Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penerapan Kegiatan Membentuk Pola Dengan Playdough Pada Anak Usia Prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.301Keywords:
motorik halus, playdough, usia prasekolah, Smooth motor, playdough, preschoolAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan playdough pada anak usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah Kampung Daeng Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah anak didik Kelompok A RA Aisyiyah Kampung Daeng Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Sebanyak 15 Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 15 anak. Peningkatan kemampuan anak dalam membentuk pola melalui playdough dalam pelaksanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata diperoleh ialah 49.4% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Sedangkan pada siklus II dimana dari 15 anak diperoleh nilai rata-rata 77.5% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan playdough pada anak usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah Kampung Daeng Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa mengalami peningkatan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tasrif Akib, Nur Alim Amri, Muhammad Idham Asfar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.