Manajemen Strategi Kurikulum dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SMA Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.834Keywords:
manajemen strategi kurikulum, prestasi peserta didikAbstract
Tujuan yang diterapkan dalam penelitian ini (1) Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum Di Sma Darussalam Blokagung (2). Untuk Mengetahui Bagaimana Prestasi peserta didik di Sma Darussalam Blokagung (3). Untuk Mengetahui Bagaimana manajemen strategi Kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik Di SMA Darussalam Blokagung. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik study kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, bahan audiovisual, dokumen, dan berbagai laporan. Sedangkan Teknik analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil yang diperoleh dilapangan tentang manajemen strategi kurikulum dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMA Darussalam bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar disekolah sehingga proses belajar mengajar disekolah dapat berjalan dengan efektif. Prestasi akademik peserta didik SMA Darussalam dapat dibuktikan dari nilai harian, semester, nilai raport serta prestasi peserta didik yang diperoleh dari juara olimpiade yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat. Strategi yang digunakan oleh SMA Darussalam selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan era-globalisasi yaitu dengan melihat kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman yang bisa diaplikasikan dan dapat berubah ubah tinggal bagaimana dari pihak sekolah mengambil peluang yang akan diterapkan dalam kurikulum yang diterapakan.
Downloads
References
Abdullah, M. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santriwati di Dayah Putri Muslimat Mesjid Raya Samalanga. 1, 1–12.
Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037
Agnia, A. S., & Maulidah, T. (2023). Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As ’ adiyah Pepara Tanah Grogot. 9(1), 115–121.
Daniatun Khasanah, & Danang Dwi Prasetyo. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484
Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.3
Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar Pendahuluan Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai aspek yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya . Di dalamnya. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 34–47.
Kurikulum, M., Peningkatan, D., Setiawan, R. A., Manajemen, J., Islam, P., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO.
Nazarudin. (2020). Manajemen Startegik. In NoerFikri Offset. http://repository.radenfatah.ac.id/7078/1/Buku manajemen strategik-digabungkan.pdf
Purnamawati, W., & Kustiawan, A. (2018). Implementasi kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik. Indonesian Journal of Education Management & Adminstration Review, 2(2), 300–307. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1928%0Ahttps://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/viewFile/1928/1547
Sujino, S. (2019). MANAJEMEN STRATEGI PELAKSANAAN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL (Studi atas MA Muhammadiyah Kota Metro). At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(02). https://doi.org/10.24127/att.v1i02.851
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026
Wiji, H., Syaefudin, & Umi, M. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Fathrulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.