Pedoman Penulisan
JUMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal ilmiah mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian, pemikiran, kajian literatur maupun gagasan konseptual dari para peneliti, akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pengamat pendidikan yang berkaitan dengan kajian manajemen pendidikan Islam maupun kajian manajemen pendidikan secara umum.
Langkah-langkah untuk Mengirimkan Naskah
- Penulis harus mendaftar dan memeriksa kolom "penulis" pada halaman Register: http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/jumpis/user/register ;
- Setelah Login, klik "New Submission". Tahapan pengajuan artikel adalah sebagai berikut :
- Di bagian Start, selesaikan semua Checklist, lalu klik save and continue;
- Di bagian Upload Submission, unggah file naskah artikel dalam format MS Word. Kemudian klik save and continue;
- Di bagian Enter Metadata, masukkan data semua penulis, afiliasi, dan e-mailnya. Jika ada lebih dari satu penulis, klik 'Add Contributor', lalu isi data mereka dengan cara yang sama seperti penulis pertama, dan sebagainya. Selanjutnya, isi Judul, Abstrak, Kata Kunci, dan Referensi di masing-masing kolom yang tersedia. Kemudian klik save and continue;
- Di bagian Confirmation, klik Finish Submission jika semua data sudah benar.
Sistematika penulisan artikel
- Judul
- Nama penulis dan lembaga
- Abstrak
- Pendahuluan
- Metode
- Hasil dan Pembahasan
- Kesimpulan dan Saran
- Ucapan Terima Kasih (Jika ada)
- Referensi
Penjelasan sistematika penulisan artikel
Judul
- Ditulis secara efektif
- Judul tidak menggunakan kata seperti analisis, studi, atau tinjauan
- Dapat menggambarkan keseluruhan isi naskah
- Judul bahasa inggris, jumlah kata pada judul tidak lebih dari 15 kata.
- Judul berbahasa indonesia , jumlah kata pada judul tidak lebih dari 20 kata.
- Judul tidak menggunakan singkatan atau akronim kecuali yang baku
- Tempat dan waktu penelitian tidak perlu disertakan dalam Judul, kecuali bila penelitian khas untuk waktu dan tempat tersebut.
- Judul tidak menggunakan kalimat tanya
Nama Penulis Dan Lembaga
- Nama penulis harus konsisten baik dalam bentuk dan pengejaannya
- Penulisan nama pengarang dimulai dengan nama pertama (lengkap), diikuti dengan nama tengah (jika ada), dan ditulis tanpa gelar.
- Penulisan asal institusi (berlaku untuk author dan coauthor).
- Alamat lembaga tempat kegiatan penelitian harus dicantumkan sebagai pengakuan hak atas kepengarangan dan kepemilikan.
- Hal lain yang perlu dicantumkan: alamat email, nomor telepon dan fax (bila ada) atau mobile phone (jika tidak keberatan).
Abstrak
- Baku yaitu mengandung intisari dari penulisan secara lengkap
- Abstrak terdiri dari maksimal 250 kata yang di tulis dalam satu paragraf, dilanjutkan dengan kata kunci
- Kata Kunci terdiri maksimal 5 kata
- Tidak memuat singkatan atau akronim yang tidak standar.
- Unsur yang harus ada pada abstrak adalah latar belakang dan tujuan penelitian,metode dan sampel, hasil dan kesimpulan.
- Abstrak harus informatif; termasuk jangan hanya memaparkan nilai Puntuk menunjukkan perbedaan yang bermakna, namun harus disertakan berapa beda atau korelasi yang ada.
Pendahuluan
- Pendahuluan suatu laporan penelitian intinya menguraikan dengan ringkas pembenaran (justifikasi) mengapa penelitian perlu dilakukan.
- Pendahuluan berisi 3 sampai 5 paragraf dan tidak lebih dari 1 halaman.
- Permasalahan pokok dilakukan penelitian dikemukakan dengan mengacu pada perkembangan pemikiran yang mutakhir (pustaka yang di acu dalam 5-10 tahun terakhir sebagai pembanding dari pemikiran peneliti)
- Jika ada hipotesis,dituliskan di dalam pendahuluan ini.
- Paragraf pertama berisi latar belakang penelitian (justifikasi mengapa penelitian perlu dilakukan):apa yang sudah diketahui, apa yang perlu ditambahkan.
- Paragraf kedua berisi hipotesis atau tujuan penelitian.
Metode
- Unsur yang harus ada pada Metode adalah landasan teori, kerangka berpikir, bahan penelitian ataupun teknik dalam memperoleh sumber ataupun dalam menganalisis data, sarana instrumen yang dipakai.
- Dituliskan secara rinci tentang bagaimana cara pengambilan data
- Data berupa kuantitatif atau kualitatif
- Apabila data merupakan hasil pengukuran,variabel-variabelnya harus disebutkan
- Metode pengambilan sampel ditulis secara rinci.
Hasil Dan Pembahasan
Tata aturan penulisan hasil dan pembahasan dalam artikel :
- Tuliskan hasil penelitian dengan sekuens yang logis, sesuai dengan alur penelitian. Pada umumnya hasil diawali dengan jumlah dan karateristik subjek penelitian.
- Penyajian hasil penelitian dapat dilakukan dalam 3 bentuk yaitu narasi, tabel, atau gambar
- Hasil penelitian merujuk pada daftar pertanyaan (rumusan masalah) dan hipotesis(jika ada)
- Tabel yang ditanpilkan harus dijelaskan dalam teks
- Pembahasan dilakukan dengan merujuk pada teori-teori atau penelitian-penelitian yang sudah perna dilakukan dan mengkaitkannya dengan hasil dari penelitian ini.
- Kelemahan dan kekurangan penelitian disebutkan dan dibahas dampaknya terhadap hasil.
- Hasil dan pembahasan kemudian dirumuskan dan disimpulkan menjadi teori umum atau penemuan baru.
Kesimpulan dan Saran
Tata aturan penulisan kesimpulan dan saran dalam artikel :
- Simpulan merupakan suatu “kesan” dari keseluruhan penelitian oleh penulis,dan bukan sekedar mengemukakan kebermaknaan hasil penghitungan statistik.
- Saran dikemukakan apabila ada sesuatu yang masih tidak diketahui dari hasil penelitian itu, dan menyarankan agar dilakukan penelitian lain untuk melengkapi fenomena yang sedang diteliti.
- Simpulan dan saran saran disusun dalam beberapa kalimat dalam satu paragraf.
Ucapan Terima Kasih (jika ada)
- Ucapan terima kasih dituliskan apabila ada pihak penyandang dana,lembaga penelitian yang memungkinkan dilakukan penelitian itu,ataupun pihak-pihak yang dirasa mempunyai jasa dalam terlaksananya penelitian dan atau penulisan artikel tersebut.
Referensi
Tata aturan penulisan Pustaka dalam artikel :
- Sistem penulisan Daftar Pustaka yaitu APA 6th style
- disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dsb.
- minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir.
- Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan.