PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH

Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura

Authors

  • Eko Roy Sholikin IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Syaiful Muhyidin IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ira Eka Pratiwi IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i1.88

Keywords:

Kata Kunci: Persepsi, Bank Syariah, Distrik Abepura, provinsi Papua

Abstract

Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Islam yaitu prinsip keadilan dan keseimbangan, serta kemaslahatan. Ada beberapa penyebab umat Islam belum menggunakan jasa bank Syariah. Diantaranya karena adanya sikap netral atau keragu-raguan dari masyarakat terhadap pemahaman akan riba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap bank Syariah studi kasus masyarakat Distrik Abepura.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara kepada informan yang merupakan masyarakat Distrik Abepura Kota Jayapura. Analisis data dilakukan dengan Teknik analisis data Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat sudah mengetahui dan sudah paham Bank Syariah. Masyarakat juga sudah menabung di Bank Syariah. Meskipun demikian ada beberapa masyarakat yang tidak menabung di bank Syariah tetapi memahami tentang bank Syariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi Masyarakat Distrik Abepura terhadap bank Syariah adalah positif atau baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Sholikin, E. R., Muhyidin, S., & Pratiwi, I. E. (2020). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH: Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura. EL MUDHORIB: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 46-58. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i1.88

Issue

Section

Articles