Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Authors

  • Novia Rahmatul Azizah UIN Bukittinggi
  • M Imamuddin UIN Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298

Keywords:

Kemampuan, Pemahaman konsep matematika

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah untuk memamahi konsep. Mempelajari matematika diperlukan pemahaman konsep sebagai dasar untuk pengembangan materi selanjutnya. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, peneliti tertarik untuk melakukan pelevelan. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kecamatan Mungka yang berjumlah 21 siswa. instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa. tes ini dibuat dan disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep dari dirjen Dikdasmen nomor 506/C/Kep/PP/2004.sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Setelah diketahui semua kriteria, dan dinyatakan dapat digunakan dalam mengumpulkan data. Penilaian untuk melihat kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan rubrik pemahaman konsep dari Sri Wardani. Dan selanjutnya hasil tes disesuaikan  dengan tabel level yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut : dari 21 siswa diperoleh tiga siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep sangat baik dengan jumlah presentase 15%, tujuh siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep tinggi dengan presentase 34%, empat siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep cukup dengan presentase 21%, enam siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep rendah dengan presentase 30%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Azizah, N. R., & Imamuddin, M. (2022). Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika . KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298

Issue

Section

Articles