TINJAUAN KRITIS KEBERAGAMAAN GEN- Z DITENGAH ARUS INFORMASI DIGITAL

Authors

  • Achmad Tohari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53491/porosonim.v5i1.944

Keywords:

Generasi Z, Karakter, Keberagamaan, Peningkatan Kesadaran beragama

Abstract

Generasi muda memasuki era dimana arus informasi digital  ada dalam setiap kehidupan, penyebaran berita-berita keagamaan yang ekstrim di media berdampak pada pemahaman generasi muda dalam beragama, gen Z sebagai generasi muda yang dalam keseharianya sudah dilingkupi teknologi dengan segala kelebihannya belum bisa memilah informasi dan cenderung mengesampingkan nilai moral dan etika dalam menyebarkan informasi, dalam sosial mereka juga terkesan individualis dan ambisius, hal ini berdampak pada keberagamaan mereka dalam kehidupan keseharian. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai bagaimana keberagamaan gen Z ditengah kemajuan arus informasi digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan dalam pengumpulan data memakai metode literatur atau studi pustaka. Dalam penelitian ini membahas mengenai bagaimana keberagamaan gen Z dalam melaksanakan kehidupan beragama di tengah arus informasi. Penelitian ini berimplikasi pada pemahaman mengenai keberagamaan, penguatan dan upaya dalam meningkatkan kesadaran beragama gen Z di tengah arus informasi. Dari penelitian ini tersimpulkan bahwa keberagamaan gen Z sebagai pemuda yang berada pada perkembanagn teknologi belum mencapai pemahaman yang baik atas kesadaran beragama, gen Z termasuk generasi yang individualis dan susah dalam bersosialisasi, mereka lebih menganggap persoalan agama sebagai formalitas belaka. berbagai upaya perlu dilakukan seperti penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan yang dilakukan oleh guru, peningkatan keterlibatan generasi muda dalam beberapa program nasional yang inovatif, pemerataan gerakan moderasi di kampus maupun sekolah. Tentu dari upaya tesebut harus didasari dengan penguatan hubungan individu kepada Tuhan, menciptakan lingkungan yang baik, pentingnya bijak dalam berteknologi dan kecerdasan spiritual sebagai dorongan agar lebih bermakna dalam beragama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Masudi, I., & Duryat, M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidika Islam. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

Bayat, A., & Herrera, L. (Eds.). (2010). Being young and Muslim: New cultural politics in the global south and north. New York: Oxford University Press.

Freire, P. (1972). Pedagogy of The Oppressed, terj Myra Bergman Ramos, Great Britain: Sheed and Ward.

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2003). When generations collide: Who they are, why they clash, how to solve the generational puzzle at work. New York: Helper Collin Publishers.

Mudjib, A, dan Mudzakir, J. (2002). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Pratama, H. C. (2012). Cyber smart parenting: kiat sukses menghadapi dan mengasuh generasi digital. Bandung: Visi Press.

Putra, I. M. (2023). Moderasi Beragama, Toleransi, Dan Milenial Muslim Perkotaan, Nganjuk: Dewa Publising.

Santosa, E. T. (2015). Raising children in digital era. Elex Media Komputindo, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sawitri, D. R. (2023). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul, Semarang: Penerbit Fakultas Psikologi Undip.

Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati Group.

Suhartono. (2021), Tantangan guru dimasa depan dalam insight of YSKI Teacher. A Great model of future learning, Jawa Timur: klik media.

Tamami, (2011). Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaa Setia.

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Jurnal dan Lainnya

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82

Daud, S. M., & Bafadhal, M. I. (2023). Strengthening Religious Moderation in Social Media to Fight Online Radicalism. Indonesian Journal of Islamic Education and Local Culture, 1(2), 75-86. https://doi.org/10.22437/ijielc.v1i2.30768.

Elvinaro, Q., & Syarif, D. (2021). Generasi Milenial dan Moderasi Beragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 195-218. https://doi.org/10.15575/jispo.v11i2.14411

Fathurrochman, I., & Muslim, A. (2021). Menangkal Radikalisme Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Amaliyah Aswaja di SD Islamiyah Magetan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 801-818. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1071.

