Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Karya Pembangunan Sentani

Authors

  • Siti Nur Sholihah Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Moh Dimyati Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53491/jumpis.v1i1.562

Keywords:

evaluasi, pembelajaran, pendidikan

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu tindakan yang terencana untuk menilai dan memantau perkembangan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Aliyah YPKP Sentani dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru guru PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data Miles Humberman. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotor. Penilaian ranah afektif meliputi pengamatan secara langsung kepada peserta didik, penilaian antar teman sebaya, informasi dari guru lain dan jurnal atau catatan guru. Penilaian ranah kognitif yaitu dengan cara memberi penugasan individu maupun kelompok, dan praktek yang dilakukan pada ulangan harian dan penilaian akhir semester. Sedangkan penilaian ranah psikomotor dilihat berdasarkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil kerja peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Kemenag RI, 2015.

Anwar, K. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183

Arikunto.(2010).Suharsimi dan Jabar, Cepi, Safruddin, Abdul. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur (11th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Arifin Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Jakarta: Kemenag.

Gamal Thabrani. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb. Serupa.Id. https://serupa.id/evaluasi-pembelajar

Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. CV Wacana Prima.

Hasanah, U., Prasetyo, T., & Lukiati, B. (2015). Analisis Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Biologi Kelas X Semester Genap 2013/2014 Di Sman Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 39–46.

Muslich, M. (2009). KTSP :Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konseptual. PT Bumi Aksara.

Nur Azizah, M. Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Palembang) Nur. Αγαη, 8(5), 55.

Redasuryani, W. (2015). IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM ( Studi Kasus di SD School of Universe Parung ).

Saifulloh, A., & Safi’i, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo). Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1303

Sofyan, Ahmad. dkk. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Cet. 2; Jakarta: UIN Jakarta Press.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran (01 ed.). Graha Ilmu.

Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Kencana.

Wislah. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran Adalah, Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Prinsip, Ruang Lingkup, Prosedur, Teknis dan Bentuk. Wislah. Retrieved March 13, 1989, from https://wislah.com/evaluasi-pembelajaran/

Widiyanto J.(2018). Evaluasi Pembelajaran, Madiun: Unipma Press.

Downloads

Published

2023-12-29