ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL KELAS III MI YAPPI KARANG SAPTOSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Muhamad Mahali Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.531

Keywords:

Sejarah Kebudayaan Islam, Kurikulum 2013, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pemahaman mengenai sejarah kebudayaan Islam dari sisi konsep dan komponennya merupakan kompetensi yang penting bagi guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pembelajaran SKI harus menggunakan pendekatan yang tepat untuk memahami peristiwa sejarah yang memuat nilai-nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penyajian materi SKI harus mempertimbangkan tujuan pembelajaran dan standar kompetensi lulusan, sehingga pembelajaran SKI di kelas dapat terasa menyenangkan, membangkitkan pemikiran kritis, serta dapat mengembangkan kepribadian sesuai dengan nilai-nilai SKI pada diri siswa. Evaluasi pembelajaran SKI dilakukan secara berkelanjutan agar kualitas pembelajaran dapat terus ditingkatkan dengan menyeimbangkan aspek pengetahuan, sikap, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran SKI berbasis Kurikulum 2013 pada materi Sifat-sifat Rosul kelas III MI Yappi Karang Saptosari tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan saintifik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SKI di kelas III MI Yappi Karang Saptosari telah dilaksanakan dengan cukup baik, dengan penerapan pendekatan saintifik dan penggunaan beragam media pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas serta kesulitan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran SKI, disarankan agar guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, seperti penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dan pengembangan bahan ajar yang lebih inovatif. Selain itu, evaluasi pembelajaran perlu dilakukan secara berkelanjutan agar dapat mengidentifikasi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin, J. “Pengembangan materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai bahan ajar literasi membaca di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic …, 2019. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/233.

Aslan, A. “IMPLEMENTASI METODE CERITA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KABUPATEN SAMBAS (Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah ….” Cross-border, 2019. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/555.

Diba, Icha Fara, dan Abdul Muhid. “Pentingnya Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0.” Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan 13, no. 1 (2022): 44–60. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.145.

Fahrudin, I. “Analisis Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan.” … -Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2020. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/2535.

Fathonah, Parisaktiana. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN FAZLUR RAHMAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN TEORI PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 15, no. 1 (2018): 70–87. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-05.

Fitria, D., dan J. Andriesgo. “Penerapan model pembelajaran scramble berbasis powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam.” … : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2019. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/5857.

Halimah, Leli. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10509.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Jumriani, J, S Syaharuddin, NTFW Hadi, M Mutiani, dan ... “Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013.” Jurnal Basicedu, no. Query date: 2022-12-20 16:43:14 (2021). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1111.

Murniawaty, Indri, dan Murwatiningsih Murwatiningsih. “INTERNALISASI PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN.” EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 2, no. 1 (2018): 1–1. https://doi.org/10.26877/ep.v2i1.1805.

Prasetiawan, A. Y. “Dimensi Ideologis Pendidikan Sejarah Islam pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat …, 2020. https://journal.blasemarang.id/index.php/smart/article/view/1002.

Rahmadayanti, Dewi, dan Hartoyo Agung. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2022): 2247–55.

RI, KA. “Sejarah Kebudayaan Islam.” Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. pustakauinib.ac.id, 2019. https://pustakauinib.ac.id/repository/files/original/b5efb069aba46a699792d288fd1336f7.pdf.

Saputra, Dendi Wijaya, dan Muhamad Sofian Hadi. “Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka,” no. 3 (2022).

Selvira, P., dan P. Utomo. “Gender Discourses Analysis: Representasi Bias Gender Dan Pengaruhnya Pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidai’yah.” Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 2021. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/9839.

Sembiring, Musa, Khairina Afni, dan Risma Dina. “Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai” 1, no. 3 (2022): 235–38.

Setyawan, D., dan A. D. Arumsari. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).” … : International Journal of …, 2019. https://ejournal.narotama.ac.id/index.php/educultural/article/view/30.

Sujati, B. “Kurikulum Dan Pembelajaran Pada Sejarah Dan Kebudayaan Islam Di MTs Kifayatul Akhyar Kota Bandung.” SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 2019. https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/sinau/article/view/49.

Syurgawi, A., dan M. Yusuf. “Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Maharot: Journal of Islamic Education, 2020. https://www.ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/433.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Mahali, M. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL KELAS III MI YAPPI KARANG SAPTOSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i1.531