POTRET MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Authors

  • Rois Imron Rosi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dina Alfiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Geritza Rabbani Setiawan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Najiyya Najat Azzeehavella Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.53491/porosonim.v6i1.1549

Keywords:

Potret Moderasi, Moderasi Beragama, Mahasiswa

Abstract

Artikel ini berupaya untuk melihat potret moderasi beragama para mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai hasil dari upaya yang telah dilakukan oleh seluruh elemen di kampus dalam melakukan penguatan pengetahuan moderasi beragama. Artikel ini menggunakan Metode Mix-Method. Kuesioner dalam bentuk google-form digunakan untuk mengetahui pemahaman awal para mahasiswa tentang berbagai konsep moderasi beragama seperti makna moderasi beragama, indikator moderasi beragama, hubungan agama dan negara, serta tingkat toleransi mahasiswa dengan teman dengan beda agama kemudian divalidasi dengan wawancara. Terdapat 213 mahasiswa yang menjadi responden dalam artikel ini. Pengumpulan data dilaksanakan pada periode Agustus-November Tahun 2024. Hasil Pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa 100% Mahasiswa yang menjadi responden telah mengetahui atau mendengar istilah moderasi beragama. Pengetahuan moderasi beragama mahasiswa diperoleh dari berbagai sumber seperti Dosen, Media Sosial, Kyai/Ustadz, Teman, orang tua, seminar, dan buku. Adapun secara definisi, moderasi beragama dipahami mahasiswa dengan pemahaman yang komprehensif dan beragam. Indikator moderasi beragama yang telah dirumuskan Kementerian Agama tidak diketahui oleh sebagian mahasiswa yang menjadi responden dalam artikel ini. Mayoritas responden setuju bahwa moderasi beragama sesuai dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.  Lebih dari 70% mahasiswa menerima dengan level tinggi bahwa pancasila dan demokrasi selaras dengan nilai-nilai agama. Adapun tingkat toleransi mahasiswa, artikel ini menyimpulkan bahwa tingkat toleransi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang cenderung tinggi dengan 90,6% responden bersedia membantu teman beda agama. Hasil pembahasan pada artikel ini menjadi saran bagi seluruh pemangku kebijakan untuk terus memperkuat pemahaman moderasi beragama. Besar harapannya, bahwa pengetahuan moderasi beragama dapat terus meningkat demi menyongsong cita-cita Indonesia yang rukun dan damai di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflahah, S., Nisa, K., & Aldeia, A. S. (2023). The Role of Education in Strengthening Religious Moderation in Indonesia. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(2), 193–211. https://doi.org/10.18784/smart.v9i2.2079

Afwadzi, B., & Miski. (2021). Religious Moderation In Indonesian Higher Educations: Literature Review. 22(2), 203–231. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.13446

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.

Anzaikhan, M., Idani, F., & Muliani, M. (2023). Moderasi Beragama sebagai Pemersatu Bangsa serta Perannya dalam Perguruan Tinggi. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(1), 17. https://doi.org/10.22373/arj.v3i1.16088

Ardiansyah, A. A., & Erihadiana, M. (2022). Strengthening Religious Moderation as A Hidden Curriculum in Islamic Religious Universities in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 109–122. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1965

Ashoumi, H., Husna, I. auliya, & Sa’diyah, C. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Mahasiswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.328

Assyaukanie, L. (2011). Idiologi Islam Dan Utopia (Issue July). Freedom Institute.

Fahmi, A. syafiq, Humaidy, M. A. Al, & Romadhon, S. (2024). Kampung Moderasi Beragama Polagan: Strategi Mewujudkan Masyarakat Moderat Di Pamekasan. 5, 8–29. https://doi.org/10.53491/porosonim.v5i1.1198

Faiz, A. A., & Mujibuddin, M. (2023). Dissemination Of Religious Moderation For The Millennial Generation In The Jendral Sudirman Mosque Yogyakarta. Al-Qalam Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 29, 1–11.

Fauzan. (2023). State Policy Towards Religious Moderation: A Review Of The Strategy For Strengthening Religious Moderation In Indonesia. 2(1).

Guswenti, M., Sabarudin, S., Saputra, A., & Nurlatifah, F. (2022). Pengembangan Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa melalui Mata Kuliah Praktik Ibadah Kemasyarakatan di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 113–126. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2751

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766

Jamaludin, A. N. (2022). Religious Moderation: The Concept and Practice in Higher Education Institutions. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 539–548. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1893

Jannah, M., Putro, K. Z., & Tabiin, A. (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama di IAIN Pekalongan. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 107–118. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i1.992

Junaedi, E. (2019). Inilah moderasi beragama perspektif kementerian agama.

