembeli produk thrifting melalui regulasi yang responsif dan afirmatif oleh pemerintah Indonesia.
Downloads
References
Adji, N. L., & Claretta, D. (2023). Fenomena Thrift Shop Dikalangan Remaja: Studi Fenomenologi tentang Thrift Shop di Kalangan Remaja Surabaya. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i1.2201
Agnesvy, F., & Iqbal, M. (2022). Penggunaan Trend Fashion Thrift Sebagai Konsep Diri Pada Remaja di Kota Bandung. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 254–271. https://doi.org/10.36080/ag.v10i2.1952
Arijanto, A. (2011). Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis. Raja Grafindo Persada.
As-Shiddieqy, H. (2001). Hukum-Hukum Fiqih Islam; Tinjauan Antara Madzhab. Pustaka Rizki Putra.
Bahtsul Masail. (2015). Bagaimana Hukum Jual Beli Barang yang Dilarang Pemerintah? Nuonline. https://islam.nu.or.id/bahtsul-masail/bagaimana-hukum-jual-beli-barang-yang-dilarang-pemerintah-aahUK
Chotimah, C. (2018). Jual Beli Online Bentuk Muamalah di Masa Modern. Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 1(2), 135–144. https://doi.org/10.33507/labatila.v2i02.80
Difarry, N. N., & Nurhasanah, N. (2022). Tinjauan Fikih Muamalah tentang Penerapan Khiyar ’Aib dalam Jual Beli Online Thrift Shop pada Toko X. Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS), 1(1), 1–8. https://doi.org/doi.org/10.20313/jrps.v1i1.735
Evelina, L. W., & Wibisono, M. R. S. (2021). Trend Milenial Menggunakan Second Branded Fashion Street Wear Sebagai Identitas Diri. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 6(2), 237–255. https://doi.org/10.36914/jikb.v6i2.519
Fatah, A., Sari, D. A. P., Irwanda, I. S., Kolen, L. I., & Agnesia, P. G. D. (2023). Pengaruh Larangan Impor Pakaian Bekas Terhadap Pengusaha Thrift. Jurnal Economina, 2(1), 285–292. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina
Firdiyanti, S. I. (2021). Problematika Akad Mu’awadlah: Kajian Hukum Islam Pemberian Cashback Pada Transaksi Jual-Beli Online (Studi Kasus Pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia). Eksyar: Jurnal Ekonomi Syariah, 08(02), 340–361. https://ejournal.staim.tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar
Firmansyah, M. J. (2023). Jokowi Larang Baju Bekas Impor, Mendag Akan Tindak Pengusaha Thrifting. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1703094/jokowi-larang-baju-bekas-impor-mendag-akan-tindak-pengusaha-thrifting
Fitrria, T. N., Kusuma, I. L., & Sumadi, S. (2022). The Phenomenon of Thrifting in State Law and Islamic Economic Perspektive: A Business of Second Branded Fashion Trends for Young People. JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2579–6534. https://doi.org/dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.4511
Ghilmansyah, R., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2022). Fenomena Thrifting Sebagai Gaya Hidup Milenial Bogor. Jurnal Nomosleca, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.29605/nomosleca.v8i1.6308
Hamdi, B. (2022). Prinsip Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah). Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1–15. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i1.10821
Ilmi, F., & Nurdin, M. (2017). Kontradiksi dan Karakteristik Akad Jual Beli Batu Bara terhadap Kerusakan Lingkungan (Analisis Fatwa Majelis Ulama Indonesia Banjarmasin). Journal of Islamic and Law Studies, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.18592/jils.v1i2.2612
Istisnah. (2015). Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Pakaian Bekas di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Az Zarqa’, 7(2), 10–15.
Jamil, N. A., Kurnia, A. D., & Jalaludin, J. (2020). Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers dalam Perspektif Ekonomi Islam di Media Sosial Instagram. Eksisbank: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 4(1), 82–94.
Khansa, T. C., & Lafioré. (2022). Analysis of the Effect of Shopping Life Style and Fashion Involvement on Impulse Buying Behavior on Morningclo Thrift Store Consumers. International Journal of Review Management, Business, and Entrepreneurship (RMBE), 2(1), 176–187. https://doi.org/10.37715/rmbe.v2i1.3029
Ristiani, N., Raidar, U., & Wibisono, D. (2022). Fenomena thrifting fashion di masa pandemi covid-19: Studi kasus pada mahasiswa Universitas Lampung. Sociologie : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sosiologi, 1(2), 186–195. https://jurnalsociologie.fisip.unila.ac.id
Rofi’ah, K. (2014). Urgensi Etika di dalam Sistem Bisnis Islam. Justicia Islamica, 11(2), 1–27. https://doi.org/10.21154/justicia.v11i2.100
Sari, D. A. P. L. (2022). Thrift Fashion dalam Perubahan Paradigm Pandemi; Dilarang tapi Digemari? Dassa Citta Design 2022: Desainer Sebagai Pencipta Nilai, Jilid II, 130–145. https://ebookchapter.isi-dps.ac.id/index.php/dcd/article/view/60
Sembiring, F. A., & Deni, I. F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Pada Pasar 18 Kota Binjai. Best Journal of Biology Education, Science, & Technology, 5(2), 428–433. https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6102
Sholihan, S., & Elizabeth, M. Z. (2023). Dialectic Between Ethics and Aesthetics in Lifestyle: Decision Making Processes in Dressing among Muslim Women. Integrative Psychological and Behavioral Science, 57, 328–343. https://doi.org/doi.org/10.1007/s12124-022-09704-5
Suarningsing, N. K., Nugroho, W. B., & Aditya, I. G. N. A. K. (2021). Thrift Shopping Sebagai Alternatif Konsumsi Fashion Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Jurnal Ilmiah Sosiologi Sorot, 1(2), 1–12. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/
Susiawati, W. (2017). Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian. Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 171–184. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei
Swaswantika, I. A., Jariah, A., & Hidayat, Z. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengguna Fashion Branded Preloved sebagai Konsep Gaya Hidup. Jobman: Journal of Orgaization and Business Management, 4(4), 295–303. http://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php.jrm
Z, W. (2016). Perspektif Hukum Islam terhadap Transaksi Jual Beli Online dengan Model Periklanan. Al Ilmu: Jurnal Keagamaan Dan Ilmu Sosial, 7(1), 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shovia Indah Firdiyanti Shovia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.