Peran Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.458Keywords:
Operator Sekolah, Pengelolaan Sistem, DapodikAbstract
Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan berskala nasional yang menjadi satu-satunya acuan data yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan program dan kebijakan di bidang pendidikan. Di setiap lembaga pendidikan terdapat seorang operator sekolah yang menangani sistem Data Pokok Pendidikan tersebut agar bisa mencapai tujuan dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran operator sekolah dalam pengelolaan sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan keilmuan manajemen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran operator sekolah dalam pengelolaan sistem Data Pokok Pendidikan sesuai dengan tujuan pendataan berskala nasional yang meliputi: penginputan data pokok, pengelolaan administrasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pengajuan tunjangan sertifikasi pendidik, mengurus prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, dan keikutsertaan dalam Program Indonesia Pintar (PIP).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyan Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.