Peran Disiplin Kerja dalam Mewujudkan Efektivitas SDM di MIS Piladang: Pendekatan Kuantitatif Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.53491/jumpis.v2i2.1717Keywords:
Disiplin Kerja, Lembaga Pendidikan Islam, Sumber Daya ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi disiplin kerja sumber daya manusia (SDM) terhadap peningkatan kinerja kelembagaan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Piladang. Disiplin kerja dalam konteks pendidikan Islam tidak hanya dipandang sebagai kepatuhan terhadap aturan formal, tetapi juga sebagai implementasi nilai-nilai spiritual seperti tanggung jawab, amanah, dan keikhlasan. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik sampling jenuh terhadap 15 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup berbasis skala Likert dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan SDM tergolong tinggi dengan rata-rata skor 92,47 dari 100, mencerminkan komitmen terhadap tata tertib, integritas kerja, dan kesadaran spiritual dalam menjalankan tugas. Meski demikian, ditemukan aspek yang masih perlu ditingkatkan, seperti ketahanan terhadap beban kerja, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas, dan partisipasi dalam pengembangan kelembagaan. Temuan ini menegaskan bahwa disiplin kerja yang berbasis nilai Islam merupakan fondasi penting dalam membangun kinerja profesional dan berkelanjutan di lingkungan lembaga pendidikan Islam.
Downloads
References
Asmu’in, A. (2020). Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pembinaan Entrepreneurship Di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto. Iain Kediri.
Awaludin, M., Mantik, H., & Fadillah, F. (2023). Penerapan metode servqual pada skala likert untuk mendapatkan kualitas pelayanan kepuasan pelanggan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 10(1), 89–106.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Logos Wacana Ilmu.
Hasibuan, M. S. P. (2014). Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia, Fungsi SDM, Pengawasan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Indra, H. (2019). Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 278–288.
Lubis, R. (2012). Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Dosen di Lingkungan Universitas Islam “45” Bekasi. Turats, 8(1), 68–78.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.
Pujiharti, E. S. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif di Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 54–76.
Rahman, R. W., & Nurbiyati, T. (2015). Evaluasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia pada disiplin kerja dan kinerja karyawan. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 6(2), 120–141.
Rivai, V. (2006). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik.
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rhafiiqul Azhari Karim, Zulfani Sesmiarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.