Peran Akreditasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.777Keywords:
akreditasi, mutu layanan, pendidikanAbstract
Proses penilaian kelayakan suatu lembaga pendidikan dikenal sebagai akreditasi, yang memainkan peran sentral dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tindakan akreditasi tidak hanya sebagai penilaian formal, melainkan juga sebagai instrumen vital dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara menyeluruh. Keberhasilan akreditasi dapat mendukung kepercayaan masyarakat, akuntabilitas publik, kualitas pendidikan, dan daya saing lulusan. Penelitian ini fokus pada identifikasi dan analisis peran akreditasi dalam meningkatkan mutu layanan di lembaga pendidikan melalui metode library research, mengumpulkan dan menganalisis sumber pustaka. Metode ini melibatkan pencarian literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel jurnal yang berhubungan dengan topik penelitian. Akreditasi bukan hanya sekadar penilaian formal, tetapi juga merupakan alat penting untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas lembaga pendidikan secara holistik. Sehingga akreditasi menjadi pilar penting dalam mencapai peningkatan mutu layanan di lembaga pendidikan.
Downloads
References
Amri, K., Riyantini, S., & Sohiron. (2022). Peran Akreditasi Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(2), 408–421.
Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. 2(2).
Astenia Dewi, Rugaiyah, Neti Karnati. (2020). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM AKREDITASI SEKOLAH ATAU MADRASAH. Widina Bhakti Persada: Bandung.
Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Kajian Teori Dampak Akreditasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Dewi, P. R., & Ali, N. (2020). Peningkatan Skor Akreditasi Madrasah melalui Lembaga Penjaminan Mutu. J-Mpi, 5(1), 44–54. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.9046
Dinihari, Y., Suseno, M., & Setiadi, S. (2021). Evaluasi Hasil Akreditasi Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Dki Jakarta. Jurnal Holistika, 5(2), 85. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.85-95
Eneng Garnika, A., & Najwa, luin. (2022). Akreditasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(1), 207– 212.
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148
Fajri, A., & Fitriyani, N. (2022). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sd Negeri 1 Lamcot Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasionsl, 36–49.
Faris, M., Supriyadi, & Walid, S. (2018). Hubungan Status Akreditasi Dengan Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Tapen dan Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso. http://repository.unmuhjember.ac.id/1044/
Fauzi, A. (2015). Analisis Kepuasan Mahasiswa (Consumer Satisfaction). 13(2). http://doi.org/10.21009/econosains.013.2.2http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/econosains/article/view/657
Hasibuan, P. L. (2019). Pentingnya Akreditasi Rumah Sakit bagi Keselamatan pasien. K3Rs Ke 5, 2(1), 8. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/e7snf
Hasri, S., Salim, M., Rahmawati, P., & Sundari, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smpit Al-Andalus Pekanbaru. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 2(4), 186–195. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/At-tajdid/index
Hastuti Ulfah R. (2016). Peran pustakawan dalam peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi melalui akreditasi perpustakaan. LIBRARIA, 4(2), 365–394.
Iqbal Maulana, M. (2022). Peran Sistem Akreditasi dalam Meningkatkan Produktivitas di Lembaga Pendidikan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index. 47–57.
Iskamto, D., Jeli Nata Liyas, Elida Gultom, Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132
Khaulla Miandi, R., & Peristiowati, Y. (2022). Pengaruh Akreditasi Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit (Studi Sistematik Review). Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 7(1), 80–87. https://doi.org/10.52943/jipiki.v7i1.712
Kusbaryanto. (2010). Peningkatan Mutu Rumah Sakit dengan Akreditasi. Mutiara Medika, 10(1), 86–80.
Lantip, P. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. In UNY Press.
Marjuki, Djemari M., Badrun Kartowagiran. (2018). Pengembangan Model Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 105–117.
Muhammad Ali Latif, & Latif, M. A. (2019). Dampak Akreditasi Terhadap Kualitas Pengelolaan Lembaga Kursus Dan Pelatihan. Peran penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, 1–10.
Munir, M. (2020). Kepuasan Pelanggan Dan Pemilihan Jasa Pendidikan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2) 46–66.
Rukiyah, I. (2016). Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Akreditasi Satuan Pendidikan. Ittihad, 14(25), 46–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863
Saad, S. R., & Asnidar. (2021). Peran Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea. iqra: Jurnal ilmu kependidikan dan keislaman, 15(2), 46–49. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1570
Sari, A. M. (2020). Library Research of the Basic Theory الاستشارةيملكعشسرتةبا و . Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
Sila, I. M. (2017). the Role of Higher Education Management Based Spmi in Improving Service To Create a Quality Education. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 2085, 1–10.
Sulastri, F. (2018). Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Administrasi Publik, 1, 1–20.
Suryana, A. (2017). Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.17509/jap.v3i2.6116
Tajidan, Anwar, Hery H., Bambang D. (2021). Kajian Kualitas Pelayanan Menuju Peningkatan Kepuasan Pelanggan Eksternal Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Jurnal Sains Teknologi & Lingkungan, 126-140.
Wijaya, Candra, Aziza S, and Wirda Hasanah. (2018) Pelanggan Dan Kepuasan. Jurnal Dharmawangsa, 16–25.
Zulnika. (2017). Pengaruh Akreditasi Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Siswa Smp Negeri di Kecamatan Kopang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2, 1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indri Febrianti, Makmur Syukri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.