Fernandes, T. A., & Sembiring, E. (2022). Menemu Kenali Potensi Diri Dan Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z Di Eradigital (Suatu Pendekatan Dengan Memanfaatkan Test DISC). Kingdom, 2(1), 1-19. https://ojs.sttkingdom.ac.id/index.php/Theo/article/view/46.

Febriani, S. R., & Ritonga, A. W. (2022). The perception of millennial generation on religious moderation through social media in the digital era. Millah: Jurnal Studi Agama, 313-334. 10.20885/millah.vol21.iss2.art1.

Fitriani, A. (2017). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 57-80. http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v11i1.1437

Gaidhani, S., Arora, L., & Sharma, B. K. (2019). Understanding the attitude of generation Z towards workplace. International Journal of Management, Technology and Engineering, 9(1), 2804-2812.

Haqqi, A. (2018), Relasi Antara Agama dan Media Baru. Jurnal Ilmiah Syiar, 18 (2).http://dx.doi.org/10.29300/syr.v18i2.1677

Hefni, W. (2022). Pengarusutamaan Moderasi Beragama Generasi Milenial melalui Gerakan Siswa Moderat di Kabupaten Lumajang. Smart: Jurnal Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi, 8(2), 163-175. https://doi.org/10.18784/smart.v8i2.1763.

Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5564.

Jalal, Y. A., Syafeie, A. K., & Lela, N. (2021). Peran Kyai dalam Meningkatkan kecerdasan Spirittual Remaja Generasi Z di Pesantren Anwarul Huda. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 138-152. https://doi.org/10.21093/twt.v8i3.3652

Maharani, A., Rahmah, M., Anisha, R. F., & Ardi, A. (2023). Menyiapkan Generasi Z yang Berkarakter dan Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 53-59.

Manuain, L. M. M., Moru, O. O., Renda, T., & Naitboho, J. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Toleransi Beragama di Media Sosial. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 6(2), 213-224. https://doi.org/10.30762/asketik.v6i2.269

Musdalifah, I., Andriyani, H. T., Krisdiantoro, K., Putra, A. P., Aziz, M. A., & Huda, S. (2021). Moderasi Beragama Berbasis Sosio Kultural pada Generasi Milenial Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Sosial Budaya, 18(2), 122-129. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v18i2.15437.

Mustakim, Z., Ali, F., & Kamal, R. (2021). Empowering Students as Agents of Religious Moderation in Islamic Higher Education Institutions. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 65-76. 10.15575/jpi.v7i1.12333.

Musyarrofah, U., & Zulhannan, Z. (2023). Religious Moderation in the Discourse of Nahdlatul Ulama’s Dakwah in the Era of Industry 4.0. Millah: Journal of Religious Studies, 409-434. https://doi.org/10.20885/millah.vol22.iss2.art5.

Mustaghfiroh, S. (2022). Pengarusutamaan Nilai Moderasi Beragama Di Era Society 5.0. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5538.

Nasrullah, R. (2012). Politik Siber dan Terorisme Virtual. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 13(1), 109-122. https://doi.org/10.14421/esensia.v13i1.724.

Noble, S. M., & Schewe, C. D. (2003). Cohort segmentation: An exploration of its validity. Journal of business research, 56(12), 979-987. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(02)00268-0.

Noor, H. (2021). The Family Context and It's Role in Making Jihadists: The Case of Jihadist Families in Indonesia, Thesis (PhD) Australian National Uniersity. 10.25911/6Q8X-QM73.

Permana, R, (2009). Konsep Teori Penyadaran Paulo Freire Sebagai alternatif pemecahan Masalah Pendidikan Anak Jalanan di Indonesia, Cakrawala, Vol. 9, No.1.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among makarti, 9(2). http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142.

Qodir, Z. (2016). Kaum muda, intoleransi, dan radikalisme agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429-445. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.37127

Qori’ah, S. M. (2019). Keterlibatan Perempuan dalam Aksi Terorisme di Indonesia. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 14(1), 31-46. 10.21580/sa.v14i1.2967.

Rachmawati, D. (2019). Welcoming gen Z in job world (Selamat datang generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21-24.

Rahmi, A. F., & Putri, R. I. (2023). Meningkatkan Pentingnya Kesadaran Beragama Pada Generasi Z. Islamic Education, 1(4), 662-668. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/702.

