PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DI INDONESIA TERHADAP IBADAH UMROH: ANTARA ‘UBUDIYAH DAN GAYA HIDUP

Authors

  • Fachrudin Fiqri Affandy IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i2.73

Keywords:

Perilaku Konsumen, 'Ubudiyah, Gaya Hidup

Abstract

Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah di dalam Islam yang memiliki dua dimensi, yaitu dimensi duniawi dan dimensi akhirat. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplor pola konsumsi masyarakat muslim dalam membelanjakan hartanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya ibadah umrah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur terdahulu yang relevan, disesuaikan dengan fakta di lapangan dan kemudian disusun secara ilmiah dan dilanjutkan pada pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan ibadah umrah memiliki dua dimensi, yaitu dimensi
duniawi berupa gaya hidup dan dimensi akhirat yaitu ibadah. pola konsumsi masyarakat muslim dalam membelanjakan hartanya untuk ibadah umrah sejalan dengan pemenuhan kebutuhan dharuriyyat, hajiyyat, dan tahsiniyyat. Meskipun dalam kategori ibadah, umrah masih lekat dengan bisnis dan gaya hidup yang tidak mungkin dipisahkan antara keduanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti Dwi Rini, Agustina Shinta, Riyanti Isaskar, (2012), Ilmu Perilaku Konsumen,Cet. Ke-1, Malang: UB Press.

Ayunda Anju, Mutmainnah Lu’liyatul, Huda Nurul, (2019), Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Produk Fashion Muslim,Jurnal of Economics and Business Aseanomics (AJEBA) Vol. 3. No. 2.

Bahar, (2007), Manfaat Haji dan Umroh Untuk Kesehatan, Cet. Ke-1, Jakarta: Qultum Media.

Dewi Kusuma Subkhani, (2017), Trend Wisata Umrah: Antara Meneladani Sunnah dan Turisme Spiritual, Vol. 26, No. 2.

Hardianti Yulia, Lina Sudarwati, (2015), Etos Kerja dan Gaya Hidup Pada Masyarakat SLUM AREA, Jurnal Psikologi, Vol. 3, No. 1.

Idri, (2015), Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.

Madjid Nurcholis, (2008), Perjalanan Religius ‘Umroh dan Haji, Cet. Ke-3, (Jakarta Timur: Paramadina. Muhammad, (2006), Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Islam, (Eds) ke-1, Jakarta: RajaGrafindo.

___________________,(2004), Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam, Cet. Ke-1, Yogyakarta: BPFE.

Mulyono Sugeng, (2013), Teori Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, Jurnal Penelitian Vol. 2 No. 1.

Rozalinda, (2015), Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasi pada Aktivitas Ekonomi, (Eds) ke-1, Cet. Ke-2, Jakarta: RajaGrafindo.

Sucipto, (2013), Umrah Sebagai Gaya Hidup, Eksistensi Diri dan Komoditas

Industri: Menyaksikan Perubahan Keagamaan Warga Kota, Jurnal

Kontekstualita, Vol. 28, No. 1.

Suprayitno Eko, (2005), Ekonomi Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani Tatik, (2008), Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Affandy, F. F. (2020). PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DI INDONESIA TERHADAP IBADAH UMROH: ANTARA ‘UBUDIYAH DAN GAYA HIDUP. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 78-87. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i2.73