Kawangung, Y., & Author, C. (2019). Religious Moderation Discourse in Plurality of Social Harmony in Indonesia. 3(1), 160–170. https://doi.org/https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n1.277

Khoirunnnissa, R., & Syahidin. (2022). Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1276

Kurniawan, D., & Afifi, A. A. (2024). Moderasi Beragama: Menangkal Islamophobia Melalui Revitalisasi Media Sosial. AL-IMAM: Journal on Islamic Studies, Civilization and Learning Societies, 5(March), 25–34. https://doi.org/10.58764/j.im.2024.5.58

Mahfud, C., Rintaningrum, R., Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Ratu, A. (2024). The Role of the Manarul Ilmi Mosque in Strengthening Religious Moderation and Character Education for ITS Surabaya Muslim Students. 9(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2024.vol9(1).16843

Manshur, F. M., & Husni, H. (2020). Promoting Religious Moderation through Literary-based Learning: A Quasi-Experimental Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 5849–5855.

Miyanto, D., Wijaya, M. M., & Margiyanti, D. A. S. (2023). Mosque Management as a Reinforcement of Community Religious Moderation. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i2.318

Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia ( Wacana dan Kebijakan ). 4(1), 73–88. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Nurbayani, N., & Amiruddin, A. (2024). Teacher Strategies in Implementing Religious Moderation Values in Islamic Educational Institutions. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 778. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i2.672

Nurjamilah, C., & Nurrahmi, H. (2021). Mosque as a Place To Build Moderate Community. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v7i2.3606

Parhan, M., Nugraha, R. H., & Fajar Islamy, M. R. (2022). Model of Religious Moderation In Universities: Alternative Solutions To Liberal, Literal And Radical Islam. Edukasia Islamika, 7(1), 1–23. https://doi.org/10.28918/jei.v7i1.5218

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2023 Tentang Penguatan Moderasi Beragama, 1 (2023).

Purnomo, J., Ma’arij, Z. N., & Nursyiwan, I. (2024). Urgensi Kurikulum Merdeka dalam Moderasi Beragama Mahasiswa di PTKIN. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 22–30. https://doi.org/10.38073/jpi.v14i1.1497

Rahman, R., Murniyetti, M., & S, W. Q. (2023). Pengembangan nilai moderasi beragama dalam materi akidah pada perkuliahan pendidikan agama Islam di Universitas Negeri Padang. Humanika, 23(2), 211–216. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.65538

Ramadhan, M. R. (2022). Moderasi Beragama dalam Keragaman pada Perguruan Tinggi Umum di Era Society 5.0: Strategi dan Implementasi. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 980–987. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.350

Rifki, M., Ma`arif, M. A., Rahmi, S., & Rokhman, M. (2024). The Principal’s Strategy in Implementing the Value of Religious Moderation in the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Munaddhomah, 5(3), 325–337. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i3.1271

Rofik, M. nur, & Misbah, M. (2021). Implementasi Program Moderasi Beragama yang Dicanangkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas di Lingkungan Sekolah. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENDOCRINOLOGY (Ukraine), 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Rosidin, Handoko, & Ma’mun, S. (2024). Assessing The Feasibility Of Malang Raya Mosques In The Religious Moderation Program. 289–304.

Sa’idah, I., Aryani, A., Umam, A., & Toifur. (2024). Level of Religious Moderation of Students : Survey Analysis of Attitudes and Behavior Tingkat Moderasi Beragama Mahasiswa : Analisis Survei Terhadap Sikap dan Perilaku. 12(2), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/alhiwar.v11i2.14298

Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Salamah, N., Nugroho, M. A., & Nugroho, P. (2020). Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan. Quality, 8(2), 269. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.7517

Santalia, I., & Aulia, G. R. (2024). Pengaruh Pemahaman Keberagamaan Terhadap Sikap Moderasi Bergama Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Ushuluddin, Volum6 2 N, 69–89.

Saputra, I. B., & Azmi, F. (2022). Religious Moderation in Indonesia. 6, 239–262.

Selvia, S., Rahmat, M., & Anwar, S. (2022). Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa di Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Intizar, 28(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/intizar.v28i1.11667

Subchi, I., Zulkifli, Z., Latifa, R., & Sa’diyah, S. (2022). Religious Moderation in Indonesian Muslims. Religions, 13(5), 1–11. https://doi.org/10.3390/rel13050451

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Suwendi, Nanik Shobikah, Muhammad Faisal, & Imron Muttaqin. (2023). Strengthening Religious Moderation As Effort To Prevent Extremism In Education Institution. Journal of Namibian Studies : History Politics Culture, 34, 3810–3824. https://doi.org/10.59670/jns.v34i.1934

Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. Scholars, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367

Zakariyah, Z., Fauziyah, U., & Nur Kholis, M. M. (2022). Strengthening the Value of Religious Moderation in Islamic Boarding Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.104

Zulkifli, Setiawan, A., Firman, Maryam, Tang, M., & Rosadi, K. (2023). Pemahaman Mahasiswa Tentang Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Umum. 17(1), 685–694. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1902

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rosi, R. I., Alfiyah, D. ., Setiawan, G. R., & Azzeehavella, N. N. (2025). POTRET MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 6(1), 41-57. https://doi.org/10.53491/porosonim.v6i1.1549