Rusyana, A. Y., Budiman, B., Abdillah, W. S., & Witro, D. (2023). Concepts and Strategies for Internalizing Religious Moderation Values among the Millennial Generation in Indonesia. Religious Inquiries, 12(2), 157-176. 10.22034/RI.2023.348511.1629.

Saumantri, T. (2023). Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Media Sosial. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 64-75. https://doi.org/10.32332/moderatio.v3i1.6534.

Sari, S. (2019). Literasi media pada generasi milenial di era digital. Professional: Jurnal komunikasi dan administrasi publik, 6(2), 30-42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di kota bandung. Pedagogia, 16(2), 146-156. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

Sirry, M. I. (2020). Muslim student radicalism and self-deradicalization in Indonesia. Islam and Christian–Muslim Relations, 31(2), 241-260. https://doi.org/10.1080/09596410.2020.1770665.

Soleh, M., & Kuncoro, I. (2023). Menggali Budaya Baru Dan Implikasinya Bagi Keagamaan Gen-Z: Perspektif Sosiologi Dan Antropologi Masyarakat Di Era Kontemporer. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 2(2), 83-92. https://doi.org/10.54150/alirsyad.v2i2.223

Soleh, M., & Kuncoro, I. (2023). Menggali Budaya Baru Dan Implikasinya Bagi Keagamaan Gen-Z: Perspektif Sosiologi Dan Antropologi Masyarakat Di Era Kontemporer. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 2(2), 83-92. https://doi.org/10.54150/alirsyad.v2i2.223

Stillman, D., & Stillman, J. (2017). Gen Z@ work: How the next generation is transforming the workplace. New York: HarperCollins.

Subowo, A. T. (2021). Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 379-395. https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.464.

Sugangga, M. (2022, July). Generasi Z dan Industri 4.0: Studi Perilaku Pelaku dan Konsumen Pasar Tradisional Masa Kini (Studi Pelaku UMKM Kota Malang). In Seminar Nasional Riset Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1). https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1202

Sukrawati, N. M., Putri, N. K. A. K., & Wardana, K. A. (2023). Moderasi Beragama Untuk Meningkatkan Toleransi Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 23(2), 105-111. https://doi.org/10.32795/ds.v23i2.4854

Sunusi, H. (2023). Meneguhkan Spirit dalam Membangun Sistem Akademik Berbasis Moderasi Beragama. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 12-20.

Tohari, A., & Mujlipah, N. (2023). Religious Moderation In Islamic Portals: Study of mainstreaming religious moderation in the digital space. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(2), 1242-1254. 10.57235/qistina.v2i2.1135.

Tohari, A. (2024). Islamic Thought Offers in the Polemic of Fanaticism Religious Communities in Indonesia. West Science Islamic Studies, 2(01), 51-59. https://doi.org/10.58812/wsiss.v2i01.582

Wuwung, O., & Ering, A. (2021). Pertumbuhan Spiritualitas Generasi Z Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 429-438. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2594

Yoga, S. (2019). Perubahan sosial budaya masyarakat indonesia dan perkembangan teknologi komunikasi. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 24(1). http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Generasi Z dan tingkat spiritualitas yang rendah, https://news.uad.ac.id/generasi-z-dan-tingkat-spiritualitas-yang-rendah/, diakses 4 Februari 2024.

Kementerian Agama diseminasikan Moderasi Beragama dalam perspektif gen Z, https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/kementerian-agama-diseminasikan-moderasi-beragama-dalam-perspektif-gen-z, diakses tanggal 5 februari 2024.

Potret Umat Beragama, https://alvara-strategic.com/potret-umat-beragama-2021/, diakses 4 Februari 2024.

Titipkan Kerukunan umat kepada gen Z, Balitbang Diklat Gelar Moderasi Beragama does to campus Unpad https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/titipkan-kerukunan-umat-kepada-gen-z-balitbang-diklat-gelar-moderasi-beragama-goes-to-campus-unpad, diakses tanggal 5 februari 2024.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Tohari, A. . (2024). TINJAUAN KRITIS KEBERAGAMAAN GEN- Z DITENGAH ARUS INFORMASI DIGITAL. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.53491/porosonim.v5i1.944