Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endors Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow
DOI:
https://doi.org/10.53491/oikonomika.v3i2.481Keywords:
Price, Product Quality, Celebrity Endors, Purchase DecisionAbstract
This study aims to examine the effect of price, product quality, and celebrity endorsements on purchasing decisions for ms glow products for students at the State Islamic University of North Sumatra, either partially or simultaneously. This study used a quantitative method with data collection using the Likert scale method. The subjects used in this study were active students at the State Islamic University of North Sumatra for the 2022-2023 year, totaling 19,129 people, and taken using the slovin formula with an error rate of 5% totaling 392 students. Data analysis techniques through the IBM SPSS statistics 25 programs. The results of this study indicate that first, the price has a positive and significant effect on purchasing decisions with a significant value of 0.035 <0.05. Second, product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions with a significant value of 0.001 <0.05. Third, celebrity endorsements have a positive and significant effect on purchasing decisions with a significant value of 0.001 <0.05. And fourth, simultaneously price, product quality, and celebrity endorsements have a positive and significant effect on purchasing decisions with a significant value <0.05, namely 0.000 <0.05.
Downloads
References
Adaming, S. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Ponsel Iphone (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makasar). Skripsi, Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makasar.
Al-Qurthubi, S. I. (2007). Tafsir Al-Qurthubi/Syekh Imam Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam.
Amriani, R. (2020). Pengaruh Iklan Televisi, Kualitas Produk, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Masyarakat di kota Makassar). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Anggraini, M. S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Ms Glow Cabang di Klaten. Skripsi, Universitas Widya Dharma Klaten.
Batubara, C., Iwan, & Batubara, H. (2018). Handbook Metodologi Studi Islam. Jakarta Timur: Prenamedia Group.
Dapertemen Agama RI. (n.d.). Al-qur’an dan terjemah.
Erlitna, K. G. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Positive Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Iphone di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Univeristas Diponegoro.
Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. (2014). Analisi Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–14.
Handoko, W. (2014). Pengertian Endors Artis. Diambil dari https://www.kompasiana.com/retina/586e4b380123bd030a1369f4/pengertian-endorse-artis
Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., & Istiqomah, R. R. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 109–119.
Isnawati, Y. (2018). Analisis Pengaruh Citra merek, Persepsi harga dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen mobil ertiga PT duta cemerlang motors semarang). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
Karim, A. (2003). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Penerbit III T Indonesia.
Koesmetikawati, L. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Ms Glow (Studi kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2018). Skripsi Universitas Islam Malang.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Ludiwiyanto, H. (2021). Pengaruh celebrity endorsers, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga Nike di Kota Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Malino, G. J. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian produk skincare ms glow di Yogyakarta. Doctoral dissertation, Universitas Kristen Duta Wacana.
MS GLOW STORE. (2022). Artikel Ilmiah Terlengkap. Diambil dari https://msglow.store/blog/abouttentang- ms-glow
Noviana, E. (2020). Pengaruh Celebrity Endors Terhadap Minat Beli Produk Skincare “MS.GLOW.” Skripsi, Universitas Sumatera Utara.
Nur Hayati, M. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Puspa Indah Cosmetic Magelang. Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Oktaviani, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Maskara Maybelline (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau). Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau.
Perdana, S. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Meubel AA di Kecamatan Rambatan ditinjau Menurut Pperspektif Ekonomi Syariah. Skripsi, Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis pengaruh harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Prihartono, S. M. R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3).
Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press.
-----------------------(2021). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: Rahmani Percetakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dina Audiva Adawiyah, Siti Aisyah, Sri Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.