Manajemen Risiko dalam Pengambilan Keputusan Perekrutan Tenaga Pendidik di SMK Al Hadi Bandung
DOI:
https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.829Keywords:
manajemen risiko, pengambilan keputusan, perekrutan tenaga pendidikAbstract
Pengambilan keputusan ialah suatu proses pemikiran dalam pemecahan masalah untuk memperoleh hasil yang akan dilaksanakan. Diambilnya suatu keputusan dapat menimbulkan suatu risiko. Apabila suatu putusan bersifat subyektif maka akan menimbulkan risiko yang akan memengaruhi kompetensi pendidik, keprofesionalan pendidik dan akan menimbulkan putusan yang tidak berdasar, sehingga dapat menyebabkan rusaknya citra dan mutu lembaga pendiidkan. Risiko itu kerap kali dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya suatu hal buruk yang dapat menyebabkan kerugian, sehingga suatu risiko harus dapat dimanajemen dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen risiko dalam pengambilan keputusan perekrutan tenaga pendidik di SMK AL HADI Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan obsservasi berupa wawancara kepada narasumber yang terlibat dalam pengambilan keputusan perekrutan tenaga pendidik. Pada penelitian ini ditemukan bahwa sebelum mengambil keputusan untuk merekrut tenaga pendidik, diperlukan kesesuaian kualifikasi dan kompetensi dengan posisi yang kosong, selain itu juga pemimpin yang akan mengambil keputusan harus memiliki integritas tinggi dan menilai secara objektif kepada setiap pelamar yang ada agar tidak menimbulkan risiko subyektifitas akibat kedekatan, ketidaktransparansian hasil penilaian dan ketidaksesuaian kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik. Maka dalam pengambilan keputusan perekrutan tenaga pendidik diperlukan manajemen risiko agar tujuan dari pengambilan keputusan perekrutan tenaga pendidik akan menghasilkan kualitas mutu pendidikan yang baik.
Downloads
References
Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 55–62.
Arta, I. P. S., SATRIAWAN, D. G., BAGIANA, I. K., LOPPIES, Y., SHAVAB, F. A., MALA, C. M. F., SAYUTI, A. M., SAFITRI, D. A., BERLIANTY, T., & JULIKE, W. (2021). Manajemen Risiko.
Cut Fitriani, M. A., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).
Darmawi, H. (2022). Manajemen risiko. Bumi Aksara.
Falah, M. S. (2017). Pengambilan Keputusan Dalam Perspektif Islam. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(02), 134–148.
Hasibuan, L. H., Bunda, B., Putri, C. T., Hayati, F., Saraini, I., Batubara, A. N. A., Nurhasana, S., & Andriani, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pengambilan Keputusan di Dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12794–12798.
Munawwaroh, Z. (2017). Analisis Manajemen Risiko pada pelaksanaan program pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2).
Natalia, F., & Prasetyo, A. H. (2022). Rancangan Implementasi Manajemen Risiko Operasional Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Jakarta 2023-2024. Jurnalku, 2(4), 463–481.
Pibriana, D. (2020). Penggunaan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pengambilan Keputusan Rekrutmen Karyawan Pada PT. ABC. Techno. Com, 19(1), 45–55.
Putri, N. D., & Irawan, E. (2021). Analisis Metode SMART Rekrutmen Guru Baru TK/Paud Lestari Di Kabupaten Simalungun. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 207–216.
Rosyada, I., Setiawan, F., Rimadhani, M. I., & Rohmadani, A. I. (2022). Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Muhammadiyah Sanden. MASALIQ, 2(2), 272–281.
Sari, W. (n.d.). MANAJEMEN RISIKO pada PERGURUAN TINGGI. Retrieved November 17, 2023, from
Setiawan, Y. E. (2020). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Fauziyyah, Wahyu Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.