Pendidikan dan Etika Sebagai Salah Satu Jalan Menuju Keadilan Sosial Bagi Umat Manusia: Refleksi Pemikiran John Dewey
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v4i1.743Keywords:
Pendidikan, Etika, Keadilan, Keadilan Sosial, John DeweyAbstract
Artikel ini membahas bagaimana pendidikan membekali individu dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan berpikir kritis yang diperlukan untuk melawan kesenjangan dan ketidakadilan. Artikel ini menyoroti potensi pendidikan untuk mengangkat komunitas marginal dan menjembatani kesenjangan sosial ekonomi. Studi ini mengeksplorasi nilai-nilai etika yang mendasari sosial keadilan, seperti kesetaraan, keadilan, hak asasi manusia, dan empati. Hal ini menjelaskan bagaimana pertimbangan etis memandu individu dalam mengenali dan mengatasi ketidakadilan sistemik. Makalah tinjauan ini bertujuan untuk menggunakan pendidikan dan etika sebagai jalan menuju keadilan sosial dan menumbuhkan masyarakat di mana setiap orang memiliki persamaan kesempatan, hak, dan akses terhadap sumber daya, tanpa memandang latar belakang atau identitas mereka. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan individu untuk memahami, menantang, dan membongkar sistem penindasan dan diskriminasi sambil mempromosikan nilai-nilai dan perilaku positif yang berkontribusi pada komunitas yang harmonis dan adil. Tinjauan ini mengkaji kontribusi sudut pandang didaktik dan karya tulis John Dewey yang memperkenalkan perubahan paradigma inovatif dalam pendidikan pada pergantian abad yang juga diadopsi dan dikembangkan berbagai filosof salah satunya, Paulo Freire. Pengaruh pemikiran Dewey meluas ke berbagai bidang, termasuk pengajaran dan pembelajaran, keterlibatan politik, humanisme, kepraktisan, dan estetika. Titik fokus dari penelitian ini berpusat pada filsafat pendidikan Dewey, perspektifnya terhadap tantangan pendidikan, dan hubungan rumit yang dibangunnya antara pendidikan, demokrasi, dan penerapan praktis sekaligus konsep pendidikan modern. Penekanannya pada pembelajaran berdasarkan pengalaman, prinsip-prinsip demokrasi, dan nilai intrinsik dari pengalaman individu yang terus mempengaruhi para pendidik, pembuat kebijakan, dan peneliti yang berupaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang bermakna, adil, dan efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Fini Rathi Anri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.