Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Febi Iain Fattahul Muluk Papua Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Ahlan Rasyidi IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v5i2.1260

Keywords:

Service Quality, Satisfaction, Loyalty

Abstract

This research aims to analyze the influence of the quality of FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua's academic services on student loyalty with student satisfaction as an intervening variable both directly and indirectly. The research method used is quantitative with an explanatory design. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 123 respondents. Data collection techniques are observation, interviews, and distributing questionnaires. The data analysis method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS software. The research results show that academic service quality has a significant effect on student loyalty, academic service quality has a significant effect on student satisfaction, student satisfaction has a significant effect on student loyalty, and student satisfaction can be an intervening variable between academic service quality and student loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M., dan Subagiyo. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas dan Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening pada Universitas Satya Negara Indonesia Jakarta”, Jurnal Satya Mandiri: Manajemen & Bisnis, Magister Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia. Vol.6, No.2.

Aisyatunnadiya. (2021). Pengaruh Kualitas Akademik dan Sistem Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa STAI Al-Hamidiyah Kota Depok Jawa Barat. Program Studi Magister Kualitas Pendidikan Islam Konsentrasi Kualitas Pendidikan Tinggi Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VII. Rineka Cipta. Jakarta.

Budiastuti, A., Sanosra, A., dan Susbiani, A. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Loyalitas Mahasiswa Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember)”.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Mangiring, H., Simarmata, P., Permadi, L. A., dan Novela, V. (2021). Kualitas Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.

Hidayat, R., dan Rohana, T. (2022). “Pengukuran Loyalitas Mahasiswa dengan Pelayanan Pegawai Administrasi dan Kepuasan Mahasiswa”, Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah EKUITAS, 3(4), 849–855. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1616

Isnaini, M., W, D. K., dan Noviani, L. (2015). “Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip UNS”, Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(5), 1–20.

Karunia, E. (2020). “Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan”, Jurnal Ekonomi Kualitas Dan Bisnis, 4(1), 127–134. https://doi.org/10.31311/jeco.v4i1.7620

Muhibbah, R. I. (2022). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening”, Program Studi Kualitas Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Muhson, Ali. (2022). Analisis Statistik dengan SmartPLS. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Murtiningsih, D. dan Wahyudi, W. (2021). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Perceived Value, dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa”, Journal Of Management Judicious Volume 02 Issue 02. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2

Sibarani, Riama. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT’S Vol.17, 17(2), 43–49.

Siyoto, S. dan Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syahputra, A. D. (2020). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Perum Pegadaian Cabang Bekasi Timur”, Jurnal Ekonomi dan Industri, 21(2), 80–92. https://doi.org/10.35137/jei.v21i2.439

Tim Penyusun. (2024). Panduan Penulisan Tesis dan Artikel Ilmiah. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih.

Urfany, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia). Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Widyaningrum, I. D. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat”, Jurnal STEI Ekonomi, 20(20), 1–22.

Windasari, S. dan Toho Cholik M. (2021). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga)”, Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 8, No. 1, 103-109.

Published

2024-12-14

How to Cite

Ahlan Rasyidi. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Febi Iain Fattahul Muluk Papua Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 5(2), 1-16. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v5i2.1260