Manajemen Kesiapan Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi dalam Perspektif Pelajar Pancasila Kabupaten Sorong Papua Barat

Authors

  • Faisal Riza Hasbullah Balai Guru Penggerak Papua, Kota Jayapura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.572

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Pandemi, Perspektif Pelajar Pancasila

Abstract

Kondisi anak usia dini yang menjadi pusat pembelajaran di pendidikan anak usia dini dengan berbagai aspek yang diangkat perlu adanya penyesuaian ketika ada pendidikan lanjut. Berbagai metode dengan adanya bernyanyi, mewarnai, dan menari yang semuanya mencerminkan adanya bermain sambil belajar selama pendidikan anak usia dini, perlu disesuaikan di sekolah dasar. Sehingga adanya forum yang menjadi jembatan dari lembaga pendidikan anak usia dini dengan sekolah dasar sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan orangtua yang jangan memaksakan untuk anak. Maka jawaban besar dari setiap sekolah pendidikan lanjutan memiliki kondisi yang sama sehingga tanpa adanya pemaksanaan anak untuk bisa membaca menulis dan berhitung yang selama ini dipaksakan. Kesiapan sekolah pada anak usia dini yang mana dalam rentang usia 5 sampai dengan 6 tahun; Kondisi pandemic mempengaruhi dari kesiapan sekolah pada anak usia dini yang mana dalam rentang usia 5 sampai dengan 6 tahun; Perspektif pelajar pancasila didalam menumbuhkan kesiapan sekolah anak usia dini; Bentuk kesiapan sekolah pada usia 5 6 tahun dimasa pandemic dengan perspektif pelajar pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiputra, Krisna Octavianus. 2020. “Stres Saat Temani Anak Sekolah Online, Apa Wajar?” Klik Dokter.

Jatmikowati, Tri Endang. 2018. “Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak.” Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):1.

Oktaria, Renti, and Purwanto Putra. 2020. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 7(1):41.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, and Mohammad Adnan Latief. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 53.

Setiawan, Adib Rifqi. 2020. “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Sugiyono. 2012. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Supranoto, Heri. 2015. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SMA.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3(1).

Zamzami, Elviawaty Muisa. 2020. “Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):985–95.

Downloads

Published

2023-12-29