Manajemen Strategi Kurikulum dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SMA Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Authors

  • Agus Fathrulloh Universitas KH. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.834

Keywords:

manajemen strategi kurikulum, prestasi peserta didik

Abstract

Tujuan yang diterapkan dalam penelitian ini (1) Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum  Di Sma Darussalam Blokagung (2). Untuk Mengetahui Bagaimana Prestasi peserta didik di Sma Darussalam Blokagung (3). Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik Di SMA Darussalam Blokagung. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik study kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, bahan audiovisual, dokumen, dan berbagai laporan. Sedangkan Teknik analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil yang diperoleh dilapangan tentang  manajemen strategi kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Darussalam bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar disekolah sehingga proses belajar mengajar disekolah dapat berjalan dengan efektif. Prestasi akademik peserta didik SMA Darussalam dapat dibuktikan dari nilai harian, semester, nilai raport serta prestasi peserta didik yang diperoleh dari juara olimpiade yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Strategi yang digunakan oleh SMA Darussalam  selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan era-globalisasi yaitu dengan melihat kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman yang bisa diaplikasikan dan dapat berubah ubah tinggal bagaimana dari pihak sekolah mengambil peluang yang akan diterapkan dalam kurikulum yang diterapakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santriwati di Dayah Putri Muslimat Mesjid Raya Samalanga. 1, 1–12.

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Agnia, A. S., & Maulidah, T. (2023). Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As ’ adiyah Pepara Tanah Grogot. 9(1), 115–121.

Daniatun Khasanah, & Danang Dwi Prasetyo. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484

Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.3

Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar Pendahuluan Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai aspek yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya . Di dalamnya. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 34–47.

Kurikulum, M., Peningkatan, D., Setiawan, R. A., Manajemen, J., Islam, P., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO.

Nazarudin. (2020). Manajemen Startegik. In NoerFikri Offset. http://repository.radenfatah.ac.id/7078/1/Buku manajemen strategik-digabungkan.pdf

Purnamawati, W., & Kustiawan, A. (2018). Implementasi kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Indonesian Journal of Education Management & Adminstration Review, 2(2), 300–307. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1928%0Ahttps://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/viewFile/1928/1547

Sujino, S. (2019). MANAJEMEN STRATEGI PELAKSANAAN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL (Studi atas MA Muhammadiyah Kota Metro). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(02). https://doi.org/10.24127/att.v1i02.851

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Wiji, H., Syaefudin, & Umi, M. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Downloads

Published

2023-12-29