Peran Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura

Authors

  • Putri Nurjanah IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Talabudin Umkabu IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Dyan Pratiwi IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.458

Keywords:

Operator Sekolah, Pengelolaan Sistem, Dapodik

Abstract

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan berskala nasional yang menjadi satu-satunya acuan data yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan program dan kebijakan di bidang pendidikan. Di setiap lembaga pendidikan terdapat seorang operator sekolah yang menangani sistem Data Pokok Pendidikan tersebut agar bisa mencapai tujuan dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran operator sekolah dalam pengelolaan sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan keilmuan manajemen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran operator sekolah dalam pengelolaan sistem Data Pokok Pendidikan sesuai dengan tujuan pendataan berskala nasional yang meliputi: penginputan data pokok, pengelolaan administrasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pengajuan tunjangan sertifikasi pendidik, mengurus prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, dan keikutsertaan dalam Program Indonesia Pintar (PIP).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Nurjanah, P., Umkabu, T., & Pratiwi, D. (2023). Peran Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 3(1), 41-51. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.458