Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298Keywords:
Kemampuan, Pemahaman konsep matematikaAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah untuk memamahi konsep. Mempelajari matematika diperlukan pemahaman konsep sebagai dasar untuk pengembangan materi selanjutnya. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, peneliti tertarik untuk melakukan pelevelan. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kecamatan Mungka yang berjumlah 21 siswa. instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa. tes ini dibuat dan disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep dari dirjen Dikdasmen nomor 506/C/Kep/PP/2004.sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat validitas, reabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Setelah diketahui semua kriteria, dan dinyatakan dapat digunakan dalam mengumpulkan data. Penilaian untuk melihat kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan rubrik pemahaman konsep dari Sri Wardani. Dan selanjutnya hasil tes disesuaikan dengan tabel level yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut : dari 21 siswa diperoleh tiga siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep sangat baik dengan jumlah presentase 15%, tujuh siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep tinggi dengan presentase 34%, empat siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep cukup dengan presentase 21%, enam siswa dengan kriteria kemampuan pemahaman konsep rendah dengan presentase 30%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novia Azizah, M. Imamuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.