TANTANGAN MEMBANGUN KARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN TANA TORAJA

Authors

  • Sukmawaty Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Ali Nahruddin Tanal
  • Evi Rahmayanti
  • Nurdin Kaso

DOI:

https://doi.org/10.53491/porosonim.v5i1.1432

Keywords:

Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Keagamaan, Madrasah, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Pendidikan karakter di madrasah, khususnya melalui program ekstrakurikuler keagamaan, memiliki peran penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan pemahaman agama yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program ekstrakurikuler keagamaan di MAN Tana Toraja dalam mengembangkan karakter, moral, etika, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala madrasah dan pembina ekstrakurikuler keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler seperti Rohis, Tilawah, Keputrian, Literasi Al-Qur'an, dan Hadro/Kasidah berhasil mencapai sekitar 80% dari tujuan yang ditetapkan, terutama dalam peningkatan pemahaman agama dan pengembangan karakter siswa. Namun, terdapat tantangan dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam program literasi Al-Qur'an dan pelatihan dai, serta pengaruh negatif dari media sosial. Kerjasama yang lebih erat antara madrasah, keluarga, dan masyarakat diperlukan untuk memaksimalkan dampak program ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa.

Downloads

References

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542

Azizah, R. (2021). The relevance of pesantren culture: A review on “Sejarah Etika Pesantren di Nusantara in Nusantara.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1243

Bustamin, B., & Putri, S. E. (2022). Policy implementation of religious moderation in madrasahs. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1405

Dalam, K. T. I. M., & Indriani, S. (2022). Kerjasama tim dalam organisasi. Retrieved from https://web.syehkhnurjati.ic.id

Dalimunthe, M., & Purwaningtyas, F. (2020). Akses informasi literasi keislaman Rohis di Indonesia: Analisis konstruksi keberagamaan. Perspektif. https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3550

Dias Tri Arini, D. T. A., & Arif, M. (2021). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran tematik. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.49

Euis Rosita. (2022). Pengembangan karakter peserta didik di Madrasah Al-Muawanah. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i01.12

Fakhrurrozi, H., Minabari, M., Saguni, F., & Nadirah, S. (2023). Integration of Islamic education curriculum to enhance the social character of vocational high school students. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v26i1.7237

Fitria, R. A., & Aulia, R. (2021). Character-based early childhood education curriculum development. Musamus Journal of Primary Education. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3380

Hakkurahmy, B. N. (2023). Evaluasi program ekstrakurikuler keagamaan di sekolah. Arus Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.57250/ajup.v3i1.209

Jumahir, J. (2020). Konsep multidisipliner materi pendidikan agama Islam (Kajian Psikologi dalam Materi Pendidikan Agama Islam). Scolae: Journal of Pedagogy. https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.84

Khairul Amali, N. A., Mohd Ridzuan, M. U., Rahmat, N. H., Seng, H. Z., & Mustafa, N. C. (2023). Exploring learning environment through Bronfenbrenner’s ecological systems theory. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. https://doi.org/10.6007/ijarped/v12-i2/16516

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi program kegiatan P5 kearifan lokal fase D di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Kristiana, T., Afandi, A., & Wahyuni, E. S. (2022). Konstruksi perangkat pembelajaran menggunakan model guided inquiry disertai socioscientific issues terhadap keterampilan berpikir kritis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3412

Kurniawan, D. A. (2023). Modernisasi sistem pendidikan Islam di Indonesia: Dari awal abad ke-20 hingga periode kontemporer. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6151

Maryati, S., Lestarika, L., Idi, A., & Tri Samiha, Y. (2023). Madrasah as an institution of Islamic education and social change. Jurnal Konseling Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.11

Mooduto, S. F., Abdul, N. A., & Tompunuh, M. M. (2021). Paparan media sosial terhadap perilaku seksual remaja. Journal Midwifery Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Gorontalo. https://doi.org/10.52365/jm.v7i1.304

Mubarok, H., Nada, M. Y., Silmia, A., Fadhila, N. L., Maghfiroh, R. N., & Putri, E. R. (2022). Penerapan nilai budaya religius dalam meningkatkan prestasi siswa di SD Darul Hikam Bandung. ALSYS. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i4.439

Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P., & Handayani, N. N. L. (2022). Membangun moderasi beragama umat melalui budaya religius sekolah. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya. https://doi.org/10.55115/bhuwana.v5i1.1407

Muslimin Ibrahim, Muhammad Thamrin Hidayat, & Nafiah. (2022). Pelatihan pengembangan asesmen HOTS. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.913

Mustikasari, D. S., & Rahayu, E. W. (2023). Kompetensi sosial anak di era digital dilihat dari berbagai suku budaya. Psychological Journal: Science and Practice. https://doi.org/10.22219/pjsp.v3i1.25888

Nurul Azizah, A., Kurniawati, A., & Razi, F. (2023). Internalisasi nilai-nilai budaya religius melalui kegiatan rutin istighotsah malam Jum’at manis. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i1.297

Pajarianto, H., & Junaidi, J. (2020). The contribution of family edification, mutualism, and kinships against the tolerance values in Tana Toraja. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture. https://doi.org/10.19105/karsa.v28i2.3483

Putra, T. W., Possumah, B. T., & Sikki, K. L. (2021). Halal tourism opportunities and challenges in Toraja’s Muslim minority. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture. https://doi.org/10.19105/karsa.v29i2.5215

Qodim, H. (2023). Nature harmony and local wisdom: Exploring Tri Hita Karana and traditional ecological knowledge of the Bali Aga community in environmental protection. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v7i1.24250

Risfaisal, R., & Meiyani, E. (2022). History and da’wah of Muhammadiyah in the Muslim minority area of Tana Toraja Regency. International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din. https://doi.org/10.21580/ihya.24.2.11126

Rohmah, S., Mamonto, M. F., Wahid, A., Solong, N. P., & Mokodenseho, S. (2023). Truth claims and multicultural values in learning religious education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.376

Rusmiati, E. T., Alfudholli, M. A. H., Shodiqin, A., & Taufiqurokhman, T. (2022). Penguatan moderasi beragama di pesantren untuk mencegah tumbuhnya radikalisme. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2162

Samuel, S., & Tumonglo, E. E. (2023). Toleransi: Peran tokoh agama sebagai perekat kerukunan umat beragama. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama. https://doi.org/10.22373/arj.v3i1.14734

Setiyawan, S., Sutrio, S., & Harjono, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran model CORE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.324

Sholeh, M. B., Ahsin, N., Alany, Z., & Fatimah, F. (2022). The integration of religious moderation values in English language teaching in Madrasah. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.027

Simaremare, T. P., Muchtar, S. Al, & Halimi, M. (2020). Implementation strengthening religious character through devotional program in civic education. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2020 (ICMR 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.066

Sukriyatun, G. (2022). Pendidikan karakter pada kurikulum 2013 dan perkembangannya menuju profil pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.96

Syarifuddin, A., Sutisna, D., Cahyadi, A., Padjrin, P., & Cholidi, C. (2021). Implementasi hidden curriculum melalui ekstrakurikuler keagamaan: Studi kasus. Intizar. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8741

Syukron, A., Samsudi, S., & Kustiono, K. (2020). Pendidikan diniyah formal: A formal curriculum for pesantren in Indonesia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.36645

Thohir, Y. (2020). Aktivitas budaya sekolah berbasis karakter Ikhwanul Muslimin (Studi etnografi pada SIT Bina Ilmi Palembang). Tadrib. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5672

Triyanto, A., & Ramly, A. T. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era modernisasi. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i2.7537

Wahid, A., Arroisi, J., Rahayu, E. M., Yasin, F., & Amrulloh, M. W. A. (2022). Dialektika konsep dasar psikologi Islam dan Barat. Journal of Islamic Education and Innovation. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6026

Yasir, M., & Susilawati, S. (2021). Pendidikan karakter pada generasi alpha: Tanggung jawab, disiplin dan kerja keras. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i3.10116

Zonyfar, C., Maharina, M., Sihabudin, S., & Ahmad, K. (2022). Literasi digital: Penguatan etika dan interaksi siswa di media sosial. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7274

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sukmawaty, Tanal, A. N., Rahmayanti, E., & Kaso, N. (2024). TANTANGAN MEMBANGUN KARAKTER DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN TANA TORAJA. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 5(1), 82-95. https://doi.org/10.53491/porosonim.v5i1